Pengembangan Modul Ajar Baju Daerah Sunda untuk Siswa di RA As Sunnah Kota Sukabumi

  • Siti Hilma Malihah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ash-Shidiqi Poppariyana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Kata kunci: Pengembangan, Modul Ajar, Baju Daerah Sunda

Abstrak

Dewasa ini pengembangan adalah suatu proses merencanakan pembelajaran secara logis, dan sistematis dalam rangka untuk menetapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik. Modul ajar kerap menjadi bahan perbincangan guru di sekolah seluruh jenjang, baik tingkat dasar, menengah dan atas. Pada dasarnya modul ajar merupakan materi pembelajaran yang disusun secara ekstensif dan sistematis dengan acuan prinsip pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa pada kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut sebagai Kurikulum Merdeka. Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul ajar baju daerah sunda untuk siswa di RA As-Sunnah Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu lembar observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari peneltian ini berupa produk Modul Ajar Baju Daerah Sunda yang bisa diimplementasikan di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil uji lapangan menunjukan dapat modul yang telah dibuat dapat menjadikan pembelajaran efektif dalam pengenalan baju daerah.

Referensi

Dwijendra, U., Ganesha, U. P., & Education, J. (2022). Nalisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. 10(3), 694–700.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Potensia, J. I. (2020). Published: July 31. 5(2), 83–90.
Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. SINDANG-Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/1192
Anggraeni, I. (2019). Pengertian Implementasi dan PendapaT Ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16–36.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Sutisnawati, A., Lukman, H. S., & Sukabumi, U. M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGEMBANGAN APLIKASI KOPI D ’ LIMA UNTUK. 8(4), 1583–1592.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Pembelajaran, K., Dalam, T., Merdeka, K., & Paud, J. (n.d.). “Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa yang unggul dan Tangguh.” 179–184.
Rakhman, A., & Khalif Alam, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 2581–0413.
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Lubis, H. Z. (2011). Implementasi Penerapan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. 5(2).
Pembelajaran, T., Usia, A., Dalam, D., & Neurosains, K. (2003). Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2014), h. 23. 1 1. 1–15. https://idr.uin-antasari.ac.id/13927/
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). Peraturan Pemerintah Tentang Pelestarian Tradisi. 187.
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Safitri, S. G., & Aulina, C. N. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. 3(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131
Solehudin, dkk. 2022. Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7486-7495.
Supiyah, Fadillah, & Miranda, D. (2021). Pengenalan keberagaman budaya pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak se-kecamatan sungai raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4), 1–8.
Surat Keputusan Kemendikbud Nomer 008/H/KR/2022. Tentang Capaian Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Suryaman, Maman. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Malihah, S., Elnawati, E., & Poppariyana, A. (2024, January 24). Pengembangan Modul Ajar Baju Daerah Sunda untuk Siswa di RA As Sunnah Kota Sukabumi. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 29-35. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2142
Section
Articles