Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius Di TPQ Safinatun Najah Desa Jatirejo Kecamatan Lekok
Abstrak
Kegiatan KKM di Desa Jatirejo Kecamatan Lekok ini di latar belakangi oleh kurangnya peran TPQ dalam penanaman pendidikan karakter (religius), penguatan peran TPQ dalam pendidikan karakter religius pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode Konsultasi, yaitu berupa diskusi interaktif, Mediasi, tim pengabdian sebagai mediator terkait penyelesaian masalah, Pendampingan, yaitu tim KKM melakukan pengabdian terhadap santri di TPQ Safinatun Najahdan terhadap pengajar TPQ Safinatun Najah. Adapun hasil dan temuan dalam pengabdian ini adalah 1). Terdapat penguatan karakter religious (Islam) pada santri TPQ Safinatun Najah , 2) pengajar dapat mengembangkan pembelajaran dengan memasukan unsur karakter, 3) habituasi yang di laksanakan di TPQ Safinatun Najah, merupakan salah satu alternatif dalam usaha penguatan pendidikan karakter religious (Islam) kepada santri.
Referensi
Faizah, dkk dalam Zuhdi.Faizah, dkk dalam Z. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di Sekolah Dasar. E-Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Fujiawati. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni,. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1.
Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib, 8.
Hidayah, et al. (2018). Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2).
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1.
Tim PPK. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: kemendikbud.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.