Kontak Bahasa

Kedwibahasaan, Alih Kode, Campur Kode, Interferensi, dan Integrasi

  • Rizki Amalia Sholihah Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Kata kunci: kedwibahasaan, alih kode, campur kode, interferensi, integrasi

Abstrak

Bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer dan konvensional yang digunakan sebagai alat komunikasi tentu saja membuat penggunanya melakukan kontak dengan bahasa. Dalam penggunaan bahasa saat komunikasi tak bisa dimungkiri terjadi beberapa peristiwa yang menyebabkan terdapat perubahan dalam bahasa asli. Perubahan tersebut menimbulkan pergeseran bahasa hingga pada punahnya bahasa asli diakibatkan oleh adanya kontak bahasa yang bersifat negatif. Lima peristiwa akibat kontak bahasa adalah 1) bilingualism (kedwibahasaan); 2) alih kode; 3) campur kode dan 4) interferensi; dan 5) integrasi. Bilingualisme (kedwibahasaan) adalah peristiwa ketika sorang pengguna bahasa menggunakan dua atau lebih bahasa dalam komunikasinya. Penggunaan lebih dari satu bahasa dalam komunikasi membuat penggunanya mengalami kerancuan dalam pemilihan kosa kata maupun kalimat yang digunakan. Alih kode dan campur kode pada dasarnya memiliki ciri yang sama, sehingga untuk membedakan keduanya tidaklah mudah. Interferensi dan integrasi sebenarnya memiliki sisi yang sama, yaitu bahwa keduanya merupakan gejala bahasa yang terjadi sebagai akibat adanya kontak bahasa. Integrasi dan interferensi memiliki persamaan-persamaan antara lain bahwa baik gejala interferensi maupun integrasi bisa terjadi pada keempat tataran kebahasaan yaitu fonologi, gramatika, kosakata, dan semantik.

Referensi

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Nababan. P.W.J. 1993. Sosiolingustik. Jakarta: Gramedia.
Puspa Ruriana, Iqbal Nurul A, dan Sri Pamungkas. Interferensi Dan Integrasi Bahasa. http://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/hakikat-hakiki-kemerdekaan/interferensi-dan-integrasi/ diunduh tanggal 24 Maret 2012.
Suwandi, Sarwiji. 2010. Serbalinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Suwito. 1985. Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henary Cipta.
Thomason, Sarah G. 2001. Language Contact: An Introduction. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Waluyo, Herman J. 2008. Hand Out Perkuliahan: Sosiolinguistik. Surakarta: PPS UNS Surakarta.
Diterbitkan
2018-02-07
Bentuk Sitasi
Sholihah, R. (2018, February 7). Kontak Bahasa. PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education, 3(1), 361-376. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceeding2018/article/view/320
Section
Artikel