Hubungan Penggunaan Media Elektronik Televisi terhadap Perilaku Anak Kelompok A di RA Al Hasani Tampung Baru Lekok Pasuruan

  • Halimatus Syakdiyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Miftahillah Miftahillah STITNU Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Television is an entertainment or totonan media that is often used by people including children, where children have not been able to distinguish good and bad from the development of their souls later, so parents need guidance and parental supervision of what children watch, so children avoid the negative effects of television. With the aim of this study to determine the relationship of television electronic media users to the behavior of group A children in RA Al Hasani Tampung BaruLekok Pasuruan.

This research is a quantitative method with data analysis techniques using statistics. The population in this study were 33 students of A RA Al Hasani group consisting of 20 boys and 13 girls. The independent variables in this study consisted of: a) Variable X1 is a soap opera, b) Variable X2 is a cartoon film and Variable X3 is music entertainment. While the dependent variable is the development of behavior of children in group A. Data is processed through questionnaires given to parents who are then processed with the SPSS program.

The results of the soap opera t count (2,467)> from t table (1.66) or sig. (0.016) <alpha (0.05) are significant at the significance level of 5%, meaning statistically proven that the soap opera variable (X1) has a relationship significant to the development variable of child negative behavior (Y), while F count of 38.019 is significant, because p> 0, 5 thus the Alternative Hypothesis (HA) which states that there is a relationship between the influence of television soap operas, cartoons, and music entertainment, be accepted.

Referensi

Aisyah, S. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ali, M. 1987, Penelitian Kependidikan Prosedur dun Strategi, Angkasa : Bandung.
Arief, A. 2002.Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Edisi Revisi. Jakarta: Deppen.
Ariestya. 2009. Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Diakses pada 3 Januari 2018 dari http://situliatsitucoment.blogspot.com/2009/02/pengaruh-tayangan-televisi-terhadap.html.
Arikunto, S. 2010 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Astrid Susanto, S., 1993, Beberapa Pengaruh Acara Televisi terhadap Anak dan Saran Acara, Jakarta: Deppen.
Azrul Azwar, 1983, Pengantar Ilmu Kesehatan, Jakarta: Mutiara.
Azwar, S. 1998, Sikap Manusia teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budi, A. Liliek 2000, Peran Keluarga di Tengah Intervensi Televisi, Majalah Ilmiah Volume X Nomor 16.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Pendidikan Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain (Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Dedi, S. 1993, Kontroversi tentang Dampak Siaran Televisi terhadap Perilaku Pemirsa, Audientia, Volume 1 Nomor 4.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hadi, Sutrisno. 1988, Statistik, Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.
------------------. 2001. Metodologi Resech Jilid 2. Yogyakarta: ANDI
Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Alih Bahasa oleh Metasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Kusrin dan Agustin, S. 1990, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan National, berisi PP No. 27, 28, 29 tahun 1999, Semarang: Aneka Ilmu.
Kartono, K. 1990, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung : Mandar Maju.
Miftahillah. 2017. Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Kabupaten
Pasuruan. Surabaya: UINSA Proceeding ANCOMS 2017.
Poerwadarminta, 1988, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Purwanto, N. 1989, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosdakarya.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. 1989, Metode Penelitian Survai, LP3ES :Jakarta.
Sugiyono, 2001, Statistik Nonparametris untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Surya, M. 1993, Pola Pendidikan Anak di Tengah Derasnya Arus Hiburan TV, Audientia, Volume 1 Nomor 4.
Sujiono, Bambang, dan Yuliani, Nurani.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks.
Suyanto, B. 1995, Televisi : Media Sosialisasi yang Anti Sosial bagi Anak, Republika, 12 Mei 1995.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (September 26, 2018): 112-129. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313.
Diterbitkan
2019-04-04
Bentuk Sitasi
Syakdiyah, H., & Miftahillah, M. (2019, April 4). Hubungan Penggunaan Media Elektronik Televisi terhadap Perilaku Anak Kelompok A di RA Al Hasani Tampung Baru Lekok Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 4(1), 341-351. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/401
Section
Artikel