Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Media CD Interaktif pada Materi Aksara Jawa Siswa Kelas IV SD Widya Wiyata Sidoarjo

  • Sumartini Rahaju Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Jawa, Aksara Jawa, media CD Interaktif

Abstrak

Masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran  Bahasa  Jawa adalah kurang berminatnya terhadap  materi pembelajaran Aksara Jawa. Minat siswa rendah, apalagi jika metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca Aksara Jawa masih kurang menarik. Oleh karena itu perlu menciptakan suasana pengelolaan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kemampuan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran dengan media CD interaktif sebagai media pembelajaran  kompetensi membaca Aksara Jawa. 

Penelitian ini  menggunakan pendekatan Pengembangan Pendidikan (Educational Research & Development) menurut Borg, W.R. & Gall, M.D yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian dalam enam tahap pengembangan, yaitu (1) analisis teoretis dan praktis, (2) analisis kebutuhan guru dan siswa, (3) penyusunan prototipe, (4) uji ahli, (5) revisi prototipe, dan (6) uji penggunaan produk. Pelaksanaaan analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data hasil uji ahli untuk menemukan kelemahan dan saran dari ahli atas media CD interaktif yang telah dibuat berdasarkan Kurikulum yang berlaku.

Respons siswa terhadap pengembangan strategi pembelajaran dengan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, diperoleh hasil 56,5% responden sangat setuju, 41% setuju dan 2,5% tidak setuju. Manfaat pengembangan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, direspon baik dengan 43% menyatakan sangat setuju, 50,5% setuju dan 6,5% tidak setuju. Belajar dengan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, direspon baik dengan 30% menyatakan sangat setuju, 65% setuju, dan 5% tidak setuju.  Berdasarkan simpulan penelitian ini, hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan strategi pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang disediakan sekolah.

Referensi

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Education Research: an Instrucduction (4thed). New York: Longman Inc.
Gerlach, V.S. & Ely D. P. 1980. Teaching and Media, A Systematic Approach. New Jersey : Prentice Hall Inc.
Hernowo.2005.Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan.Bandung: Mizan Learning Cente
Sadiman, Arif dkk. 2002. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumadi dan Edi Setiyanto. 2010. Permasalahan Pemakaian Bahasa Jawa Krama. Yogyakarta: Balai Bahasa Yogyakarta.
Diterbitkan
2018-02-26
Bentuk Sitasi
Rahaju, S. (2018, February 26). Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Media CD Interaktif pada Materi Aksara Jawa Siswa Kelas IV SD Widya Wiyata Sidoarjo. PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education, 3(1), 142-151. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceeding2018/article/view/264
Section
Artikel