Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Ekspresi Emosi Anak di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang

  • Nadia Resika Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Metode Bernyanyi, Ekspresi Emosi

Abstrak

Metode yang dapat mengembangkan ekspresi emosi anak adalah dengan menggunakan metode bernyanyi, berdasarkan latar belakang masalah  yang peneliti temukan,  penelitian  ini  ingin mengetahui sejauh  mana pengaruh metode bernyanyi terhadap ekspresi emosi anak. Pendekatan penelitian menggunakan quasy eksperiment dengan  subjeknya yaitu kelompok B1terdiri dari  10 anak dimana 6 anak laki-laki dan 4 perempuan, dan kelompok B2 terdiri dari10 anak dimana 7 anak laki-laki dan 3 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  tes perbuatan, dengan alat pengumpulan  data menggunakan lembaran pernyataan, berikutnya dikelola menggunakan uji perbedaan (t-test) data. Hasil penelitian  menunjukkan  kelas ekspreimen dengan  metode bernyanyi  mendapatkan  nilai rata-rata lebih tinggi 88,75 dibandingkan dengan  yang berada di kelas kontrol 78,12   menggunakan  metode bermain peran. Terlihat  thitung > ttabel yaitu 2,41590 > 2.10092. Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bernyanyi mempengaruhi ekspresi emosi anak di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang tahun ajaran 2018/2019

Diterbitkan
2019-07-16
Bentuk Sitasi
Resika, N., & Yeni, I. (2019, July 16). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Ekspresi Emosi Anak di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 174-180. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.442
Section
Articles