Strategi Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa melalui Kegiatan Apel Pagi di MIN 1 Langkat

  • Enda Lovita Pandiangan STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Tuti Rezeki Awaliyah Siregar STAI Jam'iyah Mahmudiyah Langkat
  • Faridah Hanum STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Firman Maulana STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
Kata kunci: Strategi, kedisiplinan, apel pagi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh MIN 1 Langkat dalam meningkatkan sikap disiplin pada siswa.  Adapun metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif yang bertujuan memaparkan hasil penelitian melalui narasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini  dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan MIN 1 Langkat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa ialah melalui kegiatan apel pagi. Kegiatan apel pagi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menanamkan kebiasaan sikap disiplin pada siswa.  Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari berbagai hal diantaranya: seluruh siswa yang selalu datang tepat waktu dan tidak terlambat datang ke sekolah. Begitu juga dengan para guru dan staff  yang selalu datang tepat waktu. Para guru selalu datang lebih awal setiap pagi hari untuk menyambut para siswa di depan gerbang dengan bersapa, salam dan senyum kepada siswa. Kegiatan apel pagi di MIN 1 Langkat diisi dengan melafalkan surah-surah pendek dan bersholawat bersama-sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alimaun, I. (2015). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Purworejo. UNNES.
Anggraini, A. J. (2015). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Parangtritis: Studi Kasus. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Diah Rsitiana, Masturi, I. A. P. (2020). Kedisplinan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pogading. Journal For Lesson and Learning Studies, 3(2).
Dila Mahanani, Mohammad Mustari, Edy Kurniawansyah, B. A. Q. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Guru PPKn dalam Implementasi Karakter Disiplin Siswa di SMPN 1 Kuripan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2810–2822.
Haqqi, A. dan B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Science, JES: Journal Of Education, 5(2).
Mundilarto, R. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Dirjen DIKTI Pendidikan Nasional RI.
Prijodarminto, S. (2003). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Abadi.
Siagian, S. P. (1998). Kepemimpinan, Organisasindan Manajemen. Masagung.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT Gramedia Widia Sarana.
Warsito. (2017). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Melalui Apel Pagi Siswa MIN Nglawu Sukoharjo. Komunikasi Pendidikan, 1(2).
Diterbitkan
2024-03-31
Bentuk Sitasi
Pandiangan, Enda, Tuti Siregar, Faridah Hanum, and Firman Maulana. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 193-199. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2210.
Section
Articles