Manajemen Pendidikan Anak melalui Program Outbound di TK Al Muslim Surabaya
Abstrak
Pendidikan bagi anak usia dini begitu penting karena pada masa usia dini. Melalui program outbound anak belajar dari pengalaman langsung dan dilibatkan secara aktif dalam seluruh kegiatan yang dilakukan, dan dalam implementasinya dibutuhkan penerapan fungsi manajemen yang baik, yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di TK Al Muslim Surabaya, dengan subyek penelitian meliputi direktur lembaga pendidikan, guru dan wali murid.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program outbound di TK Al Muslim Surabaya sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan program outbound dilaksanakan dengan membuat perencanaan pembelajaran, perencanaan jenis permainan, dan perencanaan pembiayaan. Pengorganisasian program outbound dilakukan melalui pembagian kerja oleh direktur kepada guru. Untuk fungsi pelaksanaan pada program outbound melalui pengimplementasian atas apa yang telah disusun dalam perencanaan. Untuk fungsi pengawasan program outbound dilakukan melalui pembuatan laporan kegiatan dan kontrol oleh Direktur Lembaga Pendidikan.
Referensi
Ancok, Djamaludin. 2002. Outbound Management Training. Yogyakarta: Pusat Outbound H-READ UII.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Carolyn, Meggitt. 2013. Memahami Perkembangan Anak (Understand Child Development). Penerjemah Agnes Theodora W). Jakarta: Indeks.
Company Profile KB Al Muslim
Depdiknas. 2003. Bahan Sosialisasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Pedoman teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat PAUD. Ditjen PNFI.
Djati Julitriarsa dan John Suprihanto. 1998. Manajemen Umum, Sebuah Pengantar.Yogyakarta: BPFE UGM.
SUPRIYANTO, Didik. Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 70-84, mar. 2015. ISSN 2477-667X
Fahmi, Irfan. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fatah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Jogjakarta: Laksbang presindo Jogjakarta.
Harun Rasyid, Mansur, dan Suratno. 2005. Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hasan. Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Husin, Said Agil. 2003. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.
Sandjaja & Heriyanto, Albertus. 2011. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Siagian, Sondang P. 2007. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.
Sobri, dkk. 2009. Pengelolaan Pendidikan.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sudjana, Djuju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT, Indeks.
Susanta, Agustinus. 2010. Outbound Profesional Pengertian, Prinsip Perancangan, dan Panduan Pelaksanaan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi & Maulidya, Ulfah. 2013. Konsep dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Remaja Rosdakarya.