Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca Pada Permainan Kartu Kata

  • Yuli Ani Setyo Dewi STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Meningkatkan Kemampuan Bahasa, Metode Membaca, Media Kartu Kata

Abstrak

Metode membaca merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode membaca tidak membosankan maka seiring dengan perkembangan teknologi metode membaca dituangkan dengan bantuan media kartu kata, sehingga pembelajaran dengan metode membaca pada anak usia dini tidak membosankan.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan kemampuan bahasa pada anak; 2) memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui metode membaca dengan media kartu kata di kelompok B RA Al Huda Penulupan. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiannya anak didik kelompok B di RA Al Huda Penulupan, yang terdiri dari 24 anak, di Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak anak didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak di kelompok B Ra Al Huda lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan menggunakan media audio visual, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 75%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana  tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penelitian yaitu 85%, Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan metode membaca, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode membaca dengan media kartu kata dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan bantuan media audio visual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak.

Referensi

Anggani Sudono. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
AzharArsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Enny Zubaidah. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Balai Pustaka.
Dhieni Nurbiana, dkk. 2008. “Metode Pengembangan Bahasa”. Jakarta: Elangga.
Harun Rasyid dkk. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini .Yogyakarta: Multi Pressindo.
Helyantini Soetopo. (2009). Pintar Memakai Alat Bantu Ajar. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Mudjito. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Permendiknas. (2010). Standart Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Suratno. 2005. Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas
Suharso dan Ana Retnoningsih. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.
Suharsimi Arikunto dkk. (2009 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2019-07-16
Bentuk Sitasi
Setyo Dewi, Y. (2019, July 16). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca Pada Permainan Kartu Kata. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 208-216. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.452
Section
Articles