Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius Di TPQ Safinatun Najah Desa Jatirejo Kecamatan Lekok

  • Salsabila Umniyati STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: TPQ, Pendidikan Karakter, Religius

Abstrak

Kegiatan KKM di Desa Jatirejo Kecamatan Lekok ini di latar belakangi oleh kurangnya peran TPQ dalam penanaman pendidikan karakter (religius), penguatan peran TPQ dalam pendidikan karakter religius pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode Konsultasi, yaitu berupa diskusi interaktif, Mediasi, tim pengabdian sebagai mediator terkait penyelesaian masalah, Pendampingan, yaitu tim KKM melakukan pengabdian terhadap santri di TPQ Safinatun Najahdan terhadap pengajar TPQ Safinatun Najah. Adapun hasil dan temuan dalam pengabdian ini adalah 1). Terdapat penguatan karakter religious (Islam) pada santri TPQ Safinatun Najah , 2) pengajar dapat mengembangkan pembelajaran dengan memasukan unsur karakter, 3) habituasi yang di laksanakan di TPQ Safinatun Najah, merupakan salah satu alternatif dalam usaha penguatan pendidikan karakter religious (Islam) kepada santri.

Referensi

F Kh & Mukhlis. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. LUKMAN : 13 – 19. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3.
Faizah, dkk dalam Zuhdi.Faizah, dkk dalam Z. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di Sekolah Dasar. E-Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Fujiawati. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni,. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1.
Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib, 8.
Hidayah, et al. (2018). Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2).
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1.
Tim PPK. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: kemendikbud.
Diterbitkan
2022-03-20
Bentuk Sitasi
Umniyati, S., & Ismawati, P. (2022, March 20). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius Di TPQ Safinatun Najah Desa Jatirejo Kecamatan Lekok. Proceeding: Nasional Seminar for Research Community Development, 5(1), 79-83. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/NaSReCD/article/view/1097

Most read articles by the same author(s)