Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Penggunaan Metode Bercakap-cakap dengan Media Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Muhdiyin Perum Cigunung Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

  • Yanti Nuryanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Indra Zultiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ibnu Hurri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Kata kunci: Berbicara, Media Gambar, Anak usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 Tahun di RA Al-Muhdiyin Sukaresmi Kecamatan Cisaaat Kabupaten Sukabumi yang masih relatif rendah karena dalam proses pembelajaran masih jarang menggunakan media. Sehingga penggunaan media gambar dengan metode bercakap-cakap diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya. Desain penelitian yang digunakan adalah desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang di dalamnya berisi empat langkah dalam satu siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan dengan subjek penelitian yaitu semua anak yang berada pada kelompok A di RA Al-Muhyidin Sukaresmi Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi yakni 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi dengan teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dengan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dilihat pada pedoman observasi dari sebelum tindakan sampai siklus II yakni sebelum tindakan/pra siklus mendapat hasil 10%, siklus I mencapai hasil 40%, pada siklus II mencapai hasil 90%. Hasil ini melebihi dari target penelitian yang mentargetkan 80% keberhasilan dari tindakan I (siklus I) dan tindakan (siklus II), dengan kegiatan yang berbeda.

Referensi

Anita. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal al-Shifa Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 06. No. 02.
Arikunto. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dharma, I. dkk. 2015. Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pndidikan Anak Usia Dini. Volume 3 No.1.
Eliyawati, C. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : DEPDIKNAS
Hayati, dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-cakap. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2 No. 2 Hal. 58-68.
Huliyah, M. 2016. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-sibyan. Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 1, No. 1, Hal.60-71.
Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Isna, A. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo : Jurnal Al_Athfal. Vol. 2 No. 2.
Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Ladapase, E.M. 2021. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 4 Tahun (Studi Kasus Di Lembaga Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Karya Ilahi). Vol 1 No 2 (E-ISSN 2797-2127)
Lestari, D. 2020. Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfalmau’Izah Hasanah Kecamatan Tambang. UIN SUSKA RIAU
Margaretha, L. 2020. Teori-Teori Belajar Untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Early Child Research and Practice - ECRP. 1 (1), 8-15.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Novan Ardi Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Nuraiha. 2020. Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjab Timur. Jurnal Literasiologi. VOLUME 4 NO. 1.
Nurbiana Dhieni. Dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.
PERMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta; Depdikbud
Rahmat, S.A. dkk. 2021. Penerapan Metode Bercakap-cakap Terhadap Pengembangan Komunikasi Anak Dalam Efektifitas Pembelajaran di PAUD Tarbiyatul Wildan. Proceedings. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Vol: 1 No: LXXV.
Risky Ramadani. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B2 di TK. Aisyiah Randubelang. Skripsi PG PAUD. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.
Rosidin, D. 2003. Akar-akar Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadits. (Bandung: Pustaka Umat. H.16
Sadiman, A.S, dkk. 2002. Media Pendidikan, Cetakan Kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, M. dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Volume 4 (1), Hal 18-24.
Sriwahyuni, E & Nofialdi. Metode Pembelajaran Yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. Vol. 4 No. 1
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta.
Depdiknas.
Suradinata, N.I dan Maharani, E.A. 2020. Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal for Education Research. Volume 1 Issue 1. Pages 28-37
Susanto, A. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Wahyudin dan Agustin. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung; PT. Refika Aditama
Wina Sanjaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yamin, M. (2013). Profesionalisasi guru & Implementasi KTSP. (Ciputat, Gaung Persada Press). hlm 132-133.
Yani H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. jurnal PAUD Agapedia, Volume ke-2 Nomor 2.
Yulliyanti, I. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Penggunaan Boneka Tangan Pada Kegiatan Bercerita Tema Keluargaku Di Kelas B TK Al-Irsyad Desa Cileuyi Wetan Kec. Cileunyi Kab.Bandung.
Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2023-07-31
Bentuk Sitasi
Nuryanti, Y., Zultiar, I., & Hurri, I. (2023, July 31). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Penggunaan Metode Bercakap-cakap dengan Media Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Muhdiyin Perum Cigunung Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 330-340. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1890
Section
Articles