Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

  • Muhanah Herlianah STKIP Arahmaniyah Depok
Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstrak

Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey  dengan teknik korelasional. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, sedangkan rencana penelitian dimulai bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa kelas VI di seluruh SD Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat yang berjumlah populasi terjangkau 338 orang siswa yang berada di 7 Sekolah Dasar (SD). Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional (proportional random sampling) sebanyak 40 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Kebiasaan Belajar (X1) mempunyai hubungan positif dengan kekuatan hubungan sangat kuat dengan Hasil belajar PKn (Y) pada materi menghargai nilai juang para perumus Pancasila siswa kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,900. Sedangkan Motivasi Belajar (X2) mempunyai hubungan positif dan sangat kuat dengan Hasil belajar PKn (Y) pada materi menghargai nilai juang para perumus Pancasila siswa kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,924.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Daniel J. House, “Relationship Between Learner Attitude, Prior Achievement, and Performance in a General Education Course”. Intentional Journal of Instructional Media v 23 no 3, 2006.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.
Muhibin Syah. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Noehi Nasution dkk. 1998. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Richard Felder, Navigating the Bumpy Road to Student-Centered Instruction. College Teaching v 44 Spring), 2006.
Rochman Natawidjaja, 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta.
Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Solihatin, Etin, M.Pd dan Raharjo,S.Pd Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, Statistik untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2009).
Sumiati dan Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Thobroni, Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Madani Media.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2019-03-26
Bentuk Sitasi
Herlianah, Muhanah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (March 26, 2019): 129-145. Accessed January 28, 2022. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/927.
Section
Articles