Penerapan Model Pembelajaran Montessori terhadap Kemandirian Anak di TK Kids Republic Jakarta Timur

  • Debora Pujo Widiati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Widarti Emiliana Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Euis Agung Sari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ade Hariyani Universitas Panca Sakti Bekasi
Kata kunci: Penerapan Pembelajaran Montessori, Kemandirian Anak Usia Dini

Abstrak

Golden Age adalah masa keemasan bagi anak usia dini.  Pembelajaran Montessori di TK Kids Republic mempunyai tujuan penelitian untuk mengggambarkan pelaksanaan kemandirian. Penelitian analisis ini menggunakan metode, metode tersebut adalah metode yang digunakan agar mampu melihat perkembangan anak. Observasi dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data. Dokumentasi    yang dilakukan oleh peneliti adalah foto-foto atau video kegiatan pembelajaran dan portofolio anak. Penelitian ini berjudul “Analisis Deskriptif Penerapan Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak di TK Kids Republic Jakarta Timur”. Untuk meningkatkan sikap kemandirian pada anak yaitu dengan metode pembelajaran Montessori dan hasil analisis data penelitian sebelumnya dapat disimpulkan  bahwa terjadi perkembangan yang signifikan terhadap diterapkannya metode pembelajaran Montessori. Anak mengalami perkembangan yang baik. Anak menjadi lebih mandiri  dan mampu mengerjakan hal yang sederhana sendiri. Seperti belajar mempelajari urutan dan keteraturan, belajar memakai sepatu sendiri, belajar mengancingkan baju sendiri, belajar makan sendiri dan mengambil sendiri bahan-bahan yang ada di rak atau meja.

Referensi

Aprianti, E. (2018). Penerapan Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kober Baiturohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211.
Arhan, M. (2014). Implementasi Metode Shaping dalam Menanamkan Kemandirian Anak Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Britton, N. (2017). Montessori Play and Learn. Yogyakarta: Bentang Pus taka.
Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463-470.
Davies, S. (2019). The Montessori Todler. Diterjemahkan oleh: Ade Ku- malasari. Yogyakarta: Bentang Pus-taka.
Dewi, N. K. S. C., & Suyanta, I.W. (2019). Pembelajaran seni dan teknologi digital sebagai media be- lajar dan perkembangan anak usia dini.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diana. (2017). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Hainstock. (2008). Kenapa Montessori?Jakarta: Mitra Media.
Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.
Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai.Jakarta: Kencana.
Jaipaul L. R, & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Joosten, A. M. (2013). Exercises of Practical Life: Introduction and List. The NAMTA Journal, 38(2).
Kadir. (2016). Statistik Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lazuardi, A. L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD Pendidikan Anak usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Nasution, R. . (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal RAUDHAH; Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), 5(2).
Papalia, D.E., Old, S. ., & Feldman, R. . (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.
Parker, D. K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2).
Roopnarine, J. L., & Johnson, J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan.Jakarta: Kencana.
Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang. Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: Rosda.
Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Di PAUD
Diterbitkan
2023-01-06
Bentuk Sitasi
Widiati, D., Suryani, L., Emiliana, W., Sari, E., & Hariyani, A. (2023, January 6). Penerapan Model Pembelajaran Montessori terhadap Kemandirian Anak di TK Kids Republic Jakarta Timur. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 79-87. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1514
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)