MODELING: Jurnal Program Studi PGMI http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling <p><strong>MODELING: Jurnal Program Studi PGMI<br>Frequency:&nbsp;2 issues per year (March and September)<br>Print ISSN: <a title="ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1423062705" target="_blank" rel="noopener">2442-3661 </a>Online ISSN: <a title="e-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1447726322" target="_blank" rel="noopener">2477-667X</a></strong></p> <p>MODELING: Jurnal Program Studi PGMI is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The journal is published by Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) <a href="http://stitnualhikmah.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">STITNU Al Hikmah Mojokerto</a>.&nbsp;It has been indexed in&nbsp;<a href="https://www.sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=3823" target="_blank" rel="noopener">SINTA 4&nbsp;</a>(Accredited Journal, Decree No.30/E/KPT/2018) by Director General of Strengthening Research and Development, Ministry of Research Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia in 2018. The indexing status will be active until 2020.</p> en-US jurnalmodeling@gmail.com (Misbachul Choir) jurnalmodeling@gmail.com (Misbachul Choir) Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur dengan Model Discovery Learning Mengunakan Media Audio Visual di Universtitas Bina Sehat PPNI http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1873 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran discovery learning mengunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji hal ini mengunakan metode R&amp;D digunakan untuk mengembangkan dan mengvalidasi produk pendidikan. Penelitian ini juga dilakukan di universitas Bina Sehat PPNI dengan pertimbangan mahasiswa tersebut juga sedang menempuh mata kuliah teks prosedur sehingga sesuai untuk menjadi objek yang diteliti. </em></p> <p><em>Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dari 75 mahasiswa menunjukan 89,5% merespon positif dengan adanya pembelajaran ini. Dari data presentase data 89,5%&nbsp; berada pada interval skor 85% yang berarti respon yang diberikan oleh mahasiswa sangatlah positif. Menurut Hobri (2009), kreteria keefektifan suatu model dikaitkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa dan respon positif mereka. Pembelajaran efektif terjadi bila ada keaktifan mahasiswa yang dilibatkan untuk mengorganisasikan dan menemukan hubungan informasi yang diberikan.</em></p> Diya Sri Widiyanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1873 Sun, 31 Mar 2024 16:20:05 +0000 Peran Sedekah Subuh dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa: Studi Kasus di MI Ma’arif 01 Gentasari http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1967 <p><em>Sedekah subuh merupakan ibadah dengan berbagai keutamaan dan manfaat. Sedekah subuh dapat berupa sumbangan dalam bentuk uang, makanan, atau apapun yang bermanfaat bagi penerima. Peran penting dari sedekah subuh dalam membentuk karakter individu terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, membangun rasa peduli, dan meningkatkan disiplin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana sedekah subuh berkontribusi membentuk nilai karakter siswa di MI Ma’arif 01 Gentasari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui praktik sedekah subuh, terjadi perubahan sikap siswa. Nilai-nilai karakter yang terkembangkan meliputi sikap religius, kejujuran, toleransi, kemandirian, kepedulian sosial, dan tanggung jawab.</em></p> Inarotul Umiyah; Abdul Wachid Bambang Suharto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1967 Sun, 31 Mar 2024 16:23:51 +0000 Peningkatan Ecoliteracy Siswa SD melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 015 Sumber Makmur http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1980 <p><em>Penelitian ini didasari oleh rendahnya Ecoliteracy siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan Ecoliteracy siswa menggunakan metode Field-Trip dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 015 Sumber Makmur. Ecoliteracy siswa diukur dari indikator rasa empati, bertanggung jawab, bijaksana dan tes pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur yang berjumlah 20 orang. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langah perencanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes pengetahuan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Field-Trip dapat meningkatkan Ecoliteracy siswa. hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil observasi dan tes pengetahuan pada siklus I pertemuan I dari 20 orang , diketahui bahwa kemampuan Ecoliteracy siswa yang masuk dalam kategori tuntas ada 9 siswa atau 45% dan siklus I pertemuan II yang masuk dalam kategori tuntas ada 13 siswa atau 65% kemudian hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan kemampuan Ecoliteracy siswa pada siklus II pertemuan I yang masuk dalam kategori tuntas ada 15 atau 75% kemudian meningkat di pertemuan II yaitu kategori tuntas menjadi 18 siswa atau 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Field-Trip dapat meningkatkan kemampuan Ecoliteracy siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur.</em></p> Dewi Meilawati, Rizki Ananda, Yenni Fitra Surya, Mufarizuddin Mufarizuddin, Joni Joni ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1980 Sun, 31 Mar 2024 16:26:57 +0000 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Group Investigation (GI) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDIT An-Najiyah Pekanbaru http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2001 <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa kelas IV untuk memahami materi pada mata pelajaran PKN. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi pada kegiatan dan dokumentasi pada kegiatan pra siklus. Hal tersebut disebabkan model yang digunakan guru yaitu cenderung ceramah dan penggunaan media kurang menarik antusias siswa. Dari jumlah 25 siswa masih terdapat 13 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT An-Najiyah tahun pelajaran 2023-2024 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKN dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh skor sebesar 66,41(cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 87,12 (baik), sedangkan pada aktivitas siswa di siklus I memperoleh skor sebesar 63,46 (cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 97,11 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman pada pelajaran PKN siswa kelas IV setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation) terlihat hasil nilai rata-rata siswa, pada pra siklus sebesar 59,39 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 42,81% (kurang), menjadi sebesar 70,3 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 52% (kurang), dan meningkat pada siklus II sebesar 84 (baik) dengan presentase ketuntasan sebesar 89% (baik).</em></p> Lastriana Fadenila, Mufarizuddin Mufarizuddin, Yenni Fitra Surya, Sumianto Sumianto, Fadhillaturrahmi Fadhillaturrahmi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2001 Sun, 31 Mar 2024 16:29:50 +0000 Faktor Sosial Budaya dan Pengembangan Masyarakat dalam Pendidikan Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2047 <p><em>Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor sosial budaya serta pengembangan masyarakat dalam pendidikan sekolah dasar. Pendidikan di sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan formal pertama yang akan menentukan arah pengembangan potensi peserta didik. Pendidikan dilakukan bertujuan bagi kemajuan, perubahan, dan stabilitas sosial dari masyarakat. Metodologi penelitian ini menggunakan kajian literatur yang merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Jenis penelitian ini tidak melibatkan pengumpulan data primer, melainkan lebih berfokus pada eksplorasi sumber informasi yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu keluarga, kematangan anak dari berbagai aspek, status sosial ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, kebudayaan suatu masyarakat juga akan mempengaruhi proses pembentukan kepribadian seorang individu dalam pendidikan. Hingga dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa faktor sosial budaya memiliki peran penting dalam pendidikan di sekolah dasar. Selain itu, pengembangan partisipasi masyarakat dalam pendidikan ialah langkah penting dalam memperbaiki sistem pendidikan dan memastikan kesuksesan siswa.</em></p> Jelita Dwi Septya, Siskawati Ziliwu, Meilyani Meilyani, Fadhilah Uswah, Muhammad Hayyanul Damanik ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2047 Sun, 31 Mar 2024 16:45:02 +0000 Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Sekolah Akreditas A Dengan Sekolah Akreditas B di Kota Medan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2230 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A dengan sekolah akreditas B di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar di Kota Medan yang berstatus akreditasi A dan B. Sampel penelitian ini diambil secara acak dari populasi tersebut dengan menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 27 siswa dari sekolah akreditasi A dan 15 siswa dari sekolah akreditasi B, sehingga total sampel penelitian adalah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A di Kota Medan secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah akreditas B. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: fasilitas dan sarana olahraga, kurikulum pendidikan jasmani, dan kualitas guru pendidikan jasmani. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat menjadi perhatian bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di sekolah-sekolah akreditas B di Kota Medan. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani dan kesehatan siswa, serta meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.</em></p> Noel Arborea Bangun, Nixo Hardison Silaban, Stefanus Tarigan, Vivi Amelia Alzana, Yuserlin Wau, Hary Imam Prasetia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2230 Sun, 31 Mar 2024 16:55:41 +0000 Analisis Penggunaan Quizizz sebagai Media Berbasis Website untuk Evaluasi Kognitif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2036 <p><em>Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi ini Quizizz hadir untuk memudahkan evaluasi kognitif pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan quizizz sebagai media berbasis website untuk evaluasi kognitif pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data dalam bentuk observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, informan pada penelitian ini adalah guru kelas 4 di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Hasil wawancara menunjukan bahwa penggunaan quizizz terbukti efektif jika digunakan sebagai media dalam evaluasi kognitif di pembelajaran. Melihat dari semakin berkembangnya ilmu komunikasi dan teknologi diera sekarang ini, penggunaan media pembelajaran e-learning sangatlah membantu guru, proses pembelajaran akan menjadi semakin mudah dan peserta didik pun akan menjadi termotivasi dalam mengerjakan soal-soal yang ada apalagi gadget sekarang sudah sangat melekat dalam diri generasi milenial. </em></p> Hera Apriliana Saputri, Zulhijrah Zulhijrah, Sinta Bella, Andi Prastowo ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2036 Sun, 31 Mar 2024 16:58:11 +0000 Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Sederhana melalui Metode Bercerita dengan Bantuan Media Kartu Kata Siswa Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2040 <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa pada materi di sekitar rumah di kelas I SDN 005 Ganting Damai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode&nbsp; bercerita berbantuan media kartu kata. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis kata sederhana siswa pada materi di sekitar rumah dengan menerapkan metode bercerita berbantuan media kartu kata siswa kelas I SDN 005 Ganting Damai. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas I yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa hanya 61,23 dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,46%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 65,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50,00%, lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,53%. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 74,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 69,23% dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 81,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,76%. Maka dapat disimpulkan penerapan metode bercerita berbantuan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan menulis kata sederhana siswa kelas I&nbsp; SDN 005 Ganting Damai.</em></p> Nurhasanah Nurhasanah, Iis Aprinawati, Rizki Ananda, Putri Hana Pebriana, Mufarizuddin Mufarizuddin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2040 Sun, 31 Mar 2024 17:04:27 +0000 Upaya Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1998 <p>The history of Islamic culture is a type of Islamic education which in the learning process often faces several problems both in terms of strategies, methods and the media used. With several problems being faced, efforts are needed to overcome them. The purpose of this research is to describe SKI learning at Madrasah Ibtidaiyah and the teacher's efforts in planning and implementing learning in the classroom. This research uses a method (literature review) with a qualitative approach. The results of the research show that efforts can be made by educators to improve the quality of learning the history of Islamic culture by using appropriate methods and media during learning so that students can be enthusiastic and easily understand the material presented by teachers in learning the history of Islamic culture. The appropriate methods are lectures, drills, recitations and discussions. Media that can be used in SKI learning include PPT (Powerpoint) and educational games (Quizizz).</p> Munawir Munawir, Alvia Amalani Mujaroh Putri, Rizky Amaliah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1998 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0000 تطبيق أسلوب الأغنية في تعلم المفردات لطلاب المدرسة الإبتدئية المحمدية 1 سوكوهارجو http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2059 <p>للأساليب دور مهم في التعليم يتجاهله بعض المعلمين. هناك مشكلة مهمة في تعلم اللغة العربية، وهي عدم توفر وسائل تعلم اللغة العربية، وهي إحدى عوائق المربين عند عرض المادة، وتسبب فهما مجردا وتوصيف المادة غير متزامن، مما يؤدي إلى انخفاض الاستجابة واهتمام ونشاط الطلاب وله تأثير على انخفاض نتائج التعلم. يهدف هذا البحث إلى تحسين نتائج التعلم واستجابة الطلاب ونشاطهم من خلال أسلوب الأغنية في تعلم اللغة العربية لدى الطلاب. طريقة البحث المستخدمة هي البحث النوعي، وذلك باستخدام التعلم العملي في الفصول الدراسية، ويتكون هذا البحث من مرحلتي الدورة واجتماعين في كل الدورة. وبناء على البيانات التي يتم الحصول عليها، يتبين أن طريقة تعلم اللغة العربية باستخدام طريقة الأغنية قادرة على تحسين نتائج تعلم الطلاب.طرق تعلم اللغة العربية، الأغاني</p> Fatimah Arisika Putri, Moh Abdul Kholiq Hasan, Arif Khoirul Hakim ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2059 Sun, 31 Mar 2024 17:16:37 +0000 Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2080 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa di Kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan. Metode yang digunakan adalah pretest atau pretest dengan desain one group pretest and posttest. Populasi penelitian adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan yang berjumlah 27 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 11 orang. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji paired samples test.</em><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em></p> <p><em>Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa SD Muhammadiyah 21 Medan yang dapat dilihat pada tabel hasil pretest dan posttest. Diketahui berdasarkan output yang telah diuji dalam SPSS diperoleh deskripsi nilai terhadap rata-rata mean pada pretest 60,59 dan data posttest 77,78. Maka dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa</em></p> Najiha Najiha, Indah Pratiwi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2080 Sun, 31 Mar 2024 17:19:41 +0000 Penguatan Pendidikan Karakter melalui Full Day School http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2094 <p><em>Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat urgen bagi siswa sebagai modal dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan di sekolah dan di lingkungan masyarakat. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang program full day school di SDIT Amanah Langkat, dalam upaya penguatan karakter siswanya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Full Day School di SDIT Amanah Langkat dilakukan dengan menggunakan teori behaaviour. Adapun kegiatan pembelajaran Full Day School di SDIT Amanah Langkat meliputi muraja’ah (tahfidz), shalat dhuha, shalat zuhur, shalat ashar, sedekah, infaq, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.&nbsp; Proses pembentukan karakter juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, renang, dan panahan. Nilai karakter siswa yang menonjol di SDIT Amanah Langkat&nbsp; yaitu karakter religius, mandiri, dan kedisiplinan.</em></p> Suaidah Lubis, Nurhasanah Nurhasanah, Indah Puspita Sari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2094 Sun, 31 Mar 2024 17:28:29 +0000 Pembentukan Akhlak melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma'arif Pagerwojo http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2138 <p><em>Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan aspek penting dalam proses pembentukan akhlak siswa di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran aqidah akhlak di kelas 4 MI memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap, perilaku, dan moral siswa. Pembelajaran aqidah akhlak di kelas 4 MI memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap, perilaku, dan moral siswa. Hal tersebut yang menginspirasi peneliti dalam menentukan tujuan dari penelitiannya yaitu, untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran aqidah akhlak kelas 4 MI Ma’arif Pagerwojo, serta menggali dan menghitung seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dengan adanya pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di kelas 4 ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui penyebaran kuesioner di kelas 4D dan guru aqidah akhlak MI Ma’arif Pagerwojo, serta melalui rangkaian observasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti sebagai data pendukung.</em></p> Qonitatul Afifah, Nur Maslikhatun Nisak ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2138 Sun, 31 Mar 2024 19:11:24 +0000 Penerapan Metode Make A Match pada Pelajaran Fikih Materi Menyebutkan Rukun Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2131 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan metode Make a Match dalam proses pembelajaran fikih. Khususnya dalam menyajikan materi mengenai rukun Islam, dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1A di MI Babatan Jati Sidoarjo. Metode Make a Match diterapkan sebagai alat bantu untuk membantu siswa dalam mengingat dan memahami materi dengan menggabungkan konsep- konsep yang saling terkait.</em></p> <p><em>Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa banyak siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 75. Oleh karena itu, penerapan metode Make a Match pada pelajaran fikih, khususnya materi mengenai rukun Islam, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK /Penelitian Tindakan Kelas. (Action research) yang terdiri dari dua siklus.</em></p> <p><em>Setiap siklus melibatkan empat tahap kegiatan, yaitu 1) perencanakan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi</em></p> <p><em>Hasil siklus1 menunjukkan bahwa nilai rata- rata hasil belajar siswa mencapai 80.6%, dengan 9 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 88,2 % dan seluruh siswa kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo berhasil mencapai atau melebihi nilai KKM (≥75).</em></p> <p><em>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui uji pre-tes dan post-tes, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Make a Match dalam pembelajaran fikih efektif meningkatkan hasil belajar siswa, kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo.</em></p> <p><em>Kesimpulan-nya, metode Make a Match, dapat dianggap sebagai metode yang layak diterapkan dalam pembelajaran fikih, ditingkat pendidikan dasar untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran</em></p> Maria Ulfah, Nur Maslikhatun Nisak ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2131 Sun, 31 Mar 2024 17:43:27 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Gempol 1 Pasuruan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2232 <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap hasil Belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Pre-Experimental Design. Rancangan penelitian ini menggunakan One Shot Case Study. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Gempol 1 Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model PjBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA materi mengubah bentuk energi. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai presentase siswa setelah diberi perlakuan adalah 86,3%, nilai ini termasuk kategori yang dinyatakan sudah mencapai ketuntasan dalam hasil belajar psikomotor yaitu 66-88% (baik). Hasil uji analisis data menggunakan one sample t test dengan taraf signifikan 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh nilai t hitung&gt; t tabel, yaitu 9,111 &gt; 2,045 yang berarti Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Dalam penelitian ini siswa sangat bersemangat dan aklif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model PjBL baik secara berkelompok maupun individu, penelitian ini dapat meningkatkan kreativitas serta menjadikan pengalaman yang bermakna bagi siswa.</em></p> Khurotun Nisa’, Noly Shofiyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2232 Sun, 31 Mar 2024 17:53:08 +0000 Pemanfaatan Alat Peraga Geoboard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas V http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1903 <p><em>Penggunaan alat peraga sangat diperlukan dalam bidang pendidikan, agar proses pembelajaran siswa menjadi menarik dan tidak membosankan. Jika pembelajaran Matematika tidak dilakukan dengan cara yang menyenangkan, maka siswa akan menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan siswa akan kesulitan untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Geoboard adalah alat peraga Matematika yang berbasis digital yang di gunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa, Penggunaan alat peraga berbasis digital lebih efektif digunakan pada pembelajaran sekarang ini yang dilakukan secara online maupun offline. Selain itu, alat peraga berbasis digital juga tidak memakan banyak waktu dalam pelaksanaannya sehingga dapat lebih efektif dalam menyelesaikan materi pembelajaran dan juga siswa tidak akan lagi menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang susah dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat alat peraga geoboard berbasis digital untuk meningkatkan minat belajar Matematika pada siswa kelas V. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif deskriptif yang di lakukan pada siswa kelas V MI Darussalam sugihwaras. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara : 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi.</em></p> Moch. Bahak Udin By Arifin, Sarah Rizki Amalia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1903 Sun, 31 Mar 2024 17:59:13 +0000 Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2233 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Tingkat IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimental dengan desain one-group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kenongo 1 yang berjumlah 80 siswa. Sampel diambil sebanyak 23 siswa dari kelas IV-A dengan menggunakan teknik random sampling dari semua kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Dimana tes ini dilakukan sebelum diberikan perlakuan berupa model Quantum Teaching berbantuan Media Audio Visual (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan dengan model Quantum Teaching berbantuan Media Audio Visual (posttest). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Quantum Teaching dengan berbantuan Media Audio Visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran IPA materi Transformasi Energi disekitar Kita. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai presentase siswa setelah diberikan perlakuan adalah 85, nilai ini termasuk kategori yang dinyatakan sudah mencapai ketuntasan dalam hasil belajar kognitif IPA karena acuan KKM yang digunakan pada mata pelajaran IPA di SDN Kenongo 1 sebesar 75. Hasil uji analisis data menggunakan t-test berpasangan yang menghasilkan nilai signifikansi 0,001 atau nilai signifikansi &lt; Tingkat signifikansi yang digunakan 0,05. Diperoleh hasil t<sub>hitung </sub>26,990 &gt; t<sub>tabel </sub>2,045 yang dimaksud bahwa H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima. Dalam penelitian ini siswa sangat bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching dengan berbantuan Media Audio Visual baik secara berkelompok maupun individu, penelitian ini dapat menjadikan pengalaman yang bermakna bagi setiap siswa. </em></p> Nafa Amalia Wachidah; Noly Shofiyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2233 Sun, 31 Mar 2024 18:18:34 +0000 Strategi Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa melalui Kegiatan Apel Pagi di MIN 1 Langkat http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2210 <p><em>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh MIN 1 Langkat dalam meningkatkan sikap disiplin pada siswa.&nbsp; Adapun metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif yang bertujuan memaparkan hasil penelitian melalui narasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini&nbsp; dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan MIN 1 Langkat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa ialah melalui kegiatan apel pagi. Kegiatan apel pagi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menanamkan kebiasaan sikap disiplin pada siswa.&nbsp; Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari berbagai hal diantaranya: seluruh siswa yang selalu datang tepat waktu dan tidak terlambat datang ke sekolah. Begitu juga dengan para guru dan staff&nbsp; yang selalu datang tepat waktu. Para guru selalu datang lebih awal setiap pagi hari untuk menyambut para siswa di depan gerbang dengan bersapa, salam dan senyum kepada siswa. Kegiatan apel pagi di MIN 1 Langkat diisi dengan melafalkan surah-surah pendek dan bersholawat bersama-sama.</em></p> Enda Lovita Pandiangan, Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Faridah Hanum, Firman Maulana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2210 Sun, 31 Mar 2024 18:29:41 +0000 Pendidikan Islam dalam Perspektif Trimurti Pendiri Pesantren Gontor http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2035 <p><em>Modernisasi pendidikan Islam di satu sisi, lahir dari pengaruh modernisasi pemikiran Islam, termasuk didalamnya modernisasi bidang pendidikan. Di sisi lain, modernisasi ini dipengaruhi oleh model pendidikan yang dibawa oleh penjajah belanda. Pondok Modern Darussalam Gontor Lahir, tahun 1926 ditengah hangatnya pertemuan dua sistem pendidikan; sistem pendidikan modern barat dan sistem pendidikan modern Islam yang dimotori oleh gerakan modernis dan reformis muslim. Suasana ini tidak dapat dipungkiri ikut mewarnai pembukaan Gontor Baru.Pondok gontor baru dibangun di atas warisan nilai-nilai luhur pesantren yang diintegrasikan dengan sistem dan metode pendidikan modern. Idealisme, jiwa dan falsafah hidup pesantren tetap menjadi ruh pondok gontor.Tetapi penanaman itu dilakukan secara efektif dan efesien dengan menggunakan sistem dan metode pendidikan modern. Cara ini pada berikutnya dapat melahirkan dan mengembangkan etos–etos tertentu yang membuat anak didik menjadi lebih dinamis, kritis dan kreatif. Tulisan ini, mencoba menelaah konsep pendidikan modern yang digagas oleh pendiri pondok modern darussalam gontor, dalam cakupan pembaruan pendidikan Islam di Indonesia pada saat itu.</em></p> Ayu Pramudia Kusuma Wardani, Rustam Ibrahim ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2035 Sun, 31 Mar 2024 18:36:03 +0000 Teacher Strategies in Creating Fun Learning for Class IV Students of Madrasah Ibtidaiyah http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2134 <p>This article is the result of field research, qualitative with a study approach on class IV students of Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Balongpanggang Gresik. The data was collected from interviews, observations, and document tracing. The results show that: the teacher's strategy in creating fun learning is to involve children directly in teaching, emphasizing increasing learning motivation, using interesting and varied learning methods, using play strategies while learning or ice breaking.</p> Achmad Anwar Abidin, Ismawati Ismawati, Suyadi Suyadi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2134 Thu, 04 Apr 2024 12:02:33 +0000 Analisis Komprehensif Komunikasi Organisasi: Studi Lapangan tentang Jenis, Prinsip, Gaya, dan Proses http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2235 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis komprehensif komunikasi organisasi: studi lapangan tentang jenis, prinsip, gaya, dan proses yang terjadi antara kepala madrasah dan guru-guru di MTsS Darussalam Dsa Durian, Kec. Sei Balai, Kab. Batu Bara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah1 kepala madarsah dan 15 guru-guru yang mengajar di MTsS Darussalam Desa Durian, Kec. Sei Balai, Kab.Batu Bara. Berdasarkan hasil olah data dan temuan akhir dari penelitian ini,&nbsp; peneliti menyimpulkan jenis komunikasi yang diterapkan Kepala Sekolah yaitu komunikasi atasan ke bawahan (downward communication) dan komunikasi bawahan ke atasan (upward communication). Adapun prinsip-prinsip komunikasi organisasi yang diterapkan kepala madarasah antara lain yaitu: memberi salam bila bertemu, berbicara dengan lemah lembut, perkataan yang baik dan nasehat yang penuh hikmah , menyebut hal-hal yang baik tentang komunikan, menyesuaikan bahasa dan isi pembicaraan dengan keadaan komunikan, berdiskusi dengan cara yang baik, dan lebih dahulu memberi teladan sebelum mengadakan komunikasi. Sedangkan gaya komunikasi organisasi yang diterapkan adalah&nbsp; gaya dominan (dominant style, gaya dramatis (dramatic style), gaya santai (relaxes style), Gaya atentif (attentive style), Gaya bersahabat (friendly style) dan gaya yang tepat (precise style). Proses komunikasi antara kepala madrasah dengan para guru di luar waktu kegiatan pembelajaran adalah secara informal, atau dengan kata lain dengan kekeluargaan. Sedangkan proses komunukasi antara kepala madrasah dengan guru saat pembelajaran berlangsung adalah secara formal.</em></p> Anisa Maulidya, Sonia Purba Tambak, Euis Indah Kesuma Ningsih, Miftah Royyani, Mesiono Mesiono ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2235 Thu, 04 Apr 2024 12:11:46 +0000 Dalil-dalil Moderasi Beragama http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2236 <p><em>Moderasi dalam praktik keagamaan mencakup pemahaman dan pelaksanaan ibadah yang seimbang tanpa ekstremisme atau kelebihan. Fokus artikel ini adalah untuk menelusuri apakah Al-Quran dan Hadis, sebagai kitab suci umat Islam, memiliki kemungkinan mendorong tindakan kekerasan dan teror terutama terhadap pemeluk agama lain. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode tafsir maudhu’i, yaitu memilih topik tertentu, menyoroti beberapa ayat Al-Quran dan Hadis yang berkaitan dengan moderasi keagamaan, serta mengaitkannya dengan konteks-konteks yang relevan terhadap permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian menegaskan bahwa Al-Quran dan Hadis tidak mendorong umat Islam untuk bertindak secara kekerasan, ekstrem, atau melampaui batas dalam menjalankan agama. Al-Quran dan Hadis justru menekankan bahwa pemahaman dan praktik agama seharusnya melalui jalan tengah yang menampilkan sifat-sifat ramah, lembut, dan penuh kasih sayang. Keseimbangan dianggap sebagai aspek yang sangat penting, sejalan dengan harmoni kehidupan dalam hukum alam. Ketidakseimbangan di dalamnya bisa membawa kehancuran bagi dunia ini.</em></p> Abdul Azis, Elly Warnisyah Harahap ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2236 Thu, 04 Apr 2024 12:17:15 +0000 Pemahaman Al-Qur'an dalam Perspektif Hermeneutika Abid Al-Jabiri http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2237 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengulas hermeneutika yang digunakan oleh Abid al-Jabiri dalam dua bukunya, yaitu "Madkhal Ila al-Qur’an al-Hakim" dan "Fahm al-Qur’an al-Karim." Studi ini menjelaskan penggunaan hermeneutika sebagai model kajian al-Qur'an dalam konteks masyarakat Muslim kontemporer. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengungkapkan cara Abid al-Jabiri melihat al-Qur'an melalui kacamata realitas, mengubah pendekatan dari teks menuju realitas. Penelitian juga mencoba untuk menguji pengaruh Abid al-Jabiri dengan teori hermeneutika lainnya seperti Gadamer dan Paul Ricoeur. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis tekstual dari kedua buku Abid al-Jabiri dan perbandingan dengan teori-teori hermeneutika lainnya. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang pemikiran hermeneutika dalam pemahaman al-Qur'an dalam konteks kontemporer.</em></p> Zulkarnaen Zulkarnaen, Abdul Azis ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2237 Thu, 04 Apr 2024 12:25:02 +0000 Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Sekolah Menengah Kejuruan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2238 <p><em>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran siswa SMK melalui Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) fase EF yaitu tes kebugaran jasmani untuk anak sekolah SMA/SMK. Tes yang digunakan yaitu hand and eye coordination test, vertical jump test, T-Test, hand touch reaction test, dipping test dan Bleep Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif, analisis data yang digunakan dari penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Dengan tes hasil kordinasi mata tangan (Hand and eye) dengan nilai rata rata sebesar 18 tangkapan detik tergolong kategori baik, tes melompat secara tegak lurus ke atas (vertical jump)dan nilai rata rata sebesar 46,45 cm dalam kategori sedang,T-test dengan nilai rata rata sebesar 12,68 detik tergolong dalam kategori sedang, hand touch reaction test dengan nilai rata rata sebesar 0,987 detik tergolong kategori baik,diping test dengan nilai rata rata sebesar 20,3 repetisi tergolong kategori baik, bleep test dengan persentase 69% dalam kategori kurang.bahwa hasil dari penelitian tingkat kebugran jasmani siswa putra sekolah menengah kejuruan adalah sedang.</em></p> Vindo Rizky Anwar, Satrio Armando Marbun, Nita Karolina Sembiring, Christian Sihombing, Kirana Ginting ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2238 Thu, 04 Apr 2024 12:32:01 +0000 Strategi Komunikasi Guru melalui Penggunaan Media Digital di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2239 <p><em>Artikel ini mengulas peran strategi komunikasi guru melalui penggunaan media digital di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang sehubungan dengan meningkatnya penggunaan ponsel di Indonesia. Dengan populasi yang terlibat dalam teknologi, pendekatan komunikasi guru melalui media digital menjadi krusial dalam mendukung interaksi, pendidikan, dan pembelajaran di lingkungan sekolah. Media digital seperti presentasi multimedia, video pembelajaran, aplikasi daring, dan media sosial internal digunakan oleh guru sebagai alat untuk memfasilitasi kolaborasi, pertukaran informasi, dan penyampaian materi pelajaran. Meskipun demikian, tantangan seperti overload informasi, keterbatasan pemanfaatan teknologi, dan risiko kesalahan komunikasi memerlukan perhatian khusus dalam mengoptimalkan strategi ini di lingkungan pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana strategi komunikasi melalui media digital memengaruhi pendidikan di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang dan menyoroti tantangan yang perlu di atas i untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam proses pembelajaran.</em></p> Nuraisyah Sitorus, Nur Azizah, Ridho Khairul Azizi Siregar, Rubino Rubino, Mesiono Mesiono ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2239 Thu, 04 Apr 2024 12:38:50 +0000 Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Kebugaran Siswa Indonesia pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Medan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2240 <p><em>Tes kebugaran siswa Indonesia (TKSI) merupakan tes kebugaran jasmani yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas TKSI pada siswa kelas XI SMAN 13 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain uji coba. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas XI SMAN 13 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TKSI memiliki validitas yang tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi antara TKSI dengan tes kebugaran jasmani lain, yaitu Hand and eye cordination test, Vertical jump test, T Test, Hand touch reaction test, Dipping Test, Beep test. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa TKSI merupakan tes kebugaran jasmani yang valid dan reliabel untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa Indonesia.</em></p> Murniwati Tumangger, Bertobat Lubis, Dian Pratama Manihuruk, Ronaldo Situmeang, Henok Melok Tampubolon, William Haganta Ginting ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2240 Thu, 04 Apr 2024 12:47:17 +0000 Meningkatkan Gaya Hidup Bugar di Kalangan Remaja melalui Evaluasi Hasil Tes Kebugaran Siswa Indonesia http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2037 <p>This study aims to evaluate the impact of using fitness tests on improving healthy lifestyles among teenagers in Indonesia. In achieving this goal, this study was conducted by observing the effectiveness of fitness tests as a tool to encourage adolescents to adopt an active and healthy lifestyle. The method used is the application of fitness tests to students in several schools in Indonesia. After that, an evaluation of the results of this fitness test was carried out to measure changes in physical activity and awareness of the importance of a healthy lifestyle among teenagers. The research results show that the use of fitness tests can increase students' awareness of the importance of physical activity and a healthy lifestyle. Apart from that, the test results are also able to provide a clear picture of the student's physical fitness condition, allowing for more targeted monitoring of positive behavioral changes. In conclusion, evaluating fitness test results can be an effective tool in improving a fit lifestyle among Indonesian teenagers.</p> Wardhatul Jannah, Joy Parulian Sitanggang, Jetun Litwan Kaloko, Maria Astuti Astia Nababan, Dauglas Alfredy Bukit, Sedrahta Arona Kemit ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2037 Thu, 04 Apr 2024 12:51:36 +0000 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKN di SD 060863 Medan Timur http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2174 <p><em>Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 September&nbsp; s/d 7 Oktober 2023 di SD 060863 Medan Timur pada siswa kelas 5 B yang berjumlah 25 siswa dengan jumlah 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Proses pengambilan data dilaksanakan dengan melakukan penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PKn. Sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan dilakukan wawancara terhadap guru sebagai instrumen pendukung menguatkan instrument tes (instrumen utama).</em></p> <p><em>Dalam meeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar kita harus menyesuaikan strategi model pembelajaran dengan kemampuan peserta didik dan mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari disekolah dasar. Problem Bassed Learning merupakan salah Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran PKn SD 060863 Tahun Ajaran 2023/2024. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa ditandai dengan meningkatnya rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dari Siklus I ke Siklus II sebesar 51,61 % menjadi 70,97 %.</em></p> Fitriani Fitriani, Karina Wanda ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2174 Thu, 04 Apr 2024 12:57:01 +0000 Pengertian, Tujuan, dan Objek Kajian Sains http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2241 <p><em>Manusia pada hakikatnya akan selalu mengikuti perkembangan zaman dan akan selalu berusaha untuk mengikutinya. Maka, manusia perlu meningkatkan kemampuannya dalam Pendidikan ilmu pengetahuan, termasuk menigkatkan kemampuan berpikir. Salah satu pemicu berkembangnya zaman adalah munculnya pengetahuan-pengetahuan baru yang rasional dan telah diuji kebenarannya. Pengetahuan dasarnya bermula dari sains. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjelaskan mengenai pengertian, ruang lingkup, dan objek kajian dari sains. Metode yang digunakan adalah penelitian bahan pustaka atau library research, di mana buku, majalah, dan bahan bacaan yang lainnya menjadi sumber utama pada penelitian ini. Sains adalah cabang ilmu pengetahuan yang memiliki sifat yang kongkrit, rasional, teruji, dan dapat dirasakan oleh indra manusia.</em></p> Nurul Liza Nasution, Salminawati Salminawati, Raisa Nur Salum, Ira Wahyuni Br Tarigan ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2241 Thu, 04 Apr 2024 13:04:44 +0000 Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru dalam Meciptakan Proses Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2242 <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh ketersediaan fasilitas sekolah terhadap kinerja guru dalam menciptakan proses pembelajaran efektif. Fasilitas pembelajaran merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk memperlancar kegiatan pendidikan Sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuisioner atau angket, populasi yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 guru dan sampel yang digunakan juga berjumlah 10 yakni guru di SDN 153/X harapan makmur. Kinerja guru merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan, selain itu juga menjadi penentu tigkat mutu pendidikan. Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peseta didik merasa lebih nyaman, dengan kinerja guru yang benar dan memanfaatkan fasilitas pembelajaran pastinya akan menciptakan pembelajaran efektif. Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.002 &lt; 0.05, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas pembelajaran terhadap kinerja guru. </em></p> Eka Rosmawati, Linda Agustian, Hendriani Hendriani, Eka Sastrawati, Nazurti Nazurti, Indryani Indryani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2242 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Membaca Siswa Kelas 4 SDN 001 Sawah Baru Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2049 <p><em>Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat membaca siswa kelas IV UPT SDN 001 Sawah Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan literasi terhadap minat baca siswa dan untuk mengetahui dampak gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca siswa kelas IV UPT SDN 001 Sawah Baru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis, yang dilaksanakan di kelas tinggi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV. Pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. </em><em>Adapun hasil dari penelitian ini adalah proses kegiatan literasi terhadap minat baca siswa ini dilakukan dengan cara melakukan pembiasaan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran di pojok baca kelas dan melakukan kunjungan setiap minggunya ke perpustakaan sekolah. Dampak gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca siswa adalah siswa menjadi terbiasa dalam membaca sehingga </em><em>kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran menjadi lebih baik, dan dengan demikian hasil belajar siswa pun dapat meningkat atau membaik.</em></p> Riona Fitri, Putri Hana Pebriana, Yanti Yandri Kusuma, Iis Aprinawati, Rizki Ananda ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2049 Thu, 04 Apr 2024 13:17:03 +0000 Implementasi Pelatihan Kurikulum Merdeka di SMKS al Washliyah 9 Perbaungan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2243 <p><em>Pelatihan merupakan proses untuk membentuk dan membekali guru dengan menambah keahlian, kemampuan, pengetahuan dan perilakunya. Artinya pelatihan akan membentuk perilaku guru yang sesuai dengan yang diharapkan sekolah, misalnya sesuai dengan budaya sekolah. Kemudian akan membekali guru dengan berbagai pengetahuan, kemampuan, dan keahlian, sesuai dengan bidang pekerjaannya. Masih banyak guru yang belum memahami secara teoretis dan praktis kebijakan merdeka belajar padahal pemahaman guru terhadap reformasi kurikulum sangat esensial. Guru merasa kesulitan menerapkan kebijakan merdeka belajar di sekolah dan di kelas. Oleh karena itu, sangat diperlukan pelaksanaan pelatihan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka pada era sekarang ini.</em></p> Nuraisyah Sitorus, Nur Azizah, Siti Khalijah Simanjuntak, Khairani Khairani, Neliwati Neliwati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2243 Thu, 04 Apr 2024 15:33:06 +0000 Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Minat Belajar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2244 <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa yang belum mempunyai keseimbangan antara kemampuan berpikir kritis dengan minat belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ditinjau dari Minat Belajar” kelas VIII D MTs Ma’ahid Kudus.</em></p> <p><em>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif yang dilaksanakan di kelas VIII D MTs Ma’ahid Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan minat belajar siswa yang telah dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan Berpikir Kritis ini dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data diambil melalui tes kemampuan berpikir kritis dan pengisian angket minat belajar. Analisis data dimulai dengan memahami seluruh data kemudian dikelola dengan berbagai sumber, yaitu hasil tes tertulis kemampuan berpikir kritis dan lembar angket. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang hubungan antara minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta memperkaya pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kemampuan berpikir kritis di tingkat pendidikan menengah pertama. </em></p> <p><em>Jika ditelaah kembali menurut tahapan Polya maka subjek yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi memenuhi semua urutan dalam menyelesaikan masalah yaitu memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, melaksanakan rencana tersebut, dan yang terakhir mengecek ulang hasil yang sudah didapatkan, sedangkan&nbsp; yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang memenuhi&nbsp; tiga urutan dalam menyelesaikan masalah yaitu memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikan masalah dan&nbsp; melaksanakan rencana tersebut dan untuk subjek yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah hanya memenuhi satu urutan dalam menyelesaikan masalah yaitu memahami masalah.</em></p> Ifada Nurma Devia Fachrunnisa, Jayanti Putri Purwaningrum, Sumaji Sumaji ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2244 Thu, 04 Apr 2024 15:39:33 +0000 Toleransi antar Sesama Pemeluk Agama http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2245 <p><em>Keragaman agama, suku, ras dan budaya di Indonesia sudah dikenal sejak dahulu. Ditemukan banyak perbedaan dalam keragaman yang dapat memicu konflik jika tidak dibina dan dirawat dengan baik. Di antara hal yang paling urgen adalah pengembangan sikap toleran. Prinsip-prinsip toleransi sesungguhnya ditemui dalam tuntunan semua agama, khususnya Islam. Islam mengakomodir kebebasan beragama dan budaya bagi siapapun dan tidak pernah memaksakannya kepada siapapun sebagaiana tertulis dalam lembaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan Islam terkait toleransi secara teoretis, dasar dan pengembangannya. Penelitian ini adalah berjenis kepustakaan atau library research yang disusun secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah mengungkap sejarah toleransi dalam Islam, dasar toleransi antar pemeluk agama dalam Islam, prinsip-prinsip toleransi&nbsp; dalam beragama serta pengembangan sikap toleransi.</em></p> Azhar Azhar ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2245 Thu, 04 Apr 2024 15:49:03 +0000 Makna Kalimatun Sawa terhadap Relevansi Wacana Inklusivisme Agama dan Realitas Peradaban Manusia, Butir Pemikiran Nurcholish Madjid http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2246 <p><em>Dalam tema besar agama dan pluralitas kehidupan manusia, Inklusivisme agama merupakan hal yang harus menjadi fokus kajian serius. Nurcholish Madjid adalah tokoh yang serius dalam menkaji diskursus ini. Dalam era 60-70 an berbagai kontroversial beliau hadapi dalam mempertahankan argumentasinya. Pertanyaan yang paling mendasar adalah bahwa, apa yang terjadi dengannya, mengapa gagasan dan pemikirannya tidak disetujui oleh banyak kalangan saat itu?. Dalam konteks ini kita dapat menganalisis jawabannya. Hal tersebut disebabkan sebagian masyarakat tidak memahami dengan baik ide, konsep dan gagasan beliau. Untuk itulah diperlukan kajian hermeneutika dalam memahami teks, bukan saja kitab suci, memahami pikiran para penafsir kitab suci juga dapat dilakukan melalui pendekatan ini.&nbsp; Makalah ini membahas ide dan gagasan faham Inklusivisme Agama melalui pendekatan Hermeneutik kritis-komunikatif Jurgen Hubermas, kita akan mengetahui ide dan gagasan Inklusivisme agama melalui pendekatan in.</em></p> Muhammad Supawi, Arifinsyah Arifinsyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2246 Thu, 04 Apr 2024 15:58:02 +0000 Perencanaan Peserta Didik Berbasis Nilai-nilai Islam http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2247 <p><em>Konsep perencanaan peserta didik adalah suatu proses yang sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu membentuk peserta didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Islam, perencanaan peserta didik memiliki kaitan yang erat dengan nilai-nilai Islam. Hal ini karena tujuan pendidikan Islam adalah untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah. Akhlakul karimah merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode tafsir tematik. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Al-Qur'an memberikan arahan yang jelas terkait manajemen sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, di mana tujuan utamanya adalah menggambarkan fenomena atau realitas yang ada tanpa menguji hipotesis atau membuat generalisasi. Fokus penelitian ini bukanlah untuk menguji suatu asumsi, melainkan hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang suatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan melalui referensi buku, jurnal, internet, dan sumber bacaan lain yang relevan dengan tema yang dibahas.</em></p> Muhammad Iqbal ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2247 Thu, 04 Apr 2024 16:03:47 +0000 Meningkatkan Kemampuan Mengeluarkan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Brainstorming pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2248 <p><em>Dalam penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat melalui model pembelajaran brainstorming pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara. Dalam penelitian ini peneliti menggukan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan dapat berpikir kritis agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, data yang didapatkan melalui tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. agar data yang didapatkan sesuai dengan data lapangan serta demi untuk memperkuat data yang dapatkan. Adapun hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I mengalami peningkatan dari siswa yang aktif 4 orang dari 27 siswa dengan hasil persentase 15%, cukup aktif 12 orang 44% dan kurang aktif 11 orang 41%. Sementara pada pertemuan 2 siklus 1 siswa yang aktif 11 orang 41%, cukup aktif 9 orang 33% dan kurang aktif 7 26%. Pada siklus II siswa yang aktif 18 orang 67%, siswa yang cukup aktif 7 orang 26% dan kurang aktif 2 orang 7% sedangkan pada pertemuan 2 siswa yang aktif 23 orang 85% dan cukup aktif 4 orang 15%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara.</em></p> Indriyani Ajunu, Zulaecha Ngiu, Asmun W Wantu ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2248 Thu, 04 Apr 2024 16:09:52 +0000 Supervisi Manajerial Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mesuji http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2249 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervise manajerial yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Mesuji yang berada di kabupaten Mesuji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan Supervisi Manajerial Kepala Madrasah yaitu pertama menetapkan&nbsp; Tujuan dan Standar supervise manajerial yang akan dilakukan,&nbsp; kedua melakukan Identifikasi Kebutuhan dalam melaksanakan supervise manajerial, ketiga, menyusun program supervise. 2) Koordinasi dalam rencana program supervisi manajerial yaitu pertama, sosialisasi Pemahaman Visi dan Misi madrasah, kedua Penyusunan Rencana Strategis secara bersama, membangun Komunikasi yang Efektif dengan seluruh tenaga kependidikan.3)Pelaksanaan Supervisi manajerial yaitu: pertama, menyampaikan Waktu pelaksanaan kepada tenaga kependidikan sesuai dengan program yang telah dibuat, kedua berkoordinasi dan komunikasi dengan tim supervise, ketiga, melaksanakan kegiatan Supervisi. 4) Melakukan Penilaian yaitu: pertama Penentuan Tujuan evaluasi/penilaian, kedua melakukan pengumpulan data, ketiga melakukan analisis data, keempat melakukan interpretasi hasil penilaian, kelima, membuat rekomendasi dan keenam mengkomunikasikan hasil supervise manajerial. 5) Pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) kependidikan, yaitu pertama, Pengadaan Sumber Daya Manusia (SDM), kedua mengadakan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ketiga melakukan evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia (SDM), keempat melakukan motivasi dan penghargaan, kelima peningkatan kesejahteraan dan keenam, menciptakan budaya organisasi yang positif serta ke tujuh pengembangan dan pengelolaan karier.</em></p> Eko Widiyanto, Ahmad Fauzan, Sovia Mas Ayu ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2249 Thu, 04 Apr 2024 16:15:25 +0000 Eksklusi Sosial dalam Dunia Pendidikan di Indonesia: Studi Kasus: Kesenjangan Digital dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2250 <p><em>Sejak COVID-19 menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia, pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui internet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona, terutama pada anak-anak. Kegiatan PJJ sudah diberlakukan sejak bulan April 2020 sampai saat ini. Dilansir dari laman covid19.go.id, terdapat beberapa daerah yang masih berada di zona merah, yaitu memiliki resiko tinggi terhadap penularan COVID-19. Daerah lain didominasi dengan warna oranye, menunjukkan resiko penularan virus Corona dalam tingkat sedang. Sedangkan zona kuning menandakan tingkat resiko rendah, dan zona hijau artinya tidak ada kasus. Khusus bagi zona kuning dan hijau, pemerintah kembali memperbolehkan pembelajaran tatap muka. Lain halnya dengan daerah yang masih memiliki resiko penyebaran dalam tingkat sedang hingga tinggi, keduanya harus mematuhi aturan untuk tetap belajar secara daring. Pembelajaran Jarak Jauh tentunya tidak serta merta berjalan mulus. Ada banyak hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya. Baik guru maupun peserta didik harus beradaptasi dengan model belajar darurat seperti ini.</em></p> <p><em>Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri terkait pelaksanaan pembelajaran di zona selain merah dan oranye, yakni di zona kuning dan hijau, untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Prioritas utama pemerintah adalah untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi COVID-19. Kondisi Pandemi COVID-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal. Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta peserta didik melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh. Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diantaranya kesulitan guru dalam mengelola PJJ dan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Sementara itu, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal karena harus bekerja ataupun kemampuan sebagai pendamping belajar anak. Para peserta didik juga mengalami kesulitan berkonsentrasi belajar dari rumah serta meningkatnya rasa jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan jiwa.</em></p> <p><em>Untuk mengantisipasi kendala tersebut, Pemerintah mengeluarkan penyesuaian zonasi untuk pembelajaran tatap muka. Dalam perubahan SKB Empat Menteri ini, izin pembelajaran tatap muka diperluas ke zona kuning, dari sebelumnya hanya di zona hijau. Prosedur pengambilan keputusan pembelajaran tatap muka tetap dilakukan secara bertingkat seperti pada SKB sebelumnya. Pemda/kantor/kanwil Kemenag dan sekolah memiliki kewenangan penuh untuk menentukan apakah daerah atau sekolahnya dapat mulai melakukan pembelajaran tatap muka. Penentuan zonasi daerah sendiri tetap mengacu pada pemetaan risiko daerah yang dilakukan oleh satuan tugas penanganan COVID-19 nasional, yang dapat diakses pada laman https://covid19.go.id/peta-risiko. Berdasarkan pemetaan tersebut, zonasi daerah dilakukan pada tingkat kabupaten/kota. Terkecuali untuk pulau-pulau kecil, zonasinya menggunakan pemetaan risiko daerah yang dilakukan oleh satgas penanganan COVID-19 setempat.</em></p> Meika Pasondi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2250 Thu, 04 Apr 2024 16:22:12 +0000 Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2258 <p><em>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar dan peningkatan pemahaman berhitung siswa melalui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan berbasis TPACK di sekolah. Sejalan dengan pandangan dunia modern pembelajaran abad 21, yang mengharuskan pengajar mampu menampilkan pembelajaran yang dapat mendorong pergerakan siswa di dalam kelas pada saat persiapan pembelajaran. Strategi yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah strategi pertimbangan penulisan atau audit penulisan. Hasil dari renungan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman berhitung dan peningkatan hasil belajar anggota.</em></p> Sayfudin Zuhdi, Astuti Hidayati, Linda Agustian, Pratiwi Saputri, M. Asyraf, Tio Tanra Azaria, Eka Rosmawati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2258 Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Tari Pendidikan bagi Siswa Sekolah Dasar Fase A http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2190 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tari </em><em>p</em><em>endidikan sebagai bahan ajar praktik seni tari bagi siswa sekolah dasar di fase A. </em><em>M</em><em>etode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian berupa draf produk bahan ajar praktik seni tari yang berisi 6 tarian dengan menggunakan lagu anak, lagu daerah, dan lagu umum yang sesuai dengan perkembangan anak. Tari disusun dalam format tunggal dengan mengembangkan pola gerak di tempat, dan pola gerak berpindah tempat. Empat </em><em>t</em><em>ari disusun agar bisa ditarikan oleh siswa laki-laki dan </em><em>p</em><em>erempuan, dan 2 tari disusun dengan karakter gerak yang berbeda agar siswa mampu membedakan karakter gerak putra dan putri.</em></p> Prasena Arisyanto, Purwadi Purwadi, Mei Fita Asri Untari, Riris Setyo Sundari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2190 Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000 PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DIGITAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik) http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2254 <p><em>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan masyarakat modern. Teknologi informasi dan komunikasi mencakup berbagai perangkat keras (seperti komputer, smartphone, jaringan komunikasi) dan perangkat lunak (aplikasi, sistem operasi, platform online) yang digunakan untuk mengakses, memproses, dan menyebarkan informasi. Digitalisasi pesantren dalam era Industri 4.0 dan era Society 5.0 menawarkan peluang besar serta tantangan bagi pesantren di Indonesia. Pelatihan di pondok pesantren memainkan peran penting dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional, agama, adat istiadat, dan kehidupan sosial yang berakar dalam masyarakat. Salah satu peluang yang ditawarkan oleh digitalisasi adalah akses yang lebih luas terhadap informasi dan pengetahuan. Namun, tantangan juga muncul seiring dengan digitalisasi pesantren. Salah satunya adalah memastikan bahwa nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal tetap terjaga dalam transformasi digital. Dalam menghadapi peluang dan tantangan digitalisasi, penting bagi pesantren untuk mengembangkan strategi yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi pesantren yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya digitalisasi pendidikan di Pondok Pesantren Al Ishlah Bungah Gresik, Jawa Timur dalam era Industri 4.0 dan Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dan termasuk dalam penelitian lapangan (<strong>field research</strong>). Pondok Pesantren Al Ishlah Bungah Gresik telah melakukan beberapa upaya dalam bidang digitalisasi untuk menghadapi era Industri 4.0 dan Society 5.0. Salah satu upaya tersebut adalah melatih santri dalam literasi digital melalui penyediaan lab komputer dengan akses internet. Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh Pondok Pesantren Al Ishlah dalam mengimplementasikan digitalisasi. Salah satunya adalah kurangnya tim operator yang berdedikasi dan memiliki kemampuan teknis yang baik dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pekerjaan, dan evaluasi terkait situs web pesantren dan media sosial. Untuk mengatasi tantangan ini, Pondok Pesantren Al Ishlah Bungah Gresik dapat mempertimbangkan pelatihan dan pengembangan tim yang bertanggung jawab atas manajemen teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, penting untuk merencanakan anggaran dan sumber daya yang memadai untuk pemeliharaan sistem agar dapat berjalan secara optimal.</em></p> Abdul Muid, Bustanul Arifin, Amrulloh Karim ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2254 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘ilmi Jambi http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2263 <p><em>Penilaian merupakan suatu komponen pembelajaran yang sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena penilaian dapat mengontrol pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Penilaian tersebut harus dilaksanakan berdasarkan metode penilaian yang ketat, dan berdasarkan standarnya, khususnya standar komprehensif, progresif, obyektif, substansial, edukatif, terbuka dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran di lembaga pendidikan. Sesuai dengan pertanyaan yang terjadi, latihan penilaian atau Evaluasi</em> <em>di SDIT NURUL 'ILMI JAMBI dilaksanakan dengan menggunakan metode yang ketat, sesuai dengan standar tersebut dengan bentuk penilaian yang berbeda-beda, baik dari segi persiapan maupun penyelidikan. Dengan cara ini, penilaian yang dilakukan benar-benar memberikan informasi akurat yang dapat menggambarkan kemajuan siswa sebagaimana adanya, sehingga juga memberikan masukan untuk melakukan perubahan dan memutuskan pendekatan kemajuan yang tepat untuk tahap berikut nya . Selanjutnya dampak positifnya dapat menjadikan sekolah mampu bersaing dalam dunia pendidikan, mewujudkan pendidikan bermutu dengan akreditasi dan berlisensi</em> <em>A, serta menjadi</em> <em>lembaga pendidikan yang banyak peminatnya.</em></p> Astuti Hidayati, Sayfudin Zuhdi, Nazurti Nazurti, Indryani Indryani, Eka Sastrawati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2263 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Analisis Butir Soal Komputer Materi Corel Draw Tingkat Sekolah Dasar http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2231 <p><strong><span class="label">DO</span><span class="label">I:</span></strong><em><span class="label">&nbsp;</span></em><a href="https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2231"><span class="value">https://doi.org/10.36835/modeling.v11i1.2231</span></a></p> <p><em>Pembelajaran komputer dimasukkan di jenjang Pendidikan sekolah dasar sebagai materi muatan lokal. Salah satu topik yang diajarkan adalah corel draw. Materi ini khususnya diajarkan pada murid jenjang kelas 5 sekolah dasar. Kemampuan yang dilatihkan meliputi pengenalan icon dan tools yang terdapat di aplikasi corel draw, bagaimana membuat garis dan bentuk, menggunakan warna dan mengaplikasikannya pada desain yang mereka buat. Kemampuan ini perlu diukur tingkat ketercapaiannya dengan berbagai macam tes agar guru tahu sampai sejauh mana materi sudah dikuasai murid-murid. Tes pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi capaian adalah mengembangkan butir soal dengan menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS 22 dan aplikasi Microsoft excel, kemudian dijelaskan secara deskriptif untuk mengambil kesimpulan. Hasil ini meliputi empat hal antara lain (1) validitas diperoleh hasil 7 soal tidak valid. Sedangkan 8 soal dinyatakan valid dengan nilai validitas yang berbeda; (2) reliabilitas dinyatakan dengan nilai 0,574; (3) daya pembeda instrument tes ini kategori baik dengan sejumlah 5 soal. (4) tingkat kesukaran soal tes ini kategori mudah sebanyak 11 nomor soal sehingga dapat disimpulkan masih perlu diperbaiki lagi pada soal berikutnya.</em></p> Shinta P. Rosdiana, H. Rufii ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2231 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0000 Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2083 <p>Analysis using SPSS to determine the quality of questions, question validity, reliability, difficulty level, and discriminatory power. Data were obtained from the results of the Mid-Semester Exam of 10th-grade students in Vocational High School using 20 multiple-choice questions. Analysis was conducted using SPSS version 25. From this study, the following results were obtained: (1) 20 questions were deemed valid, (2) 20 questions were considered reliable, (3) in the assessment of the difficulty level, 17 questions were of moderate difficulty, and 3 questions were of easy difficulty, and (4) the quality of questions based on the discriminatory power test revealed 8 questions in the excellent category, 9 questions in the good category, and 3 questions in the moderate category.</p> Yeni Eka Prawista, Rufii Rufii ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2083 Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000 فعالية طريقة Brain Based Learning مهارة القراءة الصف الثامن سمائل الهدى الثانوية الإسلامية دماك ٢٠٢٤ – ٢٠۲۳ http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2288 <p>يهدف هذا البحث إلى معرفة هل نموذج BBL فعال في تعليم مهارة القراءة لدى تلاميذ الصف الثامن بمدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ميجين دماك للسنة الدراسية 2023-2024. هذا البحث بحث كمي بتحليل الانحدار الخطي البسيط بحيث يكون موضوع البحث 30 تلميذا. واستخدمت الباحثة الاختبار والتوثيق في جمع البيانات لمعرفة فهم التلاميذ في درس اللغة العربية. وكان في هذا البحث متغير واحد وهو الفهم في درس اللغة العربية.</p> <p>والمشكلة السابقة بحثتها الباحثة من خلال البحث التجربي في مدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ميجين دماك. في هذا البحث مجموعتان: التجربية والضابطة. بأسلوب المعاينة العنقودية العشوائية، فاختيار الصف الثامن ب كالمجموعة التجربية والصف الثامن ج كالمجموعة الضابطة حيث عدد التلاميذ فيهما 21 تلميذا على سواء.</p> <p>فأما أساليب جمع البيانات في هذا البحث فهي الاختبار والتوثيق. يستخدم التوثيق لنيل قائمة التلاميذ لتحديد صف كعينة. ويستخدم الاختبار للحصول على نتائج الاختبار البعدي لدى تلاميذ في المجموعتين التجربية والضابطة.</p> <p>دلت نتائج البحث على أن الفهم في درس اللغة العربية لدى تلاميذ الصف الثامن بمدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ميجين دماك يكون في صنف المتوسط. دلت عليه النتيجة المتوسطة قدر 80 والانحراف المعياري قدر 1.19597.</p> <p>وحصل اختبار معامل التحديد على أن &nbsp;= 0.468 وهذا يدل على أن فهم درس اللغة العربية يأثر تأثيرا كبيرا إلى تدين تلاميذ الصف الثامن بمدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ملاطين ميجين دماك للسنة الدراسية 2019/2020. ودل اختبار فرضية البحث على أن هناك أثر معنوي بين فهم درس اللغة العربية إلى تلاميذ الصف الثامن بمدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ملاطين ميجين دماك للسنة الدراسية2023/2024 . ودلت عليه نتائج تحليل الانحدار الخطي البسيط بمستوى المعنوية 5% وتحصل على أن قيمة ف المحسوبة 175.21. إذا كانت قيمة ف المحسوبة&nbsp; ف الجدولية فيرفض فرض العدم (Ho) بمعنى معنوي، بما أن 175.21 2.14 فيستنتج أنه معنوي. وهذا يدل على أن هناك أثر معنوي بين فهم درس اللغة العربية وتلاميذ الصف الثامن بمدرسة سمائل الهدى الثانوية الإسلامية ملاطين ميجين دماك، وأن متوسط نتائج التعلم لدى التلاميذ الذين يستخدمون نموذج تعلم BBL البسيط أحسن من نتائج التعلم لدى التلاميذ الذين يستخدمون التعلم التقليدي.</p> Umi Zumrotun, Abdullah Faishol, Muhammad Nanang Qosim ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2288 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0000 Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik untuk Pengelolaan Kelas http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2282 <p>Pengelolaan kelas inklusi pastinya berbeda dengan Pengelolaan kelas reguler, dimana dalam pengelolaan kelas inklusi ini guru mempunyai peran yang lebih ekstra lagi dalam pengelolaan kelasnya. Guru juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menjaga pengelolaan kelas, kegiatan yang menarik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang kondusif. Dalam penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam Pengelolaan kelas inklusi di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma'arif 02 Jombang Kabupaten Jember. Dalam Madrasah Ibtidaiyah Al Ma'arif 02 Jombang memiliki kelas inklusi dengan anak berkebutuhan khusus, dan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk meneliti guru strategi dalam pengelolaan kelas inklusi. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data menunjukkan pengelolaan kelas inklusi di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma'arif 02 Jombang dari berbagai aspek seperti kondisi fisik, sosio-emosional, dan organisasional. Dalam pengelolaan kelas inklusi Guru menerapkan tipe kepemimpinan demokratis, memiliki sikap sabar dan telaten, serta menggunakan suara yang sesuai. Terdapat juga kendala dalam pengelolaan kelas inklusi seperti perbedaan dengan kelas reguler dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus siswa, serta sarana dan prasarana untuk kelas inklusi.</p> Evi Alfiatul Alfiah, Rizqiyah Ratu Balqis ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2282 Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000 Program Adiwiyata sebagai Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2286 <p><em>Karakter peduli lingkungan pada peserta didik di sekolah dapat dibentuk dengan menerapkan pendidikan peduli lingkungan hidup. Program Adiwiyata menjadi suatu wadah khususnya di jalur pendidikan untuk menciptakan rasa peduli terhadap lingkungan yang dilakukan oleh semua warga sekolah sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam pelaksanaan dan proses pembinaan karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Assunniyyah 45 Paseban Kencong. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan pelaksanaan program Adiwiyata, dan proses pembentukan karakter peduli lingkungan peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru,koordinator tim Adiwiyata, peserta didik, penjaga kebersihan, dan para orang tua siswa. Hasil penelitian, program Adiwiyata dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan bagi warga madrasah khususnya bagi peserta didik dengan melakukan pembinaan pembentukan karakter yang bisa menjadi bekal bagi penerus bangsa dalam melestarikan lingkungan hidup melalui Gerakan Peduli Berbasis Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).</em></p> Siti Nur Jayanti, Mar'atus Sholihah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2286 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri dalam Program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2289 <p><em>Pesantren Tahfiz Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengkhususkan pembelajarannya dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an. Pengelolaan dalam kepengurusannya dilakukan oleh Ustadz pimpinan pondok sebagai pengasuh utamanya. Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang menggunakan sistem boarding school ataupun sistem berasrama. Pendidikan di pondok pesantren ini hanya berfokus dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pembelajaran dalam mengelola program tahfiz Al-Qur’an mulai dari perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat jalannya program tahfiz Al-Qur’an dan hasil yang telah dicapai selama program tahfiz ini berjalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta mengamati setiap kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perencanaan dilakukan dengan beberapa tahap dengan beberapa pertimbangan, pengorganisasian dapat ditentukan dengan penentuan tugas yang dilakukan dalam pembelajaran, pelaksanaan dapat dilihat dari proses berjalannya program tahfiz Al-Qur’an, pengawasan dapat dilihat dari capaian hafalan santri yang tertulis dalam buku hafalan santri, faktor pendukung yaitu lingkungan sedangkan penghambat yaitu kurangnya kesungguhan dan semangat santri serta hasil dapat dilihat melalui pencapaian dan prestasi santri Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani.</em></p> Ahmad Ardhi Mauluddin Sitorus ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2289 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0000