PENDAMPINGAN IKATAN GURU RAUDLATUL ATHFAL (IGRA) KECAMATAN SOOKO MOJOKERTO DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

  • Muhammad Fatkhur Rokhzi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Peragkat pembelajaran, kurikulum 2013, guru

Abstrak

Guru adalah ujung tombak proses pendidikan. Data Kementerian Agama tahun 2009/2010 menunjukkan bahwa secara nasional jumlah guru Raudlatul Athfal (RA) yang belum mempunyai kualifikasi S1 sebanyak 73.455 guru atau 77,5%, sedangkan guru yang telah memenuhi kualifikasi pun masih belum linear keilmuannya sebab didominasi oleh lulusan prodi PAI (Pendidikan Agama Islam). Di samping mendorong terpenuhinya kualifikasi guru, perlu diupayakan pendekatan lain dalam meningkatkan SDM guru.

Kurikulum 2013 RA/PAUD dikembangkan dengan berlandaskan pada berbagai kajian, baik secara teoretis, empiris, yuridis, maupun sosial budaya. Kurikulum dipandang sebagai inti yang menggerakkan dan mengarahkan proses pendidikan. Kurikulum harus dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi kemampuan-kemampuan yang diperlukan dalam kelanjutan pendidikan dan kehidupannya. Kurikulum harus memiliki jangkauan yang lebih luas dan jauh. Kurikulum harus menyiapkan anak untuk masa depan bukan hanya untuk masa kini.

Pendampingan Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) merupakan salah satu upaya untuk menjawab persoalan-persoalan di atas. IGRA adalah wadah pembinaan dan kerjasama antara kepala dan guru Raudhatul Athfal, Bustanul Athfal, Tarbiyatul Athfal untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan pra-sekolah di lingkungan Kementerian Agama. IGRA adalah sebuah entitas yang berkembang secara pesat bahkan sampai tingkat kecamatan sebagai sebuah komunitas para pemangku kepentingan pendidikan anak usia dini Islam.

Diterbitkan
2018-11-07
Bentuk Sitasi
Rokhzi, M. (2018, November 7). PENDAMPINGAN IKATAN GURU RAUDLATUL ATHFAL (IGRA) KECAMATAN SOOKO MOJOKERTO DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. Repository, 1(1), 1-25. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/repository/article/view/330
Section
Articles