Kegiatan Melipat Kertas dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun

  • Herini Kuswardani IKIP PGRI Jember
Kata kunci: Melipat Kertas, Motorik Halus

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 Di Tk Tunas Cita Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018.  Penelitian dilaksanakan dalam 3 minggu dengan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian   adalah anak usia 4-5 di Tk Tunas Cita Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 orang anak 9 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Tehnik analisis data kualitatif deskriptif (penjabaran kalimat) dengan model siklus. Hasil penilaian hasil observasi diperoleh dengan cara menjumlahkan bintang pada aspek motorik halus dan melipat kertas dibagi 3. Sedangkan untuk menghitung prosentase keberhasilan tindakan diperoleh dengan cara menjumlah siswa yang memperoleh bintang 4 dibagi jumlah siswa seluruhnya dan di kalikan 100. Dari cara tersebut diatas diperoleh peningkatan dalam keterampilan motorik halus anak pada pra siklus 50%, siklus 1 hanya 21% , siklus 2 naik menjadi 70% pada aspek motorik halus anak dan pra siklus 42%, siklus 1 25%, siklus 2 naik menjadi 80% pada aspek kegiatan melipat kertas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan motorik halus   pada anak usia 4-5 di TK Tunas Cita Sidoarjo. Saran yang dapat disampaikan supaya guru Anak Usia Dini dan orang tua dapat menggunakan kegiatan melipat sebagai salah satu cara meningkatkan motorik halus pada anak.

 

Referensi

ANs, H. (2015). let's play origami cerdas ddan kreatif dengan kertas. Jajar, Laweyan, Surakarta: Lintang.
Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv. Yrama Widya.
Anita, M. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Baturetno Banguntapan Jogjakarta: Diva Press.
D. S. perkembangan dan belajar motorik. jakarta: departemen pendidikan dan kebudayaan jendral pendidikan dasar dan menengah.
Heri Rahyubi, M. (2012). Teori-teori Belajar dan aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Santoso, M. d. (2002). petunjuk teknis model pengembangan motorik anak prasekolah. Jakarta: Direktorat Olahraga Masyarakat, Ditjen Olahraga Depdiknas.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Sri Widayati, M. (2014). Buku Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta: Penerbit GAVA MEDIA.
Diterbitkan
2018-02-01
Bentuk Sitasi
Kuswardani, H. (2018, February 1). Kegiatan Melipat Kertas dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 22-29. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/153
Section
Articles