Implementasi Program Literasi Baca Tulis al-Qur’an di Desa Timbang Jaya

  • Yuda Mulia Ramadhan Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Elvy Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Bella Novianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Mutiara Hasni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Aini Jahara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Implementasi, Literasi, Al-Quran

Abstrak

Penelitian ini berjudul implementasi program literasi baca tulis al-Qur’an di desa timbang jaya. Pendidikan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan hasil wawancara yang bersumber dari salah satu guru TPQ di Desa Timbang Jaya. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti proses dalam literasi membaca Al-Qur’an di masyarakat Desa Timbang Jaya berjalan dengan baik karena adanya support yang diberikan dari orang tua Santri, guru, dan juga pemerintah desa yang memberikan suatu fasilitas sarana maupun prasarana yang memadai terhadap para santri sehingga kegiatan literasi membaca Al-Qur’an berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abd Wahid, “Al-Qur’an Sumber Peradaban,” Jurnal Ushuluddin 18, no. 2 (2012): 112–13.
Abu Hazim Muhsin bin Muhammad Bashory, (2008) Panduan Praktis Tajwid & Bid’ah Seputar Al-Qur’an: Serta 250 Kesalahan Dalam Membaca Al-Fatihah (Cet. VII; Magetan: DaarulAtsar Al-Islamiyah,)
Ahmad Warson Munawwir, (2002) Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia (Surabaya: Pustaka Proggresif)
Ajip Rosidi, (2016) Pembinaan Minat Baca. (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya)
Amirulloh Syarbini and Sumantri Jamhari, (2012) Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an
Anshori, Ulumul Qur’an: Kaidah-Kaidah Memahami Firman Tuhan (Cet;1 Jakarta: Rajawali Press, n.d.)
Aulia Akbar, “Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 1 (2017): 46– 47.
Budiharto Budiharto, Triyono Triyono, and Suparman Suparman, “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan,” SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan 5, no. 2 (2018): 156.
Dewi Mulyani, Imam Pamungkas, and Dinar Nur Inten, “AlQuran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 204.
Ika Fadilah Ratna Sari, “Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti,” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 1 (2018): 93
Ilzamudin Ma’mur. (2010) Membangun Budaya Literasi. (Jakarta: Diadit Media)
Mana’ul Quth’an. (1993) Pembahasan Ilmu Al-Qur’an. (Jakarta: PT RINEKA CIPTA)
Muhammad Gufron dan Rahmawati, (2003) Ulumul Qur’an: Praktis Dan Mudah (Yogyakarta: Teras)
Mulyani, Pamungkas, and Inten, “Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques,”
Riski Ayu Amaliah (2015), “Adab Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Santri Tahfidz Qur’an As’ Adiyah Qurra Wa al-Huffadz Masjid Agung Sengkang)” (PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,)
Samsu Somadayo, (2011) Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. (Yogyakarta: Graha Ilm,)
Sofie Dewayani, (2017) Menghidupkan Literasi Di Ruang Kelas (Yogyakarta: PT Kanisus)
Sri Triati, Bunga Rampai Psikologi Dari Anak Usia Lanjut (Jakarta: Gunung Mulia, n.d.)
Suherli Kusmana, “Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah,” Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia 1, no. 1 (2017): 142.
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, (2015) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. (Jakarta: PrenadaMedia Group)
Diterbitkan
2023-06-25
Bentuk Sitasi
Ramadhan Sitepu, Yuda, Elvy Nabila, Bella Novianti, Mutiara Hasni, and Aini Jahara. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 25, 2023): 140-154. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1295.
Section
Articles