Problematika Pendidikan Agama Islam di Desa Batu Layang

  • Poppy Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Annisa Rahmadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Namira Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rapita Wizaoktavia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rapita Wizaoktavia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ramadan Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Problematika, Pendidikan Agama Islam, Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui problematika pendidikan agama Islam (PAI) di salah satu desa yang terletak di Kabupaten Deli Serdang desa batu layang.  problematika menjadi suatu permasalahan dan tantangan tersendiri yang perlu diselesaikan khususnya pada bidang pendidikan. Sangat banyak permasalahan dalam pendidikan yang belum di selesaikan. masalah Pendidikan Agama Islam di desa Batu Layang khusus terfokus kepada para pengajar,sekolah,dan masyarakat. Sebab problematika pendidikan agama Islam sendiri tidak bisa hanya terfokus pada instansi pendidikan tetapi permasalahan bagi semua masyarakat. Penelitian ini memakai metode kualitatif, berdasarkan pendekatan analisis. Dari hasil penelitian ini bahwasannya masyarakat muslim desa ini masih sangat tertinggal jauh dari nilai-nilai agama Islam, kurangnya fasilitas untuk melakukan kegiatan keagamaan, pengetahuan tentang ilmu agama yang masih minim sebab kurangnya atau tidak adanya pengajar di desa tersebut, hingga akhlak dan sopan santun yang masih harus diperbaiki di Desa Batu Layang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arifin, Z. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3(November), 115–126.
Asmaun, S. H. (2013). Problematika & Solusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Nasa Pratama, 1–224(1), 1–224.
Bakar, M. Y. A. (2015). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia. In DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 1, pp. 99–123).
Dahniar, D. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 157–166.
Di, P. A. I., Tinggi, P., & Ptu, U. (2021). 1992-8148-1-Pb. 18(2).
Fauzi, N., & Muhidin, A. A. (2021). Perkembangan Pendidikan Islam di Daerah Minoritas Muslim. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 5(1), 11–27.
Helmiati, Moh. Matsna HS, Kadar, Supriadi, Bakhtiar, N., & Kosasih, A. (2017). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat, 1, 322.
Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(2), 2222–2230.
Said, A. (2018). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi Umum. Journal TA’LIMUNA, 2(2), 92.
Sinaga, S. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu KeIslaman, 2(1), 14.
Yunof Candra, B. (2019). Problematika Pendidikan Agama Islam. Journal ISTIGHNA, 1(1), 134–153.
Zulpan & Ahmad. (2019). Jurnal Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 8(October), 148–159.
Diterbitkan
2023-03-25
Bentuk Sitasi
Hidayah, Poppy, Annisa Rahmadani, Namira Syahputri, Rapita Wizaoktavia, Rapita Wizaoktavia, and Ramadan Lubis. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 1 (March 25, 2023): 204-213. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1279.
Section
Articles