Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKN di SD 060863 Medan Timur

  • Fitriani Fitriani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Karina Wanda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kata kunci: model problem based learning, kemampuan berpikir kritis siswa, PKn

Abstrak

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 September  s/d 7 Oktober 2023 di SD 060863 Medan Timur pada siswa kelas 5 B yang berjumlah 25 siswa dengan jumlah 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Proses pengambilan data dilaksanakan dengan melakukan penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PKn. Sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan dilakukan wawancara terhadap guru sebagai instrumen pendukung menguatkan instrument tes (instrumen utama).

Dalam meeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar kita harus menyesuaikan strategi model pembelajaran dengan kemampuan peserta didik dan mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari disekolah dasar. Problem Bassed Learning merupakan salah Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran PKn SD 060863 Tahun Ajaran 2023/2024. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa ditandai dengan meningkatnya rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dari Siklus I ke Siklus II sebesar 51,61 % menjadi 70,97 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Dewi, E. K. O. J. (2015). Pengaeruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpilir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Edugenesis, 02(03), 936–950. http://journal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1452
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Bono, E. D. (2007). Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif Dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-ide Baru. Bandung: Kaufa.
Huda, Miftahul. "Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis." (2013).
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021.
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Fitriani, Fitriani, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 321-332. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2174.
Section
Articles