Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017

  • Dina Nuzulul Rahmawati FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
Kata kunci: Surat-surat Pendek, Metode Kinestetik, TKIT Nurul Islam Pelem

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak Kelompok B TKIT Nurul islam Pelem dalam menghafal surat-surat pendek, dengan metode kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model John Elliot yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana dalam setiap siklus dilaksanakan lima tindakan dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan tiga siklus ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Angka ini lebih besar dari ketuntasan sebelum dilakukan tindakan dan lebih besar dari angka yang dipakai untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya metode kinestetik dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bahwa metode kinestetik dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal surat-surat pendek.

Referensi

Dhieni, Nurbiana, dkk, 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Handiyanto, Tri, 2010. Studi Komparasi Kemampuan Menghafalkan Doa Sehari-hari antara Anak-anak di RA Al Hidayah Dharma Wanita Persatuan IAIN Walisongo dan Anak-anak di TK Al Hidayah IX Ngaliyah Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang : Tarbiyah IAIN Walisongo
Hidayah, Siti Ulil, 2014. Metode Komunikasi Bahasa Gerak Tubuh dan Lisan Pada Materi Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta : FDK UIN Sunan Kalijaga
Kurnia, Yaya dan Andi Rusbandi, 2016. Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-kanak Kelompok Kompetensi G. Bandung : PPPPTK TK DAN PLB
NN, 2013. Pengertian Kinestetik. (Online). Tersedia : http//souletz.blogspot.com/2013/02/apa-itu-kinestetik.html. diunduh 20 Desember 2016
Pamilu, Anik, 2007. Mengembangkan Kreatifitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta : Citra Media
Raharjo, Setiaji, 2012. Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Al Husna II Pengasih, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: FIP UNY
Octarina, N. F., Wajdi, M. B. N., Setiawan, M. I., Sukoco, A., Purworusmiardi, T., & Kurniasih, N. (2017). Tinjauan terhadap UU ITE untuk Penerapan Rekam Medis Berbasis Online pada Penduduk Muslim di Indonesia. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(2), 78–94.
Setiawan, M. I., Surjokusumo, S., Ma’soem, D. M., Johan, J., Hasyim, C., Kurniasih, N., Sukoco, A., et al. (2018). Business Centre Development Model of Airport Area in Supporting Airport Sustainability in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, p. 12024). IOP Publishing.
Rahayu, Reni Tri, 2014. Meningkatkan Daya Ingat Melalui Penggunaan Media Mind Mapping Pada Anak Kelompok B1 TK LKMD Singosaren Banguntapan.Skripsi.Tidak dipublikasikan. Yokyakarta: FIP UNY
Safari Rahmat, 2013.Mengembangkan Pembelajaran Al – Quran.(Online).Tersedia : http//pembelajaranalquran.wordpress.com. diunduh 01 Agustus 2017
Sujiono, Bambang, dkk, 2014. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka
Sulaeman, Dina Y, 2007. Doktor Cilik Hafal dan Paham Al – Quran. Depok :Pustak IIMaN
Supartini, Elis dan Dini Wati, 2016. Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-kanak Kelompok Kompetensi A. Bandung : PPPPTK TK DAN PLB
Suryana, Dadan dan Nenny Mahyudin, 2014. Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Tanujaya, Benidiktus dan Jeinne Mumu, 2016.Penelitian Tindakan Kelas Panduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta : Media Akademi
Wahid, Wiwi Alawiyah, 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al – Qur’an.Jogjakarta : DIVA Press
Yus, Anita, 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Prenada Media
Zuhdi, Abdul Aziz, 2011. Upaya Peningkatan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Melalui Metode Jama’ Siswa Kelas IV SDIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Magelang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Salatiga: Tarbiyah STAIN Salatiga.
Diterbitkan
2018-01-30
Bentuk Sitasi
Rahmawati, D., & Dwiyanti, L. (2018, January 30). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 44-50. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/160
Section
Articles