Efektifitas Pembelajaran Sentra di Kecamatan Trowulan Mojokerto

  • Muhsinin Muhsinin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Ilmin Navi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Efektifitas Pembelajaran, Sentra, Trowulan

Abstrak

PAUD sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Implementasinya dalam kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini pengembangan sikap bukan hanya sebagai dampak ikatan (nurturan) dari pengembangan pengetahuan dan ketrampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara terus menerus sehingga memebentuk kebiasaan lebih lanjut menjadi prilaku yang akhirnya menjadi sikap dan karakter yang baik dan merupakan masa emas(Golden Age) yang merupakan peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

Pengembangan sikap memerlukan proses yang konsisten dalam jangka waktu lama, Namun demikian pelaksanaannya tetap disesuaikan dengan cara belajar anak usia dini yang dilaksanakan dengan melalui kegiatan menyenangkan dan bermakna. Hal terpenting dalam pengembangan sikap adalah keteladanan dari tim guru yang menjadi model bagi anak didik. Tampa hal terpenting ini pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia.

Menurut peneliti untuk mengaplikasikan Kurikulum 13 PAUD model pembelajaran yang paling ideal adalah model pembelajaran sentra.

Karena merupakan pusat kegiatan pembelajaran dengan metode bermain sambil belajar Integrasi Pendidikan. Nilai – nilai kehidupan beragama yang dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi anak sebagai karunia dari Allah. Juga memberi kesempatan belajar pada anak yang maksimal juga dalam rangka mengembangkan Multiple Intelegensi Anak.

Referensi

Aboundan, R. (2011). Engage Them, Don’t Engage Them-student Voices and What It
Andriyani, R. (Januari, 2009). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Pendekatan
Anonim, (2005), Program Kegiatan Bermain Sambil Belajar Integrasi Pendidikan Nilai-Nilai Kehidupan Beragama dengan Pendekatan BCCT, Jakarta: PAUD Istiqlal
Anonim, (2006), Pedoman Penerapan Pendekatan BCCT dalam PAUD, Jakarta: Depdiknas Dirjen PAUD
Anonim, Mengajarkan Komputer Pada Anak, diakses: dari www88db.com tanggal 2 mei 2011
Aries, E.F., (2010). Design Action Research, Malang: Aditya Media Publishing
Barkley, E. (2010). Student Engagement Techniques: AHandbook for College Faculty, San Francisco: Jossey-Bass Beyond Center and Circle Time, Jurnal Cendikia, Jilid1, Nomor2, 94-98
Davis, B.C & Shade, Daniel D, (1994), Integrate, Don’t Isolate! Computers in Early Childhood Curriculum. Eric Digest Tersedia: http://www.ericfacility.net/ericdigest/ed376991. (8Oktober2004) Papilaya, Diane E, 1982, A Child World Infancy Through Adolescence, NewYork:McGraw Hill Haugland, SusanW,2000, Computersand Young Children. EricDigest, Tersedia:http://www.ericfacility.net/ericdigest/ed438926.(8Oktober2004)
Departemen Pendidikan Nasional, (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak UsiaDini,Jakarta:Author Edition,NewJersey:Prentice-HallInc
Jones, R. D. (2009). Student Engagement: Teacher Handbook, New York: The
Miarso (dalam Bambang Warsita, 2008: 287), Dick dan Reiser (dalam Bambang Warsita, 2008: 288),Eggen dan Kauchak (dalam Bambang Triwarsita, 2008: 289) https://elnicovengeance.wordpress.com /2012/09/01/ efektifitas-pembelajaran/
Miarso, Yusufhadi, (2007), Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Pritchard,A.&Woolard,J.,(2010).PsychologyforTheClassroom:Constructivismand
SchoolChange,SecondEdition,Washington:Soundout.org
Shernoff, D., Csikszentmihalyi, M., Scheider, B., Shernoff E.S. (2003) Student Engagement in High School Classrooms from The Perspective of Flow Theory, School Psychology Quarterly,Vol18.No.2, 158-176
Takes to Participate, English Language Teaching, Volume 4, Iss.1, 128-134
Unicef (2010), Overview-Education and Adolescent Development. Diakses pada tanggal 12 Juni 2011 dari http://www.unicef.org/indonesia/education_2864.html
Woolfolk,A. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition, Terjemahan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Diterbitkan
2017-07-25
Bentuk Sitasi
Muhsinin, M., & Navi, I. (2017, July 25). Efektifitas Pembelajaran Sentra di Kecamatan Trowulan Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 107-124. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/123
Section
Articles