Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri

  • Epritha Kurniawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Media Pop Up Raksana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara melalui melalui media pop up raksasa pada anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. Aspek pengembangan bahasa anak usia dini meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Bicara adalah bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud. Melalui berbicara maka akan terjadi komunikasi antara anak satu dengan anak lainnya. Berbicara pada anak perlu dikembangkan dan dilatih secara terus menerus agar perkembangan anak terutama dalam hal berbicara untuk komunikasi dapat berkembang dengan optimal.

Penelitian ini dilakukan pada 20 anak anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri berusia 5-6 tahun, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pop up raksasa dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri Tahun Ajaran 2017-2018.

Referensi

Anas Sudijono. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dadan Djuanda. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatot Kaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.Undergraduate.ac.id, diakses pada 22 Oktober 2017)
Enny Zubaidah. (2005). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta:FIP UNY.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandra & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Menteri Pendidikan Nasional. (2009). PP No 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD
Montanaro, A. (2009). A Concise History Of Pop Up And Movable Books. (http://www.libraries.rutgers.edu/rul/libs/squa/montanar/p-intro.htm, diakses tanggal 25 Oktober 2017).
Muktiono, J. (2003). Aku Cinta Buku (menumbuhkan minat baca pada anak).Jakarta. Elex Media Komputindo
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak (Alih bahasa: Mila Rahmawati & Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat Publising.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat
Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Diterbitkan
2018-02-01
Bentuk Sitasi
Kurniawati, E. (2018, February 1). Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 13-21. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/152
Section
Articles