Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Story Reading di PAUD Sehati

  • Nita Apriyani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Kata kunci: Anak Usia Dini, Pengembangan Kognitif, Story Reading

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana perkembangan kognitif anak melalui story reading. Sesudah dilakukan penerapan story reading pada anak usia dini di Paud Sehati ada peningkatan perekmbangan kemampuan kognitif pada anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif analitif. Responden dalam penelitian ini ialah anak kelompok B Paud Sehati, guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam proses pengembangan kognitif anak melalui story reading, anak menjadi memahami cerita dan dapat mengenal mana tokoh yang baik dan mana yang jahat serta dapat menumbuhkan rasa minat baca pada anak. Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Anifah, & DS, N. (n.d.). Penerapan Metode Bercerita Melalui Story Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok a Tk Pertiwi. 1–5.
Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8444
Armaita. (2016). 67 Metode Story Reading, Picture and Picture , dan Kemampuan Berbicara Armaita. 5(September), 67–77.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Khamidah, A., & Yulia, N. K. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 2(1), 8–17.
Pratiwi, E. S., & Sriyanti. (2021). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI. 2(20), 98–107.
Riyatuljannah, T., & Suyadi, S. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Sdn Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.20906
Setiawan, E., Dewi, M. S., & ... (2020). Story Telling Melalui Daring Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Dan Pendidikan Anak …, 163–173. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/10851
Sulistiyono, E., Mahanal, S., & Saptasari, M. (2017). Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (Sr-Mm). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 1226–1230.
Tambunan, F. R. (2019). Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, I(1), 1–18. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i2.395
Ulfah Umurohmi, Muhtarom, E. P. (2022). PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK. 19–25.
Ulwiyah, I. (2019). PENGARUH STORY-READING (BUKU BILINGUAL) TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI. 2(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Wahyuni, S., & Sukartiningsih, W. (2019). Pengaruh Teknik Story Reading dalam Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa. … Guru Sekolah …, 3040–3049. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/28108
Wahyuningtiyas, A. A. A., & Fachrurrazi, A. (2019). Penerapan Story Reading Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Wahana, 71(1), 11–20. https://doi.org/10.36456/wahana.v71i1.1889
Yolanda, W., & Muhid, A. (2022). EEfektivitas Metode Belajar StoryTelling untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Pandemi COVID-19 : Literature Review. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–32. https://doi.org/10.24853/yby.v6i1.9547
Diterbitkan
2023-06-25
Bentuk Sitasi
Apriyani, Nita, and Suyadi Suyadi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 25, 2023): 166-174. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1316.
Section
Articles