Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum I Karang Poh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Nanik Inda Wati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Luluk Rochanah STITNU Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting. Fisik motorik halus anak kelompok A di RA.Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan belum berkembang dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah 25 anak didik RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lembar Instrument observasi adalah alat yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama pengumpulan data berlangsung dan berakhir hingga data yang dicari mencapai titik jenuh dan menemukan yang sesungguhnya dicari sesuai yang diungkapkan Miles dan hubermann.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat disimpukan bahwa ” metode finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak didik, dimana saat observasi penelitian awal dilakukan anak masih belum mau melakukan finger painting karena merasa jijik dan ragu-ragu, ada juga yang mau melakukan namun masih harus dengan bantuan guru atau peneliti hasil nya pun jauh dari kata rapi. Namun setelah diadakan penelitian untuk peningkatan motorik halus anak melalui finger painting anak-anak jadi antusias dan suka dengan kegiatan finger painting dan hasilnya sesuai dengan harapan guru dan peneliti.

Referensi

Abdullah, Muhammad (2012), Permainan Finger Paint/Panting.http://aaps10.blogspot.com/2012/11/permainan-finger-painting.html
Admin (2012), Karakteristik Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Depdiknas.(2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ernawulan. (2010). Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. PGTK FIP: UPI.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak: Jilid 1. (Alih bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga
Hurlock, Elizabeth. (1990). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Istiana, L. 2014. Pengaruh Permainan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Mayke (2007). Melatih Keterampilan Motorik Anak. Available at: http//www.republika.com/article
Pamadhi dan Sukardi. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka, Jakarta.Pondok Ibu,(19 Januari), Inspirasi Ibu Membentuk Keluarga Sukses dan Berkarakter, Melukis dengan Jari (Finger Painting) http://Pondokibu.com/parenting/melukis-dengan-jari-finger-painting.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung
Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sumantri MS. (2005). Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistiorini, Binti. (2011). Pengembangan Keterampilan Menulis Anak Usia Dini Melalui Belajar Visual Pasir danjari. http://childrengarden.wordpress.com/2010/04/02/tahap-tahap-perkembangan-anak-dal am-menulis/
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (September 26, 2018): 112-129. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313.
Supriyanto, Didik. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 4, no. 2 (October 31, 2016): 40-57. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2365.
Diterbitkan
2019-04-04
Bentuk Sitasi
Wati, N., & Rochanah, L. (2019, April 4). Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum I Karang Poh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 4(1), 271-279. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/394
Section
Artikel