Analisis Problematika Guru dan Orangtua Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di TK Batik Sidoarjo
Abstrak
Wabah virus corona menyebabkan perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan pembelajaran tatap muka berubah signifikan pembelajaran daring. Terutama pendidikan anak usia dini. Orangtua memiliki peranan penting untuk mendampingi anak belajar terutama anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru dan orangtua anak usia dini dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pada 4 guru dan 3 orangtua anak usia dini yang bersekolah di TK batik jalan Kwadengan Barat no 68A, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika guru di TK Batik Sidoarjo diantaranya kurangnya pemahaman guru dalam penggunaan aplikasi, keterbatasan media, jaringan internet yang lemah, keterbatasan waktu mengajar pembelajaran daring berlangsung, peserta didik mudah bosan selama pembelajaran daring, kurangnya fokus belajar anak, kesulitan mengkondisi peserta didik dan kurangnya sosialisasi antara guru dengan peserta didik dan teman sedangkan problematika orangtua di TK Batik yaitu kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dengan mendampingi anak selama pembelajaran daring yaitu kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dengan mendampingi anak selama pembelajaran daring, adanya sinyal dan internet yang lemah, kurangnya fokus belajar anak, anak mudah bosan selama pembelajaran daring, sarana dan prasarana yang tidak mendukung seperti kuota internet dan minimnya keahlian mengajar anak selama pembelajaran daring.
Referensi
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. rita. (2020). Minda Guru Indonesia: Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. syiah Kuala University Press.
Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. (2019). E Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.
Hurlock, Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Surabaya : Erlangga
Ismail, Andang. 2012. Education Games Panduan Praktis Permainan yang Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif, dan Saleh. Yogyakarta: Pro U Media
Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1),
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.(2020).Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Republik Indonesia Kebudayaan Nomor 69- 81. PrasetPratesi35952/MPK.A/HK/2020.1.2.http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/readnews/ statedaran-mendikbudnomor-2-tahun-2020.
Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Kementrian Kesehatan Indonesia Kemenkes RI. (2014). In Pusdatin.Kemenkes.Go.id
Khadijah, & Gusman, M. (2020). Pola kerja sama guru dan orangtua mengelola bermain aud selama masa pandemi covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 154-171.https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871
M. Ikhsan Kahar. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Covid-19. Ana Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1728. https://doi.org/10.24239/abulava.vol1.iss2.8.
Muhdi, & Nurkolis. (2020). Keefektifan kebijakan e-learning berbasis sosial media pada PAUD di masa pandemi COVID-19.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212-228. doi:10.31004/obsesi.v5i1.535.
Muna, L. H. dan W., & Fakultas. (2015). Meliputi pengertian dari. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–14
Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019).Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Journal of Information Technology, 01, 15.
Pratiwi, A. D. (2020). Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. Literacy Institute, 5(2), 5257.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora
Media Enterprise, 2011, hal. 250.
Redaktur. (2020). Persiapan Pembelajaran Era New Normal. Kumparan News https://kumparan.com/kumparannews/persiapan-pembelajaran-era-new-normal-1tcVKcbelB8/full.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & Bandung: Alfabeta.
Suhery ; Putra, T.J & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan . 1(3).129-132. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Suharyanto. 2020. Kumpulan Peraturan Perundangan Undangan tentang Covid 19. Jakarta. Ikatan Pustakawan Indonesia.
Sulha, S. (2020). Penerapan Montessori Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Luring Sebagai Alternatif Masa Pandemi. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(1), 2230. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i1.1010.