Peningkatan Pengenalan Sains Pada Anak Melalui Kegiatan Menanam Sayuran Kelompok B4 Semester Ganjil di TK Pertiwi Metro Tahun Pelajaran 2017-2018

  • Muchsonny Muchsonny TK Pertiwi Metro
  • Rizky Hidayatullah Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Muhammad Saidun Anwar Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
Kata kunci: Peningkatkan, Pengenalan Sains Anak, Kegiatan Menanam Sayuran

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak di kelompok B4  TK Pertiwi Metro. Masalah yang  dibahas dalam penelitian ini adalah manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak di kelompok B4. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus ada 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Obyek penelitian dilaksanakan pada TK Pertiwi Metro Tahun Pelajaran 2017-2018.Alat pengumpul data yang digunakan dalam peneltian ini adalah dengan observasi langsung dengan langkah-langkah pengumpulan data, analisis data, dan mengambil kesimpulan untuk mengetahui sejauh mana manfaat manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak dan dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian               ini diharapkan berdampak menjadikan  anak-anak lebih mampu, lebih teliti, lebih senang dan lebih percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran.khususnya pada pengenalan sains

Diterbitkan
2019-07-16
Bentuk Sitasi
Muchsonny, M., Hidayatullah, R., & Anwar, M. (2019, July 16). Peningkatan Pengenalan Sains Pada Anak Melalui Kegiatan Menanam Sayuran Kelompok B4 Semester Ganjil di TK Pertiwi Metro Tahun Pelajaran 2017-2018. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 103-111. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.433
Section
Articles