Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Chain Writing di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan menulis karangan narasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode Chain Writing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode Chain Writing pada siswa kelas V SDN 005 Bukit Ranah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 005 Bukit Ranah yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pratindakan sebesar 60,40, pada sikus I meningkat menjadi 67,73 dan pada siklus II menjadi 80,6. Peningkatan presentase siswa yang mencapai KKM dalam menulis karangan narasi pada kondisi pratindakan sebesar 31,25%, siklus I 34,37% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Chain Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 005 Bukit Ranah.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Chain Writing, dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Downloads
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriyanti, R. (2017). Pengaruh Metode Chain Writing Terhadap Hasil Belajar Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 276–282.
Ika, Erlina, Seyaningrum. 2015. keefektifan Metode Menulis Berantai Dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Galur, Kulon Progo, Yogyakarta. Skripsi. Universita Negeri Yogyakarta.
Maimunah, S., Hetilaniar, H., & Selegi, S. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Teknik Reka Cerita Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 11(2), 123–132.
Marta, R.(2020). Jounal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi. Jurnal Jote: Journal on Teaching Education, 1(2),39-46.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta,CV.https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/diakses tanggal 23 Maret 2022
Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Number head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1),135-138
Yeti, Mulyati. (2009). Keterampilan Barbahasa Indonesia. Jakarta:Universitas Terbuka
Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.