Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MI Nurul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Dika Ismayawati Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Praptiningsih Praptiningsih Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Yetty Faridatul Ulfah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Kata kunci: Upaya guru, Meningkatkan hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan. 3) Mengetahui faktor penghambat upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan dengan menggunakan metode simulasi dalam proses pembelajaran.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, pengolaan dan analisis data dan, yang terakir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan sudah baik dalam meningkatkan hasil belajar. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan adalah guru dan orang tua yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan yang diadakan sekolah. 3) Faktor penghambat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan adalah Faktor cuaca, adanya rasa malas pada diri siswa kurang lengkapnya media pembelajaran, kurang menariknya pengemasan materi, kurang minatnya siswa terhadap materi mata pelajaran SKI, pengaruh dari lingkungan seperti teman-teman sekitar dan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Kusnandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali
Arifin. HM. (2004). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan keluarga. Jakarta: Bulan Bintang
Sudjana, Nana. (2009). Penialian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sadiah, Dewi. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Rosdakarya
Nasution. (2016). Metode Research. (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Gulo, W. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia
Diterbitkan
2022-06-16
Bentuk Sitasi
Ismayawati, Dika, Praptiningsih Praptiningsih, and Yetty Ulfah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (June 16, 2022): 409-420. Accessed May 19, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1303.
Section
Articles