Memahami Nilai Spiritual dalam Film Upin-Ipin sebagai Tayangan yang Layak Ditonton Anak Usia 2 - 6 Tahun

  • Muhammad Lukman Haris Firmansah PAUD
Kata kunci: Early Childhood, Spiritual Values, Upin-Ipin Animated Film

Abstrak

Early age is a unique age. Unique value because of how to get information and stimulation process through a unique way of playing and watching entertainment. The entertainmen are in a diverse environment. The chosen entertainer should contain spiritual value. Upin-ipin is one of the entertainment known to have religious values, but whether it contains spiritual value. Religious is not necessarily spirituality, because the concept of religiosity and spirituality is different. This descriptive qualitative research investigates the spiritual value of the Upin-Ipin animated film. The results show that Upin-ipin films are spiritually valuable in some episodes of all episodes aired.

Referensi

Amir , Y., dan Lesmawati , D.R., (2016). Religiusitas dan Spiritualitas : Konsep yang sama atau Berbeda. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi : Kajian Empirik & non Empirik, Vol 2 No 2 Hal 67-73.
Basirudin (2010) Nilai-nillai moral dalam serial Kartun Upin-Ipin. Skripsi. Purwokerto:Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Jurusan Dakwah. STAIN Purwokerto.
Dewi, K. E., (2010) Film Kartun Upin-Ipin Dalam Proses Sosialisasi Nilai Pada Anak-Anak . Skripsi . Semarang : Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Firmansah. M. L. H., (2017) Peran Permainan Balok Atribut Sebagai Upaya Menanamkan Konsep Geometri Pada Anak Usia Dini Di TK Plus At-Taqwa Brondong-Lamongan. Prosiding Seminar Nasional Matematika IndoMS (SENAMAS) Vol 1 hal 292-299
Ilma, Aveka Naviatun Nurul. (2015) Strategi Internalisasi Nilai-nilai Spirirtual Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Skripsi. Malang : Fakultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Miyarso. E., (2009) Development of interactive Multimedia for the study of Cinematography. Thesis. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Mutolingah., (2011) Nilai-nilai Islam Dalam Film Upin-Ipin Karya Moh Nizam Abdul Razak Dkk. Skripsi. Salatiga : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga
Noviano. R., Konsep Diri Remaja dalam Film Indonesia : Analisis Wacana Atas Film Remaja Indonesia Tahun 1970-200-An. Jurnal KAWISTARA Vol 1 No 1 Hal 40-54.
Octarina, N. F., Wajdi, M. B. N., Setiawan, M. I., Sukoco, A., Purworusmiardi, T., & Kurniasih, N. (2017). Tinjauan terhadap UU ITE untuk Penerapan Rekam Medis Berbasis Online pada Penduduk Muslim di Indonesia. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(2), 78–94.
Setiawan, M. I., Surjokusumo, S., Ma’soem, D. M., Johan, J., Hasyim, C., Kurniasih, N., Sukoco, A., et al. (2018). Business Centre Development Model of Airport Area in Supporting Airport Sustainability in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, p. 12024). IOP Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 17 Oktober 2014. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1679. Jakarta
Pertiwi, N.M.N,(2015) Entertainment Dilihat DariPerspektif Sosial Budaya Hindu Bali. e–journal Undiksha Singaraja. diakses tanggal 11 Nopember 2017 Jam 13.00
Pustakasari, Iman. E. N., (2017) Hubungan Spiritualitas Dengan Resiliensi Survivor Remaja Pasca Bencana Erupsi Gunung Kelud di Desa Pandansari Ngantang Kabupaten Malang. Etheses. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Rahmawati, M (2014) Nilai Religius dalam Novel Hidayah Dalam Cinta Karya Rohmat Nurhadi Alkastani. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Supriyadi. M., (2010) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin dan Ipin pada Episode Tema Ramadan. Skripsi. Semarang : Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. 20 April 1999. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42. Jakarta
Yuliyatun., Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama. Jurnal Thufula Vol 1 No 1 Hal 153
Yusuf (2016) Kebutuhan Spiritual Konsep dan Aplikasi dalam Asuhan Keperawatan. Jakarta : Mitra Wacana Media.
www.tahupedia.com/content/show/1208/10-Kartun-Yang-Seharusnya-Tidak-Ditonton-Oleh-Anak-Kecil diakses pada tanggal 11 November 2017 Jam 21.00
www.wikipedia.org/Wiki/Upin_%26_Ipin diakses pada tanggal 11 November 2017 Jam 21.20
Diterbitkan
2018-02-01
Bentuk Sitasi
Firmansah, M. (2018, February 1). Memahami Nilai Spiritual dalam Film Upin-Ipin sebagai Tayangan yang Layak Ditonton Anak Usia 2 - 6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 51-67. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/135
Section
Articles