Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar

  • Nofia Henita Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Yulia Universitas Negeri Padang
  • Deni Okta Nadia Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Pembelajaran Terpadu, Model Nested, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu model nested terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas sasaran 1 dan sasaran 2. Subjek penelitian ini yaitu sasaran 1 sejumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan sasaran 2 sejumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan posttest only control design. Teknik non probability sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay berjumlah 5 butir soal. hipotesis di uji dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil uji hipotesis uji-t pada dua kelas menunjukkan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ yaitu 2,115 > 1,681 yang menerangkan adanya pengaruh pembelajaran terpadu model nested pada keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian yaitu adanya pengaruh model nested terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Agili, M. Z. G., Mamat, M. Bin, Abdullah, L., & Maad, H. A. (2012). The factors influence students’ achievement in mathematics: A case for Libyan’s students. World Applied Sciences Journal, 17(9), 1224–1230.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.
Asmar, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Ket- erampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual Pendahuluan. Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 565–578. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994
Bahri, M.S., Florentinus, T.S., & Haryono. (2020). Development of nested-integrated learning model in indonesian subjects based on 21st century learning. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1):10–16
Driana, E., & Ernawati. (2019). Teachers’ Understanding And Practices In Assessing Higher Order Thinking Skills At Primary Schools. 1(2), 204–213.
Faridah, E., & Artono. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (higher order thinking skills) mata pelajaran sejarah kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. Avatara: E-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3), 1–5.
Fogarty, R. (1991). The Mindful School: How To Integrate The Curricula. IRI/Skylight Publishing.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.
Keleman, M. (2021). Assessment of Higher Order Thinking Skills Through Stem Integration Project-Based Learning for Elementary Level. International Journal of Social Science and Human Research, 04(04), 835–846. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-40
Lazarides, R., & Ittel, A. (2012). Mathematics Interest and Achievement : What Role Do Perceived Parent and Teacher Support Play ? A Longitudinal Analysis Mathematics Interest and Achievement : What Role Do Perceived Parent and Teacher Support Play ? A Longitudinal Analysis. International Journal of Gender, Science and Technology, 5(3), 5–6.
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500
Maspiroh, I., & Sartono, E. K. E. (2022). Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) Untuk Meningkat Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skill) Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 82–92. https://doi.org/10.57121/meta.v4i2.43
Nuraida, A. M., Widiantie, R., & Setiawati, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Terpadu Nested Dengan Mengintegrasikan Topik Sistem Eksresi Dan Keterampilan Proses Sains. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1537
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853
Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan …, 61–66.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934
Tambunan, H. (2016). Mathematical Model for Mapping Students’ Cognitive Capability. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(3), 221. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4543
Thomas, A., & Thorne, G. (2009). How to increase higher order thinking. In Center for Development and Learning (p. 264).
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213
Diterbitkan
2023-09-27
Bentuk Sitasi
Henita, Nofia, Yeni Erita, Yanti Fitria, Rahmi Yulia, and Deni Nadia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 27, 2023): 334-342. Accessed February 10, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1633.
Section
Articles