Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol® Videoscribe

  • Ni'mah Afifah Universitas Alma Ata Yogyakarta
Kata kunci: Media ajar, Aplikasi Sparkol® Videoscribe, Nilai Karakter Toleransi

Abstrak

Penanaman nilai-nilai kebersamaan, saling menghormati, toleransi, inklusifisme, kerukunan antar umat beragama melalui pendidikan merupakan cara yang efektif dan tepat. Hal ini dikarenakan bahwa sesuatu yang ditanamkan pada anak akan menjadi "mindset" cara berfikir bahkan cara pandang hidup akan sulit untuk hilang dan pudar. Di sisi lain, tingkat pemanfaatan   media   ajar sebagai salah satu sumber pembelajaran oleh guru, khususnya untuk penanaman nilai-nilai karakter kepada anak masih menjadi salah satu kendala dalam kegiatan pembelajaran selama ini.   Kenyataan yang ada sekarang ini, proses belajar mengajar masih didominasi dengan penggunaan metode konvensional dan jarang memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal. Aplikasi Sparkol VideoScribe  merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang dapat membuat whiteboard-animation secara otomatis. Aplikasi ini memudahkan penggunannya untuk membuat silde peresentasi, film, karikatur dan animasi dengan output video dan audio yang atraktif layaknnya guru yang sedang menulis dan  menjelaskan materi di papan tulis.

Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental research dengan desain penelitian one-shot case experimental design. Orientasi dari penelitian ini adalah perancangan media ajar berbasis Sparkol®  VideoScribe yang berupa whiteboard-animation dan melihat   sejauhmana efektivitas rancangan produk media ajar tersebut   terhadap peningkatan toleransi sosial mereka. Media ajar dirancang  untuk mendukung proses pembelajaran tematik integratif untuk peserta didik di sekolah. Responden yang akan dilibatkan dalam penelitian survei pada tahap I dan II adalah siswa-siswi dari SDIT BAIK Bantul. Tahap pengembangan media whiteboard aimation “Toleransi” ini mengacu pada tahap pengembangan Borg dan Gall yang dikelompokkan dalam empat tahap, yakni studi pendahuluan, pengembangan, uji lapangan, serta diseminasi. Pembuatan animasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi utama Sparkol VideoScribe dan aplikasi penunjang lain. Media whiteboard animation untuk materi Toleransi ini yang dikembangkan secara kuantitatif dan kualitatif layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media whiteboard animation ditunjukkan oleh penilaian ahli materi dan ahli media. Sementara dari hasil uji efektifitas dari hasil pre-test dan post-test terjadi kenaikan sebesar 33.93%. Hal ini membuktikan bahwa media whiteboard animation efektif sebagai salah satu media pembelajaran nilai karakter toleransi.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Amirulloh Syarbini,2011, Al-Quran-Indonesia,. Yogyakarta: LogungPustaka.
Arif S. Sadiman, Media Pendidikan, Jakarta: CV Raja Grafindo Persada, 1996.
Astuti, 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Seni. Yogyakarta: UNY Press.
Borg R Walter; Gall Meredith D. Educational Research; An Intrduction, 5th Edition. London: Longman, 1982.
Nana Sudjana dan Ahmad Rifai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.
Weni Ariningtyas, dkk, "Penggunaan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa MTs Negeri Purworejo", dalam jurnal Pendidikan Fisika UMP, Radiasi, Vol 1, No.1
Alessi, S.M.&Trollip, S.R. (2004). Multimedia for learning: methods and development (3th ed.). MassaChutes: Ally & BaCon A Pearson EduCation Company.
Asri Budiningsih. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Baharudin & Nur Wahyuni. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz media, 2010.
Bambang Warsita. Teknologi pembelajaran; Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Christina Lavarn, et.al. Educate The Educator An Interactive Qualifying Project Submitted To The Faculty Of Worcester Polytechnic Institute, September 12, 2013, diakses tanggal 11 April 2017http://www.wpi.edu/ACademiCs/ProjeCts.
Chorley, Matt. "Spending cuts for beginners: Osborne launches cartoon explaining 'tough choices' as new figures show RISE in borrowing", diakses 10 April 2017.http://www.dailymail.Co.uk/news/artiCle-2345948/George-Osborne-launChes- Cartoon-explaining-tough-ChoiCes-new-figures-rise-borrowing.html
Dharma Kesuma Triatna, C. & Permana, J., 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diane Tillman, 2004. Living Values Activities for Children, Terjemahan oleh Adi. Respati, dkk, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Kemendikbud., 2013 Kompetensi Dasar SD/ MI. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan,
LiCkona, T. 1991. Educating for eharacter How Our Schools ean Teach Respect and Responsibility. New York: Batam Book.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2005., Kamus Besar Bahasa Indonesia.,Jakarta: Balai Pustaka
Ratumanan, T.G. & T. Laurens. Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya: Unesa University Press. 2003
Samsuri, 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara, Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Saptono 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi Erlangga Group .
Suprayekti. Penerapan model pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA di SD. Jurnal Teknodik Nomor 1, Volume XII, 2008.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (September 27, 2018): 247-254
Trianto. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivis. Jakarta: Prestasi Setia, 2010.
Traianto. Model pembelajaran terpadu, konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Zuchdi, 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
"PISA 2013: Lessons for Indonesia", diakses 10 April 2017 http://www.thejakartapost.Com/news/2013/12/06/pisa-2013-lessons-indonesia.html
Russell, Kate. "Webscape: Animation tools", diakses 10 April 2017 http://www.bbC.Com/news/world-radio-and-tv-23186234
"Makna Penting Master Plan Pendidikan Bagi Kabupaten Bantul", diakses 10 April 2010. http://bappeda.bantulkab.go.id/berita/122-makna-penting-master-plan-pendidikan-bagi-kabupaten-bantul.
"PISA 2012 Results in FoCus: What 15-year-olds know and what they Can do with what they know: Key results from PISA 2012", diakses 10 April 2017. http://www.oeCd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results.htm.
Diterbitkan
2019-09-30
Bentuk Sitasi
Afifah, Ni’mah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (September 30, 2019): 231-258. Accessed March 31, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/512.
Section
Articles