Pengaruh Orang Tua Pekerja terhadap Perkembangan Peserta Didik RA Roudlotul Hamdi Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2018/2019

  • Julaikha Julaikha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Orang Tua bekerja, Perkembangan anak

Abstrak

Penelitian ini mengangkat tentang pengaruh orang tua bekerja terhadap perkembangan peserta didik. Pada jaman sekarang ini peran orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh dalam mendidik anak kini perannya dilimpahkan pada para pendidik formal (guru). Hal ini berkaitan dengan tuntutan kehidupan yang mengakibatkan kedua orang tua atau ayah dan ibu harus mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Di samping itu, minimnya waktu (bagi orang tua pekerja) dan minimnya ilmu pendidikan dan pengetahuan para orang tua menjadi alasan mengapa orang tua menyerahakan pendidikan anak-anaknya pada para pendidik formal. Padahal, jelas dalam ajaran islam memerintahkan orang tua khususnya ayah berperilaku sebagai kepala atau pimpinan dalam keluarga dan ibu sebagai pendidik awal di rumah, hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti. Hasil dari penelitian Perhitungan korelasi Selanjutnya pada taraf signifikansi 5 % (taraf kepercayaan 95 %) dengan. Db ( derajat Kebebasan) sebesar 48. Sehingg thitung dapat diketahui nilainya sebesar 23,46. Sedangkan ttabel dapat diketahui nilainya sebesar 0,284. Berdasarkan perbandingan tersebut, maka dapat Terdapat hubungan pekerjaan orang tua dengan Perkembangan anak, artinya ibu bekerja adalah seorang ibu yang bekerja di luar rumah untuk mendapatkan penghasilan, selain membesarkan dan mengurus anak di rumah.Ibu yang sepenuhnya melakukan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus keluarga termasuk ibu tidak bekerja. Sehingga ibu yang bekerja mempunyai tugas yang sama dengan ibu yang tidak bekerja untuk mengetahui perkembangan anak. Sedangkan hasil hasil analisis regresi linir sederhana data diketahui bahwa variabel Orang Tua Bekerja (X) memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Orang Tua Bekerja (X) terhadap Perkembangan Anak (Y).

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ha diterima. Artinya ada pengaruh secara signifikan orang tua bekerja terhadap perkembangan anak, artinya kesibukan orang tua bekerja memengaruhi perkembangan anak sehingga akan berdampak pada partumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan ibu bekerja seringkali diasosiasikan dengan meningkatnya kenakalan remaja. Orang tua padahal memiliki peran kunci dalam perkembangan anak.

Referensi

Ahmad Tafsir Dkk, 2004. Cakrawala Pendidikan Islam. Mimbar Pustaka. Bandung :
Gintings, 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran Bandung: Humaniora
Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek Bandung: PT. Remaja Rosdakarya:
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta
Hasanuddin, 1984. Cakrawala Kuliah Agama Al-Ikhlas : Surabaya
Arifin, 1987. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga (Bulan Bintang, Jakarta,
Zakiah Daradjat, 2012. Ilmu Pendidikan Islam Bumi Aksara, Jakarta, Cet. X,
Purwanto, 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Gunawan dkk, 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Akademia Permata Jakarta
Hasbullah, 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Raja Grafindo Persada: Jakarta
Nasir, 2002. Peranan Agama Terhadap Pemecahan Problema Remaja Jakarta, Kalam Mulia,. Cet
Departemen Penididikan & Kebudayaan, 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka,
Partoto, dkk, 1994. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya, Arkola
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (September 26, 2018): 112-129. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313.
Husni, 2008. Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Huda, 2009. Pekerjaan Sosial dan Kesejahtraan Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dimyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Kamisa, 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika
Arikunto, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Sudjana, 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Ahmadi dan Supriyono, 2004. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad Tanzeh, 2009. Pengantar metode penelitian, Yogyakarta: TERAS
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Riduan, 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta
Nana Sujana dan Ibrahim, 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru
Moleong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosdakarya
Diterbitkan
2019-04-02
Bentuk Sitasi
Julaikha, J. (2019, April 2). Pengaruh Orang Tua Pekerja terhadap Perkembangan Peserta Didik RA Roudlotul Hamdi Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2018/2019. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 4(1), 238-247. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/390
Section
Artikel