Penerapan Nilai-Nilai Moderasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar
Abstrak
Moderasi beragama memiliki keselarasan dengan tujuan pendididkan nasional sebagaimana yang telah diuraikan di atas, dimana keduanya mengedepankan keseimbanagan terhadap ragam keyakinan, moral dan menjunjung tinggi kebinekaan serta toleransi dengan saling mengharagai, menghormati satu sama lain dalam bingkai kehidupan beragam yang harmonis. Mengarah pada tujuan pendidikan nasional Kurikulum merdeka salah satu kurikulum yang didesain dengan menekankan pendidikan karakter yang berorientasi pada profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif dimana peneliti mendeskripsikan temuan yang diperoleh terkait penerapan nilai-nilai moderasi dalam kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada kurikulum merdeka, dilakukan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam dengan membentuk sikap dan kepribadian yang baik dengan berakhlak mulia dan menjalankan ajaran agama, pembelajaran merujuk pada profil pelajar pancasila yang memuat enam dimensi, namun yang berkaitan dengan moderasi beragama terdapat tiga dimensi yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global dan bergotong royong.
Referensi
Auliya’Ayu. (2023). Mempersuapkan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Seminar Hasil Riset Dan Pengabdian Ke 4.
Azis, A. A. (n.d.). Implementasi Moderasi beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementrian Agama Indonesia.
Cahaya. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 13(2).
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640
Gaol, N. T. L. (2023). Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental. PT.Scifintech Andrew Wijaya.
Hilmin, Noviani, D., & Yanuarti, E. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1)
Indonesia, K. A. R. (2023). Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama Republik Indonesia.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Khusaini, A. A., & Inayati, U. (2022). Manajemen Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI di SD. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1734
Maskykhur, A. (2019). Gerak Langkah Pendidikan Islam Untuk Moderasi Beragama: Potret Penguatan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui Pendidikan Islam. Ciputat Tanggerang Selatan.
Putri, O. A., & Nurmal, I. (2022). Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Merdeka Belajar. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1564
Qasim, M. (2020). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. Gowa: Alauddin University Press.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 3(3).
Ruslan, I. (2020). Kontribusi Lembaga-Lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Sukabumi: Arjasa Pratama.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095