Keefektifan Mobile Learning Media Bermuatan Ethnoscience terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Dian Marta Wijayanti SDN Sampangan 01 Kota Semarang
  • Farid Ahmadi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang
  • S Sarwi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang
Kata kunci: Mobile Learning Media, Ethnoscience, Sekolah Dasar

Abstrak

Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 mengharuskan pembelajaran di Sekolah Dasar harus menyesuaikan zaman. Salah satu bentuknya dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan mobile learning media bermuatan ethnoscience terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan uji t-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (ttable = 2,045) dan signifikansi < 0,05. Karena 7.718 > 2,045 dan 0,001 < 0,05, maka hipotesis  diterima yang berarti bahwa nilai kelas eksperimen lebih baik daripada nilai kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Mobile Learning Media bermuatan Ethnoscience efektif untuk digunakan di sekolah dasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aji, S. J. (2017). Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa. 7–11. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Arfianawati, S. S. S. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21, 46–51. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.669
Guzey;Roehrig. (2009). Teaching Science with Technology: Case Studies of Science Teachers’ Development of Technology, Pedagogy, and Content Knowledge. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 25–45. Retrieved from https://citejournal.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2016/04/v9i1science1.pdf
Hamdu, G. L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12, 90–96. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf
Hardiansyah, H. W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning. 327–331. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10155/6582
Ibda, Hamidulloh. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1, 1–19. Retrieved from https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064
Mohamed Ally. (2009). Mobile Learning Transforming the Delivery of Education and Training. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.475.2163&rep=rep1&type=pdf
Nadhifah;Imam Muslih. (2017). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Randuharjo Pungging Mojokerto. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2, 172–191. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/127/119
Nasution, M. I. F. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Iqro Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 10, 1–14. https://doi.org/http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/123/103
Prawiradilaga. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sarrab, M. (2012). Mobile Learning (M-Learning) and Educational Environments. International Journal of Distributed and Parallel Systems (IJDPS), 3, 31–38. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/351c/5ff846b519ba00a8219f50a4730f3f40c10d.pdf
Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 98–106. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1051/730
Diterbitkan
2019-10-14
Bentuk Sitasi
Wijayanti, Dian, Farid Ahmadi, and S Sarwi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (October 14, 2019): 129-136. Accessed March 31, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/463.
Section
Articles