Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa (Studi pada Materi Fluida di SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto)

  • Dewi Nur Rohmawati SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto
Kata kunci: project based learning model, surrounding, student learning outcomes, student learning activities

Abstrak

This research aims to assess the influence of project based learning model usings surrounding for student learning outcomes of physics and to describe the students activity who learned physics by using project based learning model use surrounding. This research is experimental reaserch using Post-Test Only Control design. The sampling using purposive sampling technique and the classes are chosen X-Tr class for experimental class and X-Mm class for control class. The independent variable in this research is project based learning model using surrounding and the dependent variable is student learning outcomes of phisycs and student learning activities. The results show that (1) project based learning model using surrounding give significant influence to student learning outcomes of physics, (2) student activities of phisycs learning by using project based learning model using surrounding were included in the category of very high.

Referensi

Andri dan Istyawati. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM pada Mata Pelajaran Menggambar di SMAN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 1 (2): 28-37.
Baharudin dan Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Brahim. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.6 (9): 37-49.
Depdiknas. 2010. Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif di SMA. Jakarta: Depdiknas.
Fikriyah, Indrawati, dan Gani. 2015. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Mojokerto. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4 (2): 181-186.
Hayati, Supardi, dan Miswadi. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SMA dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2 (1): 53-58.
Irwansyah, Mahardika, dan Supriadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Metode Praktikum untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI PA 3 MAN 1 Mojokerto. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4 (4): 371-376.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/ MTs 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahanal dan Dermawan. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-11.
Mitha, N. W. B. 2014. Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD Vol. 2 (1): 1-11.
Mulhayatiah, D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Edusains. Vol. 6 (1): 18-22.
Munawaroh, Cristijanti, dan Supriyanto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Unnes Journal of Biology Education.Vol. 2 (1): 91-98.
Rahmad dan Dewi. 2007. Hasil Belajar Keterampilan Sains Fisika Melalui Model Pembelajaran Generatif pada Siswa Kelas VIIB MTs Darul Hikmah. Jurnal Geliga Sains. Vol. 1 (3): 25-30.
Rais, M. 2010. Model Project Based- Learning sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 43 (3): 246-252.
Samanthis dan Sulistyo. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMAN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 3 (1): 23-29.
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Siwa, Muderawan, dan Tika. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. e-Journal Program Pasca Sarjana. Vol. 3 (1): 1-13.
Sudewi, Suharsono, dan Kirna. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X Multimedia 3 SMA Negeri 1 Sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi Teknologi Pembelajaran. Vol. 3 (1)
Susanawati, Diantoro, dan Yuliati. 2013. Pengaruh Strategi Project Based Learning dengan Thinkquest terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA Negeri 1 Kraksan. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol.18 (2): 208-213.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yance, Ramli, dan Mufit. 2013. Pengruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Journal of Physics Education. Vol 1 (1): 48-54.
Diterbitkan
2019-11-29
Bentuk Sitasi
Rohmawati, D. (2019, November 29). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa (Studi pada Materi Fluida di SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 71-80. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/510
Section
Articles