Eksistensi Pendidikan Islam di Era Perkembangan Teknologi dan Informasi

  • Amrullah Amrullah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kata kunci: Islamic Education, Industrial Revolution 4.0

Abstrak

Abstrak

Tulisan ini berupaya mendorong perlunya reformasi masif di tubuh pendidikan Islam. Perubahan format ini diperlukan agar pendidikan Islam mampu menjawab berbagai tantangan dan tuntutan zaman yang terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan. Selain itu, tulisan ini juga berupaya memberikan tawaran solutif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana diketahui bersama, era 4.0 membawa dampak yang luas di segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Al-Djamali, M. F. 1967. al-Tarbiyah al Insan al-jadid. Tunisia al-Syghly: Matba’ah al-Ittihad al- Aam.
Arifi, A. 2010. Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.
Arifin, M. 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
Arifin, M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Barizi, A. 2011. (Ed), Pendidikan Integratif Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.
Djazaman, M. 2009. Konsep Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1.
Dwiningrum, S. I. A. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamid, E. S. 2017. Disruptive Innovation: Manfaat dan Kekurangan dalam Konteks Pembangunan Ekonomi. Retrieved Maret, 7, 2021.
Kasali, R.2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Ube. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ma’arif, S. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhaiman. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhroqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS.
Rosidin, R. (2016). Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqâṣid Sharîʻah. Maraji: Jurnal Ilmu KeIslaman, 3(1), 185-210.
Suwardana, H. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, Jati Unik, Vol.1, No.2,
Zuhairini. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2022-06-09
Bentuk Sitasi
Amrullah, Amrullah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (June 9, 2022): 234-247. Accessed April 26, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1241.
Section
Articles