Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Gempol 1 Pasuruan

  • Khurotun Nisa’ Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Kata kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar Psikomotor

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap hasil Belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Pre-Experimental Design. Rancangan penelitian ini menggunakan One Shot Case Study. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Gempol 1 Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model PjBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA materi mengubah bentuk energi. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai presentase siswa setelah diberi perlakuan adalah 86,3%, nilai ini termasuk kategori yang dinyatakan sudah mencapai ketuntasan dalam hasil belajar psikomotor yaitu 66-88% (baik). Hasil uji analisis data menggunakan one sample t test dengan taraf signifikan 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh nilai t hitung> t tabel, yaitu 9,111 > 2,045 yang berarti Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Dalam penelitian ini siswa sangat bersemangat dan aklif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model PjBL baik secara berkelompok maupun individu, penelitian ini dapat meningkatkan kreativitas serta menjadikan pengalaman yang bermakna bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

[1] N. A. Putri and V. Rezania, “Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 179–187, 2023, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031.
[2] I. Irfan, M. A. Rokhimawan, S. N. Mastur, N. A. Fajriyani, K.- Romadhon, and M.- Paulina, “IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) ON IPAS LEARNING MATERIALS IN THE MERDEKA CURRICULUM AT MUHAMADIYAH MUJAHIDDIN ELEMENTARY SCHOOL,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 12, no. 3, p. 689, 2023, doi: 10.33578/jpfkip.v12i3.9754.
[3] A. I. Kharisma, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 3, no. 1, pp. 16–23, 2020, doi: 10.31004/jrpp.v3i1.828.
[4] B. Ipa and S. Kelas, “Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ),” vol. 2, no. 6, pp. 541–552, 2018.
[5] S. Dewi, S. Mariam, and J. B. Kelana, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning,” JP2SD (Jurnal Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar), vol. 02, no. 06, pp. 235–239, 2019.
[6] H. Dengan, M. Model, P. Pada, S. Kelas, and V. I. I. Mtsn, “STUDI DOKUMENTER HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PjBL PADA SISWA KELAS VII MTsN 11 CIAMIS,” vol. VIII, no. 2, pp. 36–39, 2020.
[7] F. Lafendry, “Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S. Bloom,” stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi, vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2023, [Online]. Available: https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/459.
[8] M. Nurtanto and H. Sofyan, “IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF , PSIKOMOTOR , THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE , PSYCHOMOTOR , AND AFFECTIVE OF STUDENTS IN,” vol. 5, no. November 2015, pp. 352–364.
[9] E. E. Kurniawati, S. S. Sumarti, N. Wijayati, and M. Nuswowati, “Pengaruh Project Based Learning,” vol. 10, no. 2252, pp. 315–321, 2017.
[10] C. Umamah and H. J. Andi, “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Terapan,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 10, no. 1, p. 70, 2019, doi: 10.26877/jp2f.v10i1.3507.
[11] R. Handayani, N. Wedyawati, G. Serani, S. Persada, and K. Sintang, “Pengaruh Model PJBL ( Project Based Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 ( Indahnya Keragaman Di Negeriku ) Kelas IV Pada Pembelajaran Luring Di SD Negeri 14 UPT II Silat Hilir Tahun Pelajaran 2020 / 2021,” vol. 7, pp. 187–196, 2021.
[12] A. Mudiono, “Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Dasar,” J. Pract. Learn. …, vol. 1, no. 2, pp. 14–24, 2021, [Online]. Available: https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/jpled/article/download/9/9.
[13] W. Asytri, A. Trisiana, and M. Mustofa, “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SD N Madyotaman Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 20401–20409, 2023.
[14] S. Ono, “Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation,” J. Keterapian Fis., vol. 5, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.37341/jkf.v5i1.167.
[15] W. Kristiningtyas and I. Artikel, “Peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotorik dalam membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi melalui metode survei lapangan,” vol. 8, no. 1, 2017.
[16] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif, R & D. Alfabeta
[17] Syailin Nichla Choirin Attalina, “Penerapan Model Pembelajaran ‘Project Based Learning’Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Unisnu Jepara,” Refleks. EDUKATIKA J. Ilm. Kependidikan , vol. 10, no. 2, pp. 267–274, 2020.
[18] K. R. Mayuni, N. W. Rati, and L. P. Putrini, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA,” vol. 2, no. 2, pp. 183–193, 2019.
Diterbitkan
2024-03-31
Bentuk Sitasi
Nisa’Khurotun, and Noly Shofiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 168-180. Accessed January 13, 2025. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2232.
Section
Articles