Studi Literatur: Kontribusi Kompetensi Andragogi Pamong Belajar terhadap Pendidikan Kesetaraan Paket C

  • Suzila Ayuni Universitas Negeri Padang
  • Wilda Febriyanti Universitas Negeri Padang
  • Septia Dwi Ermaini Universitas Negeri Padang
  • Elsa Maharani Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Andragogi, Pamong, Kesetaraan Paket C

Abstrak

Paket C merupakan salah satu jenis Pendidikan Luar Sekolah yang diselenggarakan oleh PKBM dan sederajat dengan SMA. Paket pembelajaran C membutuhkan pendekatan yang sesuai. Pendekatan andragogi  yang tepat dalam program paket pendekatan Andragogi sangat dibutuhkan. Prinsip-prinsip ini digunakan karena mayoritas siswa melakukannya. Orang dewasa memiliki cara belajar yang berbeda, sehingga pendekatan andragok harus digunakan untuk memungkinkan siswa melakukan ini Kesediaan untuk belajar. Dalam hal ini, dapat dirumuskan sebagai Bagaimana menerapkan pendekatan andragogi, Bagaimana motivasi siswa di Paket C serta Pembelajaran dengan pendekatan Andragogi.

                Penerapan konsep andragogi oleh tutor setara paket C berfokus pada motivasi warga belajar, sehingga memotivasi warga belajar untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mendorong keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tutor sebaya pack C menggunakan konsep andragogi dalam memotivasi pembelajaran pack C. Ada hubungan antara pendekatan andragogi agar menjadi tutor yang sukses. Tutor perlu mengembangkan kreativitasnya untuk menggunakan referensi. Dari sudut pandang teknis, pengorganisasian ide sangat konsisten, lengkap, dan mudah dibaca dan dipahami. Menerapkan Rujukan manajemen pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Direktorat Pendidikan Masyarakat.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: B3PTKSM
Hamalik, Oemar. 2003. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Kamil Mustafa. (2014). Andragogi. Bandung: Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kamil, M. (2013). Andragogi. Journal Adult Learning, 53, 1689–1699.
Megawati Apriliyana. (2013). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi) Pada Program Life Skill Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati. Semarang: Jurnal. PLS UNNES.
Rahardjo, Trijoko. (2005). Model Pengembangan Tenaga Kependidikan Tutor Kesetaraan Kejar Paket A, B, C. Semarang: Unnes Press.
Retno Widawati, 1201412073. (2016). Pembelajaran Kejar Paket C (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang).
Sihombing, Umberto. (2000). Pendidikan Luar Sekolah, Masalah, Tantangan dan Peluang. Jakarta: Wirakara.
Soetarlinah. Sukadji. 2000. Pendidikan Orang Dewasa (dalam buku Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah). LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok
Undiyono, M. Bustomi. 2016. Peran Pamong Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kejar Paket B di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Yulaelawati, E., dkk. (2004). Acuan kurikulum pendidikan kesetaraan program paket ABC. Jakarta: (2005). Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.
Yulaelawati, Ella. 2006. Pendidikan Kesetaraan Mencerahkan Anak Bangsa. Direktorat Pendidikan Kesetaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas. Jakarta.
Diterbitkan
2023-09-27
Bentuk Sitasi
Ayuni, Suzila, Wilda Febriyanti, Septia Ermaini, and Elsa Maharani. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 27, 2023): 318-324. Accessed April 24, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1468.
Section
Articles