Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat

  • Reza Estianti Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
Kata kunci: Membatik Jumputan, Kecerdasan Interpersonal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan membatik jumputan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B di TK Pertiwi Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat sebanyak 15 orang anak.. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.  Hasil penelitian membuktikan bahwa ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ yaitu 9.979 > 2.160 pada taraf signifikan α = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan membatik jumputan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kuala Tungkal yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (strong efect). Dengan demikian kegiatan membatik jumputan dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.

Referensi

Amalia, D. N., & Anwar, A. S. (2023). Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa dengan Kegiatan Pelatihan Batik Jumputan di SDN Wancimekar 3. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 4868-4878.
Asrofiyah, N., Trihanondo, D., & Yuningsih, C. R. (2021). Kajian Ikat Celup Dari Sudut Pandang Seni Rupa Di Masa Pandemi (studi Kasus: Play With Pattero Dan Club Juma). EProceedings of Art & Design, 8(2).
El Fiah, R. (2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Taman Kanak-Kanak (TK). Depok: Rajawali Pers.

Fajrin, L. P., & Khoyimah, A. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Melalui Batik Jumputan. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1).
Febriawan, M. D., Vidianti, R., Rizal, M.S., & Miradji, M. A. (2019). Pelatihan
Pembuatan Batik Jumput. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(2), 21–24. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/183
Hapsari, P.S., Badriyah, S., & Utomo, T.P. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak SD Dengan Pelatihan Pembuatan Jumputan Untuk Asesoris Interior. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1).
Muamalah, A. N. (2017). Kerajinan Ikat Celup di Batik Parang Kaliurang Sleman Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Putri, P.P., Sumardi., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1).
Rochmah, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Labschool UNESA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1).
Rofiah, S. D., & Mangkuwibawa, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 91–102. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8109
Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Setiawati, E., &BNingsih, R. (2017). Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Bidayah, 8(2).
Setiawati, E., & Ningsih, R. (2017). Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. BIDAYAH : Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2).
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Indeks.
Tawulo, O., & Anhusadar, L. (2022). Membatik jumputan untuk meningkatkan motorik halus pada masa pandemi covid 19 melalui home visit. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 37–47.
https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13064
Utami, W. S., Indryani., & Azmi, I. F. (2024). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 9–17. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.9-1
Utami, W.S., & Harianja, S.I. (2023). Pengembangan Model Stimulasi Geometri Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) untuk Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 25-36. http://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10il.18879
Wulandari, Jaenudin, R., & Rusmin. 2016. Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi Di Kelas X Sma Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 3(2).
Wuryani, F.S., & Putri, R.O.C.E. (2022). Pengenalan Batik Jumputan Sebagai Media Alternatif Keterampilan Kepada Ibu PKK Perum Solo Elok, Mojosongo, Surakarta. Jurnal Pengabdian Abdi Seni Kepada Masyarakat,13(1)
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Estianti, R., Sukendro, S., & Utami, W. (2024, January 24). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 80-88. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2148
Section
Articles