Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang

  • Resi Novela Universitas Negeri Padang
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Kolaborasi, Guru, Orang Tua, Perkembangan Anak

Abstrak

Penelitian ini menggambakan tentang kolaborasi orang tua dan guru dalam perkembangan anak di Taman Kanak-kanak Alam Minangkabau, Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kolaborasi guru dan orang tua yang sangat bagus yaitu dengan Komunikasi guru dan orang tua, menghubungi dengan via ponsel, buku penghubung, surat-menyurat, dan penerimaan rapor. Dalam kolaborasi guru dan orang tua tidak ada hambatan yang terlalu berarti karena guru selalu mencari cara untuk tepap menjalin kolaborasi dengan orang tuak. Kolaborasi guru dan orang tua banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh guru yaitu guru dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak di rumah, oleh orang tua yaitu mengetahui perkembangan anak di sekolah, dan oleh anak yaitu anak akan berkembang dengan baik karena apa yang diajarkan di sekolah juga akan diterapkan di rumah.

Diterbitkan
2019-07-25
Bentuk Sitasi
Novela, R., & Yulsyofriend, Y. (2019, July 25). Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 181-187. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.443
Section
Articles