Pendidikan Karakter melalui Revolusi Mental di Era Disruptif

  • Fitriatus Sholekhah Universitas Nurul Jadid

Abstrak

The Indonesian nation is a developing country that is rich in its natural resources, but this country is still developing after 70 years of independence, the ideal of the Indonesian state is to make a nation that is civilized in accordance with norms and religion. What is wrong with this nation, so that the Indonesian people remain a developing country? Character education is the most important asset in a country, because the progress of a country depends on the character of the nation's children. In tackling character education that has deteriorated further, the mental revolution is the solution, a movement that was initiated by Indonesia's first president, Ir. Soekarno and was developed by President Jokowi as the 7th President of the Republic of Indonesia in his campaign in 2014. The current state of Indonesia is a character crisis for the nation, fighting between students, sexual violence, taking drugs, drugs and others. In welcoming the disruptive era where information technology is increasingly advanced and very easy. Where the nation's children still cannot distinguish between the good and the bad, the obligation of an educator who must guide and foster in the process of character development in the disruptive era.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ady Ferdian Noor. “Gerakan Revolusi Mental Untuk Meningkatkan Pendidikan Kepribadian Warga Negara.” Pedagogik Jurnal Pendidikan 11, No. Maret (2016): 7–13.
Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 25–38.
Ali Muhtadi. “Strategi untuk Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti secara Efektif di Sekolah.” staffnew.uny.ac.id, no. 4 (2012): 1–13.
Amin, Muhammad. “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan.” TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, No. 1 (2017): 105–124.
Baharun, Hasan. “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 6, No. 1 (2017): 1–25.
Bahri, Saiful. “Implemetasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah.” Jurnal TA’ALLUM 3, No. 1 (2015): 57–76.
Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating for Character).” Al-Ulum 14, no. 1 (2014): 269–288. https://www.researchgate.net/publication/290920065_PENDIDIKAN_UNTUK_PENGEMBANGAN_KARAKTER_Telaah_terhadap_Gagasan_Thomas_Lickona_dalam_Educating_for_Character.
Diferensial, Pola Pikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. “Merisa Kartikasari.” http://eprints.ums.ac.id/32896/9/ARTIKEL%20PUBLIKASI., 2015.
Fatmawati, Endang. “Disruptif Diri Pustakawan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Iqra’ 12, no. 1 (2018): 1–13.
Hadiwinarto. “Analisis Faktor Hasil Penilaian Budi Pekerti.” Jurnal Psikologi 41, no. 2 (2014): 229–240.
Haris Budiman. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 31–43.
Haryati, Sri. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” http://lib. untidar. ac. id/wp, 2017.
Herwina, Iswan dan. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Milineal IR. 4.0.” PROSIDING Seminar Nasional Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018 ISSN : 2621-6477 “Membangun Sinergitas dalam Penguata (2018): 21–42.
Indonesia, Republik. “Presiden Republik Indonesia.” INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2016 TENTANG GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL, no. 12 (2016): 1–9.
Irawan, Fety. “Penanaman Karakter Kejujuran Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Cemeng Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen)” (2014): 1–11.
Iwan Ardian. “Konsep Spiritualitas Dan Religiusitas ( Spiritual And Religion ) Dalam Konteks Keperawatan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2.” Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah 2, no. 5 (2016): 1–9.
Jenderal, Direktorat, Komunikasi Publik, and Kementerian Komunikasi. REVOLUSI MENTAL, 2015.
Kesehatan, Kementerian, and Republik Indonesia. “Revolusi Mental: Membangun Jiwa Merdeka Menuju Bangsa Besar.” www.depkes.go.id, 2018.
Khaliq, Abd. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Kitab Ayyuhal Walad, Konstruksi Pemikiran Imam Al-Ghazali.” Al-Ibrah 2, no. Mei (2017): 88–112.
Kristiawan, Muhammad. “Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia.” jurnal ta’dib (2015).
Kurniawan, Riza Yonisa. “Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru.” Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII, no. October (2016): 1415–1420.
Lili Ng Chui Mi. “Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Untukmeningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Sma Negeri 2 Sambas.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (N.D.): 711–723.
Listiani, Teni, Wahyudin, Nefi Aris A Asmara. “Tingkat Pemahaman Dan Penerapan Nilai-Nilai Spiritual Pegawai Di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keagamaan Bandung.” Jurnal Iimu Administrasi Xiv, No. 2 (2017): 300–313.
Maragustam. “Paradigma Revolusi Mental.” Jurnal Pendidikan Islam XII, no. Desember (2015): 1“Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.61–176.
Marjolein C.J. Caniëls,Judith H. Semeijn, Irma H.M. Renders. “Mind the Mindset! The Interaction of Proactive Personality, Transformational Leadership and Growth Mindset for Engagement at Work.” www.emeraldinsight.com/1362-0436.htm, no. January (2018).
Mucharomah, Miftah. “Guru Di Era Milenia Dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin.” Edukasia Islamika 2, no. 2 (2017): 201–221.
Mufid, Fathul. “Spiritual Teaching Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smk Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 2 (2016): 253–276.
Muhamad, and Ngafifi.” Jurnal pembangunan pendidikan 2, no. 1 (2014): 33–47.
Muhammad kristiawan. “Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia.” jurnal ta’dib 18, no. juni (2015): 14–25.
Muhammad Kristiawan. “Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia.” Jurnal Ta’dib 18, no. 1 (2015): 13–25.
Muhdi, Senowarsito, Listyaning S. “Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skills ) Melalui Child Friendly Teaching Model ( Cftm ) Sebagai Dasar Membangun Karakter Siswa.” E-DIMAS Jurnal pengabdian kepada masyarakat 3, no. 1 (2012).
Murniati, Juliana. “Era Disrupsi : Tantangan Dan Peluang Bagi PT Anggota APTIK II . Era Disrupsi Dan Tantangannya Pada Pendidikan” (2017): 1–12.
Mutmainnah. “Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter.” DIKLUS Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 16, no. 2 (2012).
Nasrullah. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam” 18, no. juni (2015): 67–82.
Nawawi, Ahmad. “Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus.” INSANIA (Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan) 16, no. 2 (2011).
Nita Warih Handayani dan Sumaryati. “Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja Di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta.” Jurnal Citizenship 4, no. 1 (2014).
Nur Ainiyah. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo 13, no. juni (2013): 25–38.
Persada, Nova Mega, and Suwito Eko Pramono. “Pelibatan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Di SD Sains Islam Al Farabi Sumber Cirebon” 6, no. 405 (2017): 100–108.
Prabowo, Ahmad Wahyu Adi. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Di Mtsn Sumberagung Bantul Yogyakarta” (2014): 1–102.
Purbaningrum, Kus Andini. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar” 10, No. 2 (2017): 40–49.
Puspitasari, Eka, Ach Amirudin, Pendidikan Geografi, And Pascasarjana-Universitas Negeri Malang. “Integrasi Berpikir Kritis Dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sma.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, No. 2 (2016): 122–126.
Rachmah, Huriah. “Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945.” E-Journal widya Non-Eksakta 1, no. 1 (2013): 7–14.
Rahayu, Rizka Puji. “Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III SD 1 Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 5 (2016): 152–160.
Revolusi, Gerakan, Mental Pemerintahan, Jokowi Jk, Revolusi Mental, Orde Baru, Revolusi Mental, Jokowi Jk, Revolusi Mental, Presiden Joko Widodo, and Sekretariat Jenderal Dpr. “Membumikan Revolusi Mental.” Jurnal Borneo Administrator 11, no. 1 (2016): 121–128.
Rokhmah, Hidayatu. “Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Terhadap Peserta Didik Di Sd It Harapan Bunda Purwokerto Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto” (2016): 1–100.
Rosnawati, R. “Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa.” Seminar Nasional Pendidikan Yogyakarta - staff.uny.ac.id (2012): 1–9.
Shodiq, Sadam Fajar. “Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai Dan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif.” At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (2017): 14–25.
Sudibyo, Lies. “Peranan Dan Dampak Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Widyatama 20, no. 2 (2011): 175–185.
sugiyatno. “Kekerasan Di Sekolah Bagian Masalah Pendidikan Sosial- Emosional.” Paradigma 9, no. V (2010): 29–42.
Sulthoni. “Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Di Sekolah Dasar” 2, no. November (2016): 100–108.
Suparno, Paul. “Pengembangan Karakter Untuk Anak Zaman Sekarang.” https://core.ac.uk/download/pdf/45364404., 2012.
supinah, ismu tri parmi. “Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika Di SD.” Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika (2011).
Sutardi, Dodo. “Revolusi Mental Pada Lingkungan Pendidikan Desa Terpencil.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, No. 1 (2017): 59–68.
Sutono, Agus. “Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat.” Jurnal Ilmiah Civis 1, No. Januari (2015): 666–678.
Suyitno, Imam. “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. februari (2012): 1–13.
Syaifudin, Mohammad, Nurul Zuriah, and Marhan Taufik. “Revolusi Mental Melalui Model Pendidikan Karakter Bangsa Untuk Penguatan Kemandirian Pangan Dan Cinta Produk Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan 9, no. November (2016): 221–234.
Ujiningsih, Sunu Dwi Antoro. “Pembudayaan Sikap Sopan Santun Di Rumah Dan Di Sekolah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Karakter Siswa *.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 1 (2017): 27–36.
Yuristia, Adelina. “‘ Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi Dan Pembangunan.’” Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1, No. 1 (2017): 1–17.
Zuhur Fardani, Edy Surya. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Bangsa,” No. December (2017).
Diterbitkan
2019-03-18
Bentuk Sitasi
Sholekhah, Fitriatus. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (March 18, 2019): 64-88. Accessed October 19, 2019. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/343.
Section
Articles