Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Juwiran Juwiring Klaten

  • Anisa Mursalim Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Nur Hidayah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Lailla Hidayatul Amin Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Kata kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Asertif Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku Asertif siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Juwiran Juwiring Klaten. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan seperangkat pembelajaran yang memberikan arahan atau bimbingan kepada siswa dengan merujuk pada nilai-nilai dan ajaran-ajaran Islam agar peserta didik memiliki tingkah laku yang terpuji yang sesuai dengan ajaran Islam. Perilaku Asertif adalah tingkah laku seseorang dalam mengekpresikan pendapat dan perasaannya tanpa menyakiti orang lain, diantaranya seperti menghormati orang lain, jujur dan berani berpendapat.

Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini termasuk  penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI  Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Juwiran Juwiring Klaten yang berjumlah 31 orang. Dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi.  Pengambilan data dalam penelitian ini dengan metode angket. Data yang terkumpul akan dianalisa dengan tehnik pengumpulan data angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistis deskriptif diolah dengan bantuan program SPSS 26 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Juwiran yang dibuktikan menganalisis angket yang berjumlah 31 orang responden berada pada kategori sedang yaitu 64,5%. (2) Perilaku Asertif yang dibuktikan dari analisis tes yang berjumlah 31 responden berada pada kategori sedang yaitu 71%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku Asertif siswa kelas VI pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Juwiran Juwiring Klaten. Hal ini diketahui dari hasil analisis person correlationnya sebesar 0,825 atau 80,20% dan berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat yakni pada tingkat hubungan 0,75 sampai 0,99.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia (20050, Hlm. 12
Muhaimin, (2004), Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arumsari Cucu. (2017). Strategi Konseling Latihan Asertif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 1(1),31-39, (diakses tanggal 10 Mei 2022), darihttps://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/download/23/7/102.Muhammad Iqbal Fasa, dkk, Exsistensi Bisnis Islami di Era Revolusi 4.0 (Bandung, Widina Bhakti persada:2020), 120
Diterbitkan
2022-06-16
Bentuk Sitasi
Mursalim, Anisa, Nur Hidayah, and Lailla Amin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (June 16, 2022): 327-336. Accessed May 19, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1296.
Section
Articles