The Influence of Singing Method on Expression of Children's Emotion at Kindergarten of Jabal Rahmah Padang

  • Nadia Resika Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Singing Method, Emotional Expression

Abstrak

The method that can develop children's emotional expression is to use the method of singing, based on the background of the problem that researchers found, this study wants to find out the extent of the effect of the singing method on children's emotional expression. The research approach used quasi-experiment with the subject: group B1 consisted of10 children in which 6 boys and 4 girls, and group B2 consisted of 10 children in which 7 boys and 3 girls. The data collection techniques used were action tests, with tools collection data using statement sheets, then managed using a data difference test (t-test). The results showed the experimental class with the singing method got an average value of 88.75 higher than those in the control class 78.12 using the role-playing method. Visible   t count > t table is 2,41590> 2.10092. It can be concluded that the method of singing affects the emotional expression of children in kindergarten Jabal Rahmah Padang in 2018/2019 school year

Referensi

Astuti, Yuliani Dwi, 2018. Ayah,Ibu,,ajari aku lagu sederhana. Jawa Barat: Cv Jejak
Aziz, I. N. (2017). Curriculum Development of KKNI at English Education Department of INKAFA Gresik. Jalie, 2, 3. Retrieved from Jalie.com
Astuti, Sri Wahyuni, dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kecerdasan
Aryenis. 2018. Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu.Jurnal Ilmia Pesona PAUD. Vol 5, Nomor 2. 2018.
Dewi, Ni Luh Komang Mulya, dkk. 2017. Pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap kecerdasan verbal linguistik pada anak kelompok B1 TK Bhuana Peguyungan Denpasar Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, Nomor 2. 2017.
Filtri, Heleni.2017. Perkembangan Emosional Anak Usia Dini 5-6 tahun Ditinjau dari Ibu yang bekerja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, Nomor 1, 2017.
Fajrin, Putri Noerizka. 2017. Ekspresi Kegembiraan Anak dalam Model Pembelajaran Sentra di Kelompok B TK ABA Jogokaryan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi-5 tahun ke-6 2016.
Isnanigsih, 2016. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak TK Aba Seropan Dlingo Bantul Yogyakarta. Jurnal Anak Usia Dini, Edisi 7 tahun ke-5 2016.
Lubis, Ramadhan dan Khadijah. 2018. Permainan Tradisonal sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 4, Nomor 2, 2018.
Mulyana, dkk. 2017. Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di TK Pertiwi DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia,Vol 1 Nomor 2,2017.
Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangnya. Jakarta: Prenadamedia group.
Miranti, dkk. 2015. Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol II, Nomor 2. 2015.
Ndari, Susianty S. 2018. Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher. Edu Publisher.
Nurmalitasari, Femmi. 2015. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Program Magister Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Bulletin Psikologi. Vol 23, Nomor 2, 2015.
Rakimahwati, dkk. 2018. Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Earlu Childhood. Vol 2, Nomor 2b. 2018.
Suryanigsih.2015. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menigkatkan Kecrdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Vol 4, Nomor 1. 2014.
Susilawati, 2014. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment,Vol 4, Nomor 1. 2014.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Suryani, Hendryadi, 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Suryana, Dadan. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Sobur, Alex. 2011. PsikologiUmum. Bandung: Pustaka Setia.
Wahono, 2015. Perkembangan Keterampilan Menyanyi dan Mewarnai dalam rangka meningkatkan aspek sosial-emosional anak usia 5-6 tahu. Jurnal Pedagogi,Vol 2. Nomor 2, 2015.
Yeni, Indra dkk. 2018. Stimulasi Emosi Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi Bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Ampek Angkek dan Candung Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, Vol 5. Nomor 2. 2018.
Yeni, Indra. 2010. Pengantar Seni Musik untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.
Diterbitkan
2019-07-30
Bentuk Sitasi
Resika, N., & Yeni, I. (2019, July 30). The Influence of Singing Method on Expression of Children’s Emotion at Kindergarten of Jabal Rahmah Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 142-147. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.442
Section
Articles