Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan

  • Yuli Ani Setyo Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Etnis Jawa Madura, Pengembangan Bahasa

Abstrak

Bahasa anak adalah bahasa yang digunakan oleh anak untuk menyampaikan suatu  keinginan, harapan , permintaan, pikiran dan lain-lain untuk kepentingannya. Salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh anak adalah kemampuan dalam berbahasa, tapi tidak semua anak mampu untuk menguasai bahasa dengan baik. Ketidakmampuan anak dalam berbicara atau berkomunikasi biasanya karena keterbatasan kemampuan dalam mengerti atau menangkap pembicaraan atau tidak bisa menjawab dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis data dikemukakan bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru etnis jawa-madura untuk perkembangan bahasa siswa  RA di kabupaten Pasuruan diantaranya metode bercerita, metode bercakap-cakap, dan metode tanya jawab serta metode bernyanyi. Diantara metode tersebut metode yang paling sering digunakan oleh guru ketika sedang pembelajaran didalam kelas dan juga merupakan metode yang paling efektif yaitu metode bercakap-cakap.

Referensi

Bergen, Doris. 2002. The Role of Pretend Playing Children's Cognitive Development. Early Childhood Research and Practice (Online), Vol.4, No.1
Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supriyanto, D. (2015). Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1)
Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centres and Circle Time (BCCT) dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta: Depdiknas
Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013a. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Diterbitkan
2017-07-31
Section
Articles