Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa

  • Fathurrohman Fathurrohman Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kata kunci: pendidikan agama Islam, berbasis masalah, metakognitif

Abstrak

artikel ini menjelaskan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Mata pelajaran pendidikan agama Islam memiliki karakteristik yang kompleks, sehingga kemampuan metakognitif tidak dapat ditemukan dan dikembangkan, melalui model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan metakognitif siswa dapat ditemukan dan dipetakan dengan benar. Kemampuan metakognitif siswa perlu ditemukan dan dikembangkan karena sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Indonesia bahwa siswa dapat berpikir kritis, kreatif dan inovatif, semua ini dapat dicapai jika metakognitif siswa kemampuan dapat diasah dengan baik saat mengikuti proses pembelajaran. Apalagi dengan konsep baru dalam pendidikan di Indonesia yang membuat siswa mampu berpikir di level yang lebih tinggi (kemampuan berpikir tingkat tinggi). Ini dilakukan dengan harapan bahwa siswa akan dapat bersaing secara global dengan pemikiran yang kuat dan bertanggung jawab. Model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan kemampuan metakognitif siswa dalam berbagai mata pelajaran, termasuk mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dalam aspek tertentu dapat mengeksplorasi kemampuan metakognitif siswa. Kemampuan metakognitif siswa bukanlah segalanya, tetapi dengan ditemukannya kemampuan metakognitif, pendidik akan difasilitasi dalam mengatur pembelajaran yang akan dilakukan dengan siswa di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
F.E, Weinert,. dan Kluwe, R.H. Metacognition, Motivation, and Understanding. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers, 1987.
Hamdani, Saepul, “Taksonomi Bloom Dua Dimensi dan Aplikasinya Pada Perumusan Indikator Kompetensi Mata Pelajaran PAI”, Nizamia, X, 01
Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan,Model Pembelajaran Berbasis Masalah,(Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
Livingston, Jennifer A., Metacognition: An Overview. 1997.
Richard, I Arends, Learning to Teach; Belajar Untuk Mengajar, Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto dkk., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Rohman, Mohammad dan Sofan Amri, Strategi dan Pengembangan Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013.
Rompayom, P., Tambunchong, C., Wongyounoi, S., & Dechsri, P., The Development of Metacognitive Inventory to Measure Students’ Metacognitive Knowledge Related to Chemical Bonding Conceptions. International Association for Educational Assessment (IAEA)- Bangkok, 2010.
Ronis, Diane, Problem Based Learning for Math and Science: integrating inquiry and the internet. USA: Skylight Professional Development, 2009.
Salim, Moh.Haitami, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang berkarakter, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2013.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008
Schraw, G., & Dennison, R. S. Assessing metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 1994
Sophianingtyas, F., & Sugiarto, B.. Identifikasi Level Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Perhitungan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 2013.
Sperling, R. A., Howard, B. C., Miller, L. A., & Murphy, C. Measures of children's knowledge and regulation of cognition. Contemporary Educational Psychology, 2002
Sumawan, Dani, Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematikanya, Tesis, Surabaya, UNESA Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika, 2012
Sutrisminingsih, Profil Metakognisi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Aplikasi Turunan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Surabaya: Tesis UNESA, 2013
Sutrisno dan Muhyidin Albarobis, Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2012.
Syah, Darwian, dkk .Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Diadit Media, 2009.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Trianto, Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Wahid, Aminuddin Aliaras dan Muh. Rofiq, Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui
Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Zainiyati, Husniyatus Salamah, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: IAIN Press, 2010.
Diterbitkan
2020-09-23
Bentuk Sitasi
Fathurrohman, Fathurrohman. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 2 (September 23, 2020): 270-288. Accessed February 25, 2021. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/719.
Section
Articles