Meningkatkan Pengetahuan Wawasan Lingkungan Hidup Melalui APE Berbahan Limbah di RA Anak Sholeh Baujeng

  • Ismi Khoyriyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

APE (alat permainan edukatif) adalah alat yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan,dengan menggunakan APE, maka seorang pendidik akan menemukan tujuan pengajaran yang diinginkan yakni ketika peserta didik sudah mampu dalam mencapaiĀ  kegiatan pembelajaran di dalam kelas, maka APE berfungsi untuk membantu tujuan yang diinginkan tersebut, dan dari beberapa media yang ada, hanya satu media pembelajaran yakni APE berbahan limbah.

Oleh karena itu, Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Bagaimana penerapan APE brbahan limbah di RA Anak Sholeh Baujeng. 2. Bagaimana Kelemahan dan kelebihan APE berbahan limbah. Maka dari dasar focus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penerapan APE berabahan limbah di RA Anak Sholeh 2. Mengetahui Kelemahan dan kelebihan APE berbahan limbah.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mana dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik trianggulasi data yang mempunyai tiga macam teknik yakni sumber, metode, dan teori.

Dari penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan hasil yang menyatakan bahwa, penerapan APE berbahan limbah ini dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan semangat pembelajaran anak di kelas, yang mana dari pembelajaran tersebut anak-anak mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari antusias anak-anak dan respon anak-anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Selain itu dapat juga dilihat dari nilai anak-anak yang meningkat pada saat melakukan evaluasi .

Sedangkan kelemahan media APE berbahan limbah ini dapat dilihat dari penggunaan media ini apabila guru tidak bisa mngendalikan suasana di dalam kelas maka pembelajaran di dalam kelas kurang efektif atau maksimal.proses pembutan yang sangat lama, dan kurang simple dalam penyimpanannya, kelebihan media ini dapat di lihat dari keaktifan belajar anak dan nilai anak-anakĀ  meningkat, dan mendidik anak-anak tentang kekreatifan dan penggunaan limbah.

Referensi

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Jakarta, PT Rajagrafindo Persada
Anita, Sri. 2010, Media Pembelajaran, Yuma Presindo
Burhani & Novan Ardy Wiyani, 2012. format PAUD, Jakarta, Ar-Ruzzmedia.
Dhieni, Nurbiana dkk, 2008.
Hamalik, oemar, 1989. Media Pendidikan , Bandung , Citra Aditya.
Haris Herdiansyah,2 015. wawancara, observasi dan focus groups. Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada
Jalinus, Nizwardi, 2015. Media Dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Kencana
Junaidi Ghoni, 2014. metodologi penelitian kualitatif, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media
Kustiawan Usep, 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Malang, Gunung Samudra kebudayaan, dan Kementrian pendidikan, model penyelenggaraan PAUD Terpadu
Latif, Mukhtar, 2013. Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini teori & Aplikasi, Jakarta, Prenadamedia Group.
Munadhi Yudhi. 2013, Media pembelajaran, Jakarta, Referensi GP Press Group
Meleong. Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosda Karya
Nasution , 1996. Azas-Azas Kurikulum. Terate
Riyana Cepi, Media Pembelajaran, Jakarta, Kemenag RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam
Semiawan R Conny, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, perpustakaan
Satrianawati, 2018. Media Dan Sumber Belajar, Yogyakarta, Budi Utama
Suderajat, 2005. Karakter Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009 , Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Media Grafika.
Suprapto, 1993. Metode Ramalan Kualitatif, Jakarta, Rineka Cipta
Suharsaputra Uhar. 2012, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, tindakan. Bandung, PT. Refika Aditama.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 1 (March 18, 2014): 1-14. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/29.
Triyanto ibnu , Badar al-tabany, 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini, Prenamedia group.
Yus , Anita, 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Prenada media Goup.
Diterbitkan
2019-04-02
Bentuk Sitasi
Khoyriyah, I. (2019, April 2). Meningkatkan Pengetahuan Wawasan Lingkungan Hidup Melalui APE Berbahan Limbah di RA Anak Sholeh Baujeng. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 4(1), 222-237. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/388
Section
Artikel