SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica <p><strong>SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan<br>Frequency:&nbsp;2 issues per year (November and Mei)<br>Online ISSN: <a title="ISSN Online" href="http://u.lipi.go.id/1570684149" target="_blank" rel="noopener">2686-6234</a></strong></p> <p>SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The journal is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) <a href="http://stitnualhikmah.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">STITNU Al Hikmah Mojokerto</a>.&nbsp;</p> en-US jurnalscholastic@gmail.com (Scholastica Journal) didiksupriyanto21@gmail.com (Didik Supriyanto) Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Inovasi Pembelajaran Berbasis Multimedia di MAN Sidoarjo http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2195 <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan agama Islam menggunakan media multimédia dan kendala yang dihadapi di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan gejala, peristiwa, atau peristiwa saat ini. Penelitian kualitatif melihat perspektif partisipan tentang strategi yang interaktif dan dapat disesuaikan. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Setelah data dikumpulkan, mereka kemudian dianalisis melalui analisis reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.</em> <em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menggunakan teknologi multimedia seperti video, gambar, PowerPoint, dan Microsoft Word, serta komputer dan teknologi telekomunikasi. Mereka juga telah menerapkan proses pembelajaran PAI sesuai dengan RPP dan teori pembelajaran Gagne. Sebanyak </em><em>92</em><em>% siswa menunjukkan respons positif. Ditunjukkan bahwa siswa lebih tertarik dengan pembelajaran melalui multimedia dibandingkan dengan pembelajaran hanya melalui ceramah dan cerita. 4) Ditemukan bahwa beberapa kendala yang dihadapi guru dan kebijakan yang mereka gunakan untuk mengatasi kendala tersebut belum sepenuhnya tepat.</em></p> Abdul Manan ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2195 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0000 Menumbuhkembangkan Nilai-nilai Moral dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2196 <p><em>This writing is talking about how learning Pendidikan Agama Islam (PAI) helps students build good character. PAI is an important part of teaching students about their religion and how to be good people. By learning about God, the Quran, Hadith, Islamic laws, history, and ethics in PAI lessons, students can become better individuals.</em></p> Amrullah Amrullah ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2196 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Peranan Hukum Islam, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Bernegara http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2198 <p><em>Islam has rules that are like laws, and one of them is called the Al-Quran. Democracy means treating people fairly and equally, letting them be part of making decisions, and following the laws. Some words that are related to democracy are equality, freedom, and human rights. These are also important in Islam and are followed in every country.</em></p> Abdul Halim ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2198 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Moderasi Beragama http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1858 <p><em>Pluralisme merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang multikultural. Sebagai agama mayoritas, Islam telah mengajarkan konsep moderasi agama yang dewasa ini telah berpadu dengan perkembangan teknologi internet, khususnya media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menunjukkan konsep, potensi, dan contoh dari pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan sosialisasi moderasi beragama di Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dan pembahasan yang didapatkan berupa deskripsi mengenai moderasi agama dari sudut pandang Islam, profil media sosial, dan pemanfaatannya dalam melakukan sosialisasi moderasi beragama melalui konten dan literasi. Kesimpulan yang didapatkan berupa media sosial merupakan wadah yang efektif dalam melakukan sosialisasi moderasi beragama dengan pedoman dari Al-Quran dan ajaran Islam.</em></p> Fathur Rohman ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1858 Tue, 28 Nov 2023 00:00:00 +0000