Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Pesisir di Kelurahan Belawan Bahari

  • Fitriani Pramita Gurning Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Cindy Annisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Derani Derani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Chintya Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Betty Maretta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Pengabdian masyarakat, kesadaran, sampah, pesisir

Abstrak

Masalah sampah merupakan masalah yang penting dan akan menyebabkan dampak bagi kesehatan yang akan dirasakan beberapa tahun ke depan. Faktor terjadinya permasalahan sampah di Kelurahan Bahari yang belum tuntas kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan adanya hal ini permasalahan sampah yang tidak diatasi secara benar akan mengakibatkan dampak yang menimbulkan kerugian bagi kehidupan manusia karena sampah dapat menimbulkan masalah kesehatan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan sampah dan dampak membuang sampah sembarangan. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 26 September 2022 di Kelurahan Belawan Bahari. Metode pengabdian yang dilakukan adalah metode direct observation atau observasi langsung kepada masyarakat di Lingkungan VI dan VIII Kelurahan Belawan Bahari dengan mewawancarai langsung masyarakatnya terkait dampak terhadap membuang sampah sembarangan, serta penyuluhan dan tanya jawab kepada masyarakatnya. Berdasarkan hasil pembahasan kegiatan  pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas masyarakat di lingkungan VI dan VIII Kelurahan Belawan Bahari berperilaku masih membuang sampah sembarangan di tepi sungai ataupun di bawah kolong-kolong rumah panggung miliknya. Dengan adanya perilaku ini maka PBL kelompok 8 memberikan sosialisasi mengenai penanggulangan sampah dan dampak membuang sampah sembarangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Fajar Wibisono, A., & Dewi, P. (2014). Sosialisasi Bahaya Membuang Sampah Sembarangan dan Menentukan Lokasi TPA di Dusun Deles Desa Jagonayan Kecamatan Ngablak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(1), 21–27.
Majid, R., Zainuddin, A., Yasnani, Y., Nirmala, F., & Tina, L. (2020). Peningkatan Kesadaran Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Pesisir di Kelurahan Lapulu Kota Kendari Tahun 2019. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 2(1), 55–64. https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i1.12149
Nusyirwan, D. (2020). Tong Sampah Pintar Dengan Perintah Suara Guna Menghilangkan Perilaku Siswa Membuang Sampah Sembarangan Di Sekolah. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 48. https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.336
Sejahtera, D., Kroco, D., Progo, K., Sekolah, P. L., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Community Empowerment Through Waste Management In Dhuawar Sejahtera Waste Bank , Kroco Village , Sendangsari , Pengasih , Kulon Progo. 11(3), 33–43.
Diterbitkan
2023-09-25
Bentuk Sitasi
Gurning, Fitriani, Cindy Annisa, Derani Derani, Chintya Andini, and Betty Maretta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 25, 2023): 1-11. Accessed April 24, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1389.
Section
Articles