Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Chain Writing di Sekolah Dasar

  • Nur Elvina Putri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rudial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Chain Writing, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan menulis karangan narasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode Chain Writing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode Chain Writing pada siswa kelas V SDN 005 Bukit Ranah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 005 Bukit Ranah yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pratindakan sebesar 60,40, pada sikus I meningkat menjadi 67,73 dan pada siklus II menjadi 80,6. Peningkatan presentase siswa yang mencapai KKM dalam menulis karangan narasi pada kondisi pratindakan sebesar 31,25%, siklus I 34,37% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Chain Writing  dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 005 Bukit Ranah.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Chain Writing, dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriyanti, R. (2017). Pengaruh Metode Chain Writing Terhadap Hasil Belajar Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 276–282.
Ika, Erlina, Seyaningrum. 2015. keefektifan Metode Menulis Berantai Dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Galur, Kulon Progo, Yogyakarta. Skripsi. Universita Negeri Yogyakarta.
Maimunah, S., Hetilaniar, H., & Selegi, S. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Teknik Reka Cerita Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 11(2), 123–132.
Marta, R.(2020). Jounal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi. Jurnal Jote: Journal on Teaching Education, 1(2),39-46.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta,CV.https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/diakses tanggal 23 Maret 2022
Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Number head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1),135-138
Yeti, Mulyati. (2009). Keterampilan Barbahasa Indonesia. Jakarta:Universitas Terbuka
Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.
Diterbitkan
2022-12-31
Bentuk Sitasi
Putri, Nur, Rudial Marta, and Yenni Surya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 4 (December 31, 2022): 83-88. Accessed May 25, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1254.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)