Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak dalam Mewujudkan Generasi yang Berakhlakul Karimah (Studi Kasus di Dusun Karya Maju, Desa Bunut, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan)

  • Aisyah Amini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Hizrahtul Darsani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Indri Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Misna Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • M. Iqbal Ihsani Iqbal Ihsani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rizkia Zahra Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Sokon Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Yusrina Rsia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Dampak, Penggunaan, Gadget, Perilaku Sosial

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak. Adapun lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu terdapat pada Dusun Karya Maju, Desa Bunut, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif, sedangkan metode yang digunakan ialah studi kasus, dan teknik penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif kualitatif, kemudian untuk teknik pengumpulan data nya yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan juga pencatatan yang dilakukan peneliti di lapangan terkait dengan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan gadget pada anak di dusun karya maju itu bekisar 4-8 jam perhari. Adapun aplikasi-aplikasi yang sering dibuka adalah game online, youtube, tiktok, facebook, dan juga instagram. Penggunaan gadget dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap penggunanya. Dampak positifnya yaitu mempermudah dalam memperoleh informasi dan komunikasi, membantu proses pembelajaran selama daring, dan sebagainya. Akan tetapi, selain berdampak positif ada juga dampak negatif yang ditimbulkan yaitu anak menjadi malas untuk belajar, menyebabkan kecanduan, kurang peka terhadap lingkungan, serta kurang perduli terhadap sesama.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

BudimanDidin, 2012, Bahan Ajar M.K. Psikologi Anak dalam Penjas PGSD, Bandung: UPI.
Depdiknas RI, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Farida Ai, dkk, 2021, Optimasi Gadget dan Implikasinya terhadap Pola Asuh Anak, Jurnal Inovasi Penelitian: Vol. 1 No. 8.
FatoniAbdurrahman, 2011, Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipt.
Midayana, dkk, 2019, Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini, Pernik Jurnal PAUD: Vol. 2 No. 1.
RiniNita Monita, dkk, 2021, Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak Sekolah Dasar, Jurnal Educatio: Vol. 7 No. 2.
SaniyyahLatifatus, dkk, 2021, Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus, Jurnal Ilmu Pendidikan: Vol. 3 No. 4.
Suharno dan Retnoningsih, 2011, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya.
WalgitoBimo, 2011, Teori-Teori Sosial, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Zellatifanny Cut Medika dan MudjiyantoBambang, 2018, Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi, Jurnal Diakom: Vol. 1 No. 2.
Diterbitkan
2023-06-25
Bentuk Sitasi
Amini, Aisyah, Hizrahtul Darsani, Indri Andini, Misna Hasibuan, M. Iqbal Ihsani, Rizkia Harahap, Sokon Saragih, and Yusrina Siregar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 25, 2023): 1-9. Accessed July 15, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1280.
Section
Articles