Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian library research yaitu menganalisis teori behavioristik berdasarkan literatur berupa buku, jurnal dan teori-teori pendukung lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi teori belajar Thorndike dalam pembelajaran SD/MI, Thorndike menganggap bahwa yang menjadi dasar belajar ialah asosiasi antara kesan pancaindra (Sense Impresion) dengan impuls untuk bertindak. Asosiasi yang demikian itu disebut Connectio yaitu Pembentukan hubungan S-R dilakukan secara berulang-ulang dengan prinsip coba dan salah (trial and error). Hasil penelitian bahwa dalam empat hukum yang ditawarkan oleh thorndike yaitu: pertama law of readines (hukum kesiapan), Kedua law of effect (hukum akibat), dan Ketiga law of exerciser (hukum latihan), keempat hukum sikap (law of attitude), dapat diterapkan dengan baik dan sistematis makan proses pembelajara dapat berjalan efektif dan membuat siswa mudah menyerap materi yang telah disampaikan oleh guru serta dapat menumbuhkan sikap berani dengan cara trial and error. Dalam pembelajaran guru dapat menerapkan empat hukum itu agar siswa dapat ikut terlibat secara maksimal dalam pembelajaran, sehingga tujuan dapat tercapai.
Downloads
Referensi
Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Sujanto, Agus, 2009, Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara
Sri Esti Wuryani Djiwandoro, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo
Sumadi Suriyabrata, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sri Esti Wuryani Djiwandono, 2002, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT.Grasindo.
Muhibbinsyah, 2013, Psikologi Pendidikan, (Pendekatan Baru), Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2003, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
L. Thorndike, Edward, 1911, Animal Intelligence Diterbitkan, Experimental studies.
Yuningsi, Aryani h, Penerapan teori belajar behavioristik (thorndike) melalui teknik drill and practice untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada bidang studi bahasa Indonesia dalam materi mengarang siswa Kelas V SDN 023 sedinginan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.