Membentuk Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0 dengan Peran Pendidikan Agama Islam

  • Ulifah Himiyati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Bahar Ali Subhan Mas’at Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • M. Zuhrin Nada Mahendra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Ilham Ali Yafie Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
Kata kunci: Akhlak, Revolusi Industri 4.0, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Umat manusia dapat memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengantarkan Revolusi Industri Keempat. Di sisi lain, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berdampak negatif bagi banyak orang karena moralitas sangat erat kaitannya dengan generasi milenial modern. Banyak fenomena sosial yang sebagian besar dipengaruhi oleh moral. Melakukan hal ini tidak hanya tidak pantas tetapi juga tidak pantas, seperti kasus siswa yang menantang gurunya berkelahi, siswa yang menghina gurunya secara fisik atau verbal, dan siswa yang melaporkan guru karena suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana perkembangan moral pada generasi Milenial Revolusi Industri 4.0 dipengaruhi oleh pendidikan agama IslamDengan menggunakan teknik deskriptif-analitik untuk mengumpulkan data dari dokumentasi, pendekatan penelitian menggunakan studi literatur. Pendidikan agama Islam memiliki peran krusial dalam menyelesaikan persoalan-persoalan kekinian. Di tengah arus globalisasi era milenial, pendidikan Indonesia harus membantu peserta didik memahami bagaimana negaranya sendiri ada dalam kaitannya dengan keberadaan bangsa lain dan segala persoalan global.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Djaelani, S. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Ilmiah Widya, 1.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multi Disiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018.
Handayani, M. (2016). Pembentukkan Akhlak Melalui Pembinaan Kecerdasan Spiritual Masrifa Hidayani. 15(2), 478–493.
Kemeristekdikti. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Ristekdikti.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan.
https://Doi.Org/10.36588/Sunderman n.V1i1.18
Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Budiman. (2017). Pendidikan Agama Islam. Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan.
Norliza Hussin, & Khadijah Abd Razak. (2013). Pembentukan Akhlak Muslim Menurut Perspektif Islam. 3rd International Conference On Islamic Education.
Putra, P. A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Al- Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural : Penguatan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Unwaha Jombang.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Himiyati, Ulifah, Bahar Mas’at, M. Mahendra, and Ilham Yafie. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 197-204. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1567.
Section
Articles