Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Penerapan Jam Tambahan Pasca Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas III An Nur MIM 1 Dimoro Sukoharjo Tahun 2021/2022

  • Nisya Nur Choirunia Wati Institut Islam Mambaul’Ulum Surakarta
Kata kunci: Guru, meningkatkan kemampuan, penerapan jam tambahan

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan jam tambahan pada siswa kelas III An Nur di MI Muhammadiyah 1 Dimoro Sukoharjo sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian subjek penelitian ini adalah siswa kelas III An Nur dari MI Muhammadiyah 1 Dimoro Sukoharjo sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan jam belajar tambahan sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an. Peneliti menganalisis data berupa deskripsi hasil wawancara. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui kredibelitas, transferabilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa dengan jam tambahan yang dilakukan pada kelas III An Nur di MIM 1 Dimoro Sukoharjo sudah dapat dikatakan efektif. Hal ini terlihat dari data nilai BTA yang meningkat dari sebelum adanya jam tambahan da setelah dilakukannya jam tambahan BTA.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Herlina. (2017). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an ( BTA ) Untuk Meningkatkan Akhlak Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Prosiding seminar Nasional Universitas PGRI Palembang, 95-95.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Diterbitkan
2022-12-31
Bentuk Sitasi
Choirunia Wati, Nisya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 4 (December 31, 2022): 66-75. Accessed May 18, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1479.
Section
Articles